Totalitas Akting, Prilly Latuconsina dan 7 Artis Ini Rela Naik Atau Turunkan Berat Badan Demi Peran
Pexels
Selebriti

Mengubah penampilan demi sebuah peran bukanlah hal yang mudah. Namun, perjuangan mereka pun terbayar ketika berhasil membawakan peran sesuai yang diminta oleh sutradara.

WowKeren - Berbagai cara dilakukan oleh setiap bintang layar kaca untuk menunjukkan totalitas mereka dalam membawakan sebuah peran. Bahkan tak jarang, untuk mendalami karakter yang diperankannya, para artis Tanah Air sampai rela mengubah penampilan fisik mereka. Pasalnya, ada kalanya kondisi seorang artis di dunia nyata kurang sesuai dengan karakter yang dimainkan dalam layar kaca.

Alhasil, mereka pun harus melakukan usaha lebih untuk mengubah penampilan bahkan secara drastis. Tak jarang pula, perubahan yang signifikan tersebut turut membuat para penonton tercengang. Salah satu yang kerap dilakukan artis demi sebuah peran adalah mengubah berat badan. Tak hanya terbatas pada menurunkan berat badan agar terlihat lebih ramping, namun juga menaikkannya.


Hal itu dilakukan agar kondisi fisik sang artis sesuai dengan karakter yang diperankannya. Misalnya ketika seorang artis yang memiliki tubuh ramping layaknya body goals di kehidupan sehari-hari harus memerankan karakter dengan berat badan berlebih. Tentu saja, cara yang harus dilakukan adalah dengan menaikkan berat badan.

Sebaliknya, ketika seorang artis memiliki berat badan lebih dari sebagaimana dituntut oleh sebuah peran, maka pada umumnya mereka akan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Tentu saja, hal ini juga tidaklah mudah. Namun, perjuangan mereka pun terbayar ketika berhasil membawakan peran sesuai yang diminta oleh sutradara.

Untuk itu melalui artikel ini, WowKeren ingin mengajak pembaca untuk mengetahui siapa saja artis Tanah Air yang rela menurunkan atau menaikkan berat badan demi sebuah peran hingga penampilan mereka menjadi sangat berbeda. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Prilly Latuconsina


 Prilly Latuconsina
Instagram/prillylatuconsina96

Tak hanya melulu soal menurunkan berat badan, ada kalanya seorang pemeran dituntut untuk menaikkan berat badan guna mendapatkan fisik yang sesuai dengan jalan cerita. Prilly Latuconsina misalnya. Bintang film "Danur" ini pernah harus menaikkan berat badan sekitar 5 hingga 7 kg untuk memerankan sosok Lily di web series berjudul "I Love You Silly".

Tak berhenti sampai di situ, setelah perannya sebagai Lily berakhir, dia harus kembali menjalani program diet untuk proyek selanjutnya. Meski mungkin bagi orang lain upaya tersebut terlihat merepotkan namun Prilly justru menyukai profesinya yang mengharuskan dirinya untuk melakukan tantangan semacam itu.

2. Reza Rahadian


Reza Rahadian
Instagram/officialpilarez

Sejumlah orang percaya bahwa fisik yang lebih ramping bisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Saat membintangi "Twivortiare", Reza Rahadian mengaku bahwa memerankan karakter Beno Wicaksono bukan hal yang mudah. Pasalnya, dia harus menurunkan berat badannya sebagai bentuk totalitas peran.

Meski tidak menimbang berapa banyak penurunan berat badannya, namun Reza yakin bahwa lemak-lemak di tubuhnya telah terbuang dan hal itu turut memberikan kesan berbeda dari dirinya. "Saya enggak nimbang, tapi saya rasa berat badan saya turun. Dan saya terlihat muda," kata Reza.

3. Ajil Ditto


Ajil Ditto
Instagram/ajil_ditto08

Berperan dalam series "Dikta & Hukum" membuat Ajil Ditto harus mengubah penampilan fisiknya. Untuk memerankan Dikta di series itu, Ajil harus menurunkan berat badannya sampai 7 kilogram. Dia pun harus melakukan diet super ketat dengan tidak mengonsumsi nasi.

Meski rencana awalnya dia harus menurunkan berat badan sebesar 7 kilogram namun karena diet ekstrem yang dilakukannya, Ajil justru kebablasan hingga berat badannya turun sampai 12 kg. Karena cara yang dilakukan cukup ekstrem, Ajil pun tidak menyarankan metode itu untuk dilakukan orang lain.

4. Jessica Mila


Jessica Mila
Instagram/jscmila

Tak hanya Prilly, aktris lain yang juga harus menaikkan berat badan demi tuntutan sebuah peran adalah Jessica Mila. Penampilan Jessica di film "Imperfect" sukses membuat pangling para penggemarnya, yang sebelumnya telah mengenal bagaimana fisik Jessica. Bintang "Ganteng-Ganteng Serigala" ini sukses bertransformasi menjadi sosok yang berbeda dari penampilannya.

Di film bergenre komedi romantis itu, Jessica memerankan sosok Rara yang sering diejek karena penampilan fisiknya di lingkungan perusahaan. Alhasil, Jessica pun harus menaikkan berat badannya sampai 10 kg dalam waktu lima minggu. Penampilan Jessica sangat berbeda di film itu. Tak hanya karena berat badan, namun juga wig dan warna kulit yang dibuat lebih gelap.

5. Vino G Bastian


Vino G Bastian
Instagram/vinogbastian__

Nama yang satu ini tentu sudah tak asing lagi di dunia perfilman Tanah Air. Apalagi sekarang, ketika film "Miracle in Cell No. 7" tengah ramai menjadi perbincangan, nama Vino Bastian pun ikut dibicarakan. Komitmen Vino untuk memberikan totalitas peran memang tak main-main. Tak hanya di film itu, namun juga di judul lain yang pernah dibintanginya, "Chrisye".

Untuk mendalami perannya sebagai legenda musik tersebut, Vino rela menurunkan berat badannya agar terlihat mirip. Meski begitu, Vino tetap memperhatikan sampai tahap mana ia harus menurunkan berat badan sebab jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik. "Jangan ngurusin terlalu banyak karena kalau terlalu banyak malah makin beda," ujar Vino.

6. Jefri Nichol


Jefri Nichol
Instagram/jefrinichol

Aktor Jefri Nichol juga sempat menjadi perbincangan para penggemarnya di media sosial lantaran fisiknya yang berubah. Dalam sebuah foto yang diungganya di media sosial beberapa waktu lalu, dia memperlihatkan tubuhnya yang berubah drastis, dari kekar berisi menjadi lebih kurus. Setelah itu, dia pun mengaku bahwa dirinya memang melakukan diet demi sebuah peran.

Dalam pengakuannya, ia mengatakan bahwa dia akan memerankan karakter bernama Satriya dalam film "Aum". Bintang film "Dear Nathan" ini pun rela tidak makan selama lima hari untuk menjaga berat badannya. Dalam unggahan itu, dia mengunggah dua foto, yang menampilkan dirinya setelah menurunkan berat badan dan sebelum diet keras.

7. Morgan Oey


Morgan Oey
Instagram/morganoey

Menurut Morgan Oey, memerankan tokoh Alan dalam film "Sweet 20" adalah tantangan yang cukup barat. Pasalnya untuk totalitas peran, dia harus menurunkan berat badannya sampai 8 kilogram. Untuk itu, dia harus menjaga pola makan. Bahkan dia mengaku tidak mengonsumsi nasi putih.

Sebagai gantinya, dia harus mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur serta hanya lauk-pauk. Usahanya pun membuahkan hasil. Setelah lebih dari dua minggu menjaga pola makan seperti itu, berat badannya bisa berkurang 7 sampai 8 kg. Namun, ia tidak memungkiri bahwa usahanya itu cukup berat. "Tersiksa, karena saya suka makan," katanya sambil tertawa.

8. Iqbaal Ramadhan


Iqbaal Ramadhan
Instagram/iqbaal.e

Iqbaal Ramadhan sangat dikenal sebagai Dilan di film "Dilan 1990". Film tersebut mendapat sambutan yang antusias hingga dilanjutkan ke sekuelnya, "Dilan 1991". Saat mengerjakan sekuel ini, Iqbaal rupanya harus mengubah penampilan fisiknya. Sebab menurut sutradara Fajar Bustomi, Iqbaal terlalu gemuk untuk memerankan Dilan.

Meski saat syuting "Dilan 1990" Iqbaal tampak kurus, namun setelah itu berat badannya naik sampai 12 kg. Oleh sebab itu menjelang syuting untuk sekuel film tersebut, Iqbaal harus kembali menurunkan berat badannya sebesar 12 kg. "Itu tantangan terbesar selain menjaga kualitas akting," katanya beberapa waktu lalu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait