Raja Charles III Tiba Bersama Pangeran William, Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Dimulai
YouTube/BBC News
Dunia

Para pemimpin dunia duduk di Westminster Abbey. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya, Brigitte, telah tiba di lokasi. Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan istrinya, Jill Biden, juga telah tiba.

WowKeren - Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II digelar pada Senin (19/9) hari ini. Agenda ini akan menjadi salah satu pertemuan terbesar kepala negara dan keluarga kerajaan yang digelar di Inggris dalam beberapa dekade.

Lonceng pertama sudah mulai berbunyi untuk mendiang Ratu di luar Westminster Abbey sejak sekitar pukul 09.30 waktu setempat atau pukul 15.30 WIB. Lonceng akan berdentang sekali setiap menit menjelang pemakaman untuk menandai setiap tahun kehidupan Ratu Elizabeth yang meninggal di usia 96 tahun itu.

Acara akan dimulai pukul 11 pagi waktu setempat atau pukul 17.00 WIB. Para tamu pun mulai berdatangan di Westminster Abbey yang dipenuhi suasana duka.

Para pemimpin dunia duduk di Westminster Abbey. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya, Brigitte, telah tiba di lokasi. Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan istrinya, Jill Biden, juga telah tiba di Westminster Abbey. Begitu pula dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau


Selain itu, sejumlah mantan Perdana Menteri Inggris juga telah tiba untuk mengikuti pemakaman kenegaraan tersebut. Di antaranya Boris Johnson, Theresa May, Gordon Brown, Tony Blair, hingga John Major.

Beberapa cucu Ratu Elizabeth pun telah memasuki Westminster Abbey. Termasuk Putri Beatrice.

Sementara itu, Raja Charles III juga telah tiba di Palace of Westminster bersama kedua putranya, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry. Raja Charles yang semobil dengan Pangeran William sempat melambaikan tangannya kepada publik yang berdiri di sepanjang jalan. Adapun Putra Putri Anne, Peter Phillips, juga tiba bersama Raja Charles III.

Raja Charles dan sejumlah anggota keluarga kerajaan akan berjalan mengikuti peti mati Ratu Elizabeth yang dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey. Peti mati Ratu Elizabeth akan dibawa dengan kereta pemakaman negara, ditarik oleh 142 pelaut dari Royal Navy. Tradisi ini berawal dari pemakaman Ratu Victoria pada tahun 1901.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait