Seruan Menggema agar Berlian Mahkota Ratu Elizabeth II Dikembalikan ke Negara Asalnya
Dunia

Kohinoor merupakan salah satu berlian potong terbesar dan termahal di dunia. Meski asal-usul pastinya tidak jelas, Inggris dikatakan telah memperoleh batu itu pada 1840-an.

WowKeren - Seruan telah menggema untuk mengembalikan batu permata besar yang ada pada mahkota Kerajaan Inggris ke negara asalnya. Berlian itu terpasang pada mahkota Ratu Elizabeth II yang diletakkan di atas peti matinya selama prosesi pemakamannya.

Melansir news.com.au, batu permata itu ditaksir memiliki harga sekitar 591 juta dolar Australia atau sekitar Rp5,9 triliun. Kematian Ratu menghidupkan kembali kampanye berabad-abad untuk memperbaiki jalannya kolonialisme Inggris dengan mengembalikan Kohinoor kepada pemiliknya yang sah.

Kohinoor merupakan salah satu berlian potong terbesar dan termahal di dunia. Meski asal-usul pastinya tidak jelas, Inggris dikatakan telah memperoleh batu itu pada akhir tahun 1840-an setelah meyakinkan Raja Maharajah Duleep Singh yang berusia 10 tahun untuk menyerahkan Punjab kepada Perusahaan India Timur Inggris, dengan berlian jatuh ke tangan Ratu Victoria sekitar tahun 1850.

Photo-INFO

Twitter/soulsamosa


Masalah ini pada dasarnya telah menjadi perdebatan antara Inggris dan India sepanjang sejarah. Kematian Elizabeth II semakin meningkatkan urgensi untuk mengembalikan permata itu. Ribuan orang di Twitter memohon agar berlian itu dikembalikan.

"Saatnya mengembalikan berlian Kohinoor," tulis salah satu netizen. "Atas nama orang India, kami ingin Kohinoor kami kembali," kata yang lain.

Sebelum ditampilkan saat prosesi pemakaman Elizabeth II, permata itu terakhir ditampilkan pada tahun 2002 yang diletakkan di peti mati Ibu Suri di pemakamannya. Namun berlian telah berpindah tangan lebih dari sekali selama sejarahnya yang panjang, sehingga hal itu pun menimbulkan perdebatan apakah benar India sebagai pemilik yang sah.

Menurut majalah Smithsonian, permata itu ditemukan ribuan tahun yang lalu dan telah berpindah dari kepemilikan Mughal, Afghanistan, dan Persia sebelum dipegang oleh Punjab Maharajah muda, dan kemudian Inggris. Tak ayal jika netizen pun ada yang bersikeras agar berlian itu dikembalikan ke Pakistan. Yang lain mengklaim itu milik Bangladesh.

Sebelumnya pada tahun 2000 lalu, politisi India menulis surat ke Inggris meminta agar Kohinoor dikembalikan. "Inggris berutang kepada kita," tulis anggota parlemen India Shashi Tharoor.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait