Diiringi Lagu Kebangsaan, Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Berakhir
YouTube/TheRoyalFamily
Dunia

Usai menggelar prosesi di Westminster Abbey, jenazah mendiang Ratu Elizabeth II pun dibawa menuju ke Wellington Arch dan diberangkatkan menuju Kastel Windsor.

WowKeren - Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya di usia ke-96 pada 8 September lalu. Prosesi pemakaman ibunda Raja Charles III ini telah digelar pada Senin (19/9) waktu setempat.

Sebelumnya, jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan di Istana Westminster, London sejak 14 September lalu. Selama prosesi pemakaman berlangsung, Raja Charles III sempat terpergok beberapa kali menghapus air mata di depan kamera.

Usai menggelar prosesi di Westminster Abbey, jenazah mendiang Ratu Elizabeth II pun dibawa menuju ke Wellington Arch dan diberangkatkan menuju Kastel Windsor. Mobil jenazah pun melambat untuk prosesi lanjutan di Albert Road menuju ke Kapel St.George.

Prosesi pemakaman di Kapel St George pun berlangsung cukup khidmat. Setelah peti jenazah tiba, lagu "Russian Contakion of the Departed" dinyanyikan secara koor.

Beberapa saat kemudian, puncak prosesi pemakaman dimulai. Peti jenazah telah dibawa ke Royal Vault, sebuah ruang pemakaman di bawah Kapel St George. Satu per satu benda yang ada di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II turut dipindahkan. Mulai dari tongkat kerajaan hingga mahkota ratu.


Benda-benda peninggalan Ratu Elizabeth II selanjutnya diletakkan di altar kapel. Nantinya, benda-benda ini akan digunakan dalam penobatan Raja Charles III kelak.

Sebelum dikebumikan, Raja Charles III sempat memasukkan sebuah bendera kecil di dalam peti. Lord Chamberlain, pelayan senior kerajaan, juga mematahkan tongkat miliknya dan meletakkannya di samping bendera. Prosesi ini melambangkan berakhirnya pemerintahan Ratu Elizabeth II.

Secara perlahan, peti jenazah Ratu Elizabeth II diturunkan menuju kubah pemakaman. Satu per satu gelar yang pernah diterima Ratu Elizabeth II pun turut dibacakan.

Sebelum pengiring pemakaman memainkan "A Salute to the Royal Fendersmith", Garter King of Arms atau pejabat kerajaan sempat membacakan proklamasi penganugerahan tahta kepada raja baru.

Acara pemakaman pun ditutup dengan kalimat pemberkatan dari uskup agung disertai lagu kebangsaan nasional "God Save the King". Jenazah Ratu Elizabeth II kini telah dimakamkan bersama jasad suaminya, Edinburgh Philip Mountbatten.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait