IDAI Beber Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Meningkat, Wanti-wanti Orangtua
Rawpixel
Nasional

Sebelumnya, sempat muncul penyakit yang disebut dengan hepatitis akut misterius. Kini muncul kembali penyakit dengan nama serupa yakni gagal ginjal akut misterius yang menyerang pada anak.

WowKeren - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini diketahui melaporkan terkait adanya lonjakan kasus gangguan ginjal akut pada anak dalam dua bulan belakangan. Hal ini terhitung sekitar seratus anak yang mengidap gagal ginjal akut misterius yang dalam kondisi belum diketahui penyebabnya.

"Di dua bulan terakhir, ada lonjakan kasus gagal ginjal akut daripada yang biasa kita temukan," ujar dr Henny Andriani, SpA(K) selaku spesialis anak dalam sesi bincang di kanal YouTube IDAI TV, dilihat Senin (10/10).

Henny kemudian membeberkan perbedaan penyakit tersebut dibanding dengan kasus sebelumnya yang menunjukkan perburukan kondisi secara lebih cepat dan terjadi secara mendadak. Ia mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien yang terkena penyakit tersebut adalah anak berusia di bawah 6 tahun.

Lebih lanjut, Henny menerangkan bahwa anak di usia di bawah 6 tahun itu belum memiliki imun terhadap COVID-19 lantaran belum divaksinasi. "Kita menggunakan istilah gangguan ginjal akut progresif untuk kasus ini karena kasusnya cepat dan tidak seperti biasanya," terang Henny.


"Penyebabnya sampai saat ini belum kita ketahui, kami masih mempelajari, apa yang hanya tidak biasa yang kita temui di anak-anak ini (dibandingkan) kasus sebelumnya sambil kami terapi anak-anak ini terkait kondisi tersebut," jelas Henny.

Maka dari itu, Henny pun mengingatkan kepada para orangtua untuk mulai melihat intensitas kencing pada anak. Bila dirasa tidak normal, maka disarankan untuk segera membawa sang anak ke fasilitas kesehatan terdekat, sambil memastikan anak mendapatkan hidrasi yang cukup.

"Kalau ada anak yang enggak pipis enam jam misalnya, sudah langsung saja dibawa pergi ke RS, memang belum tentu gagal ginjal akut misterius, tetapi ini menjadi warning (peringatan) yang harus diwaspadai," ungkap Henny.

Henny menambahkan hingga saat ini pihaknya juga masih mempelajari penyebab dari penyakit gagal ginjal akut misterius itu. "Maka aksi utama kita itu kita ingin para nakes (tenaga kesehatan) dan orangtua mengetahui gejala-gejala apa yang harus diwaspadai," pungkas Henny.

Sebagai informasi, gejala gagal ginjal akut misterius pada anak yang selama ini dilaporkan adalah demam, diare, intensitas buang air kecil menurun, gangguan saluran napas, batuk pilek, kejang, dan badan membengkak.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru