7 Manfaat Frugal Living, Gaya Hidup Hemat yang Bisa Bikin Kaya
Pexels/cottonbro
SerbaSerbi

Frugal living menjadi salah satu gaya hidup yang banyak diikuti oleh generasi muda karena dianggap mampu memenuhi tujuan keuangan di masa depan. Lantas, apa sajakah manfaatnya?

WowKeren - Konsep frugal living semakin dilirik sejak pandemi COVID-19 mencuat. Gaya hidup ini dinilai tepat untuk menghemat keuangan di tengah kesulitan finansial yang banyak terjadi selama pandemi.

Frugal living adalah gaya hidup hemat yang dilakukan dengan meminimalisir pengeluaran tidak penting dan memperbanyak tabungan pribadi. Karena konsep tersebut, gaya hidup frugal living dapat membantu seseorang mencapai kesejahteraan finansial.


Konsep ini dinilai cocok untuk orang-orang kelas menengah yang hidup di perkotaan. Pasalnya, mereka terbiasa dengan gaya hidup konsumtif dan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Jika perilaku ini tak segera dihentikan, mereka bisa mengalami krisis keuangan yang cukup parah.

Memilih gaya hidup frugal living adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal itu. Dengan menerapkan konsep ini, seseorang bisa belajar hidup hemat dan mengumpulkan banyak uang untuk tabungan masa depan. Bila dilakukan secara konstan, konsep ini juga bisa membuat mereka cepat kaya.

Selain dari segi finansial, frugal living juga memiliki sejumlah manfaat penting. Untuk lebih jelasnya, langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini:

(wk/eval)

1. Punya Banyak Tabungan


Punya Banyak Tabungan
Pexels/Karolina Grabowska

Salah satu manfaat terbaik dari gaya hidup frugal living adalah memiliki banyak tabungan. Semakin sering kita berhemat, maka semakin banyak uang yang bisa kita sisihkan untuk tabungan masa depan.

Jika ingin mengumpulkan lebih banyak uang, sebaiknya imbangi dengan investasi. Dengan begitu, Anda bisa memiliki banyak tabungan yang bisa digunakan di situasi darurat atau ketika pensiun.

2. Mengurangi Stres


Mengurangi Stres
Pexels/Andrea Piacquadio

Gaya hidup frugal living juga dapat mendatangkan ketenangan batin. Saat menerapkan prinsip less is more, kita akan jauh dari perasaan tertekan dan merasa lebih bahagia setiap harinya.

Selain itu, Anda akan terlepas dari tekanan ingin membeli barang-barang tidak penting yang menghabiskan banyak uang. Anda akan hidup dengan perasaan lebih tenang dan selalu merasa cukup dengan apa yang Anda miliki.

3. Jadi Lebih Mandiri


Jadi Lebih Mandiri
Pexels/Roberto Hund

Konsep frugal living juga bisa membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dari sebelumnya. Anda tidak harus bergantung pada orang lain jika memiliki banyak tabungan usai menghemat pengeluaran.

Mengurangi pengeluaran untuk hal-hal di luar prioritas juga menandakan bahwa Anda sedang bergerak menuju kemandirian finansial. Yang tak kalah penting, sebaiknya hindari berutang untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

4. Tekanan Finansial Berkurang


Tekanan Finansial Berkurang
Pexels/Karolina Grabowska

Seseorang bisa terpuruk jika mengalami kesulitan finansial yang cukup parah. Situasi ini bisa menjadi lebih buruk jika mereka suka menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Jika Anda sedang terjebak atau ingin menghindari kesulitan finansial, sebaiknya mulai terapkan gaya hidup frugal living.

Bersabar karena hidup hemat akan jauh lebih baik daripada merasa stres karena dilanda masalah ekonomi. Ketika tekanan finansial berkurang, Anda bisa hidup dengan lebih tenang dari sebelumnya.

5. Bantu Tetapkan Prioritas


Bantu Tetapkan Prioritas
Pexels/Brett Jordan

Gaya hidup frugal living juga dapat membantu Anda menentukan prioritas. Jika Anda terbiasa memprioritaskan pengeluaran, Anda bisa menghindari gaya hidup boros dan kesulitan finansial.

Pada awalnya Anda mungkin kesulitan menentukan apa yang penting, terlebih jika Anda memiliki perilaku konsumtif. Untuk itu, Anda harus tahu apa yang perlu didahulukan dan buat keputusan bijak setiap kali mengeluarkan uang.

6. Bisa Belajar Keterampilan Baru


Bisa Belajar Keterampilan Baru
Pexels/Antoni Shkraba

Manfaat berikutnya dari frugal living adalah dapat mempelajari berbagai keterampilan baru. Demi menghemat pengeluaran, kita cenderung melakukan banyak hal sendiri atau membuat sesuatu secara pribadi. Seperti memasak atau memperbaiki sesuatu sendiri.

Hal ini akhirnya menjadi kesempatan bagi kita untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan baru. Setelah merasa mumpuni, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan keterampilan tersebut untuk berbisnis.

7. Bantu Kurangi Limbah


Bantu Kurangi Limbah
Pexels/Karolina Grabowska

Anda mungkin sedikit berpikir keras saat melihat manfaat terakhir. Meski seolah tidak berkaitan, frugal living juga dapat membantu mengurangi limbah dan melestarikan lingkungan. Mengapa demikian?

Perlu diingat bahwa kita hidup di zaman yang sangat boros. Sebagai contoh, kita terbiasa membeli kopi untuk diminum di tempat kerja lalu membuang gelasnya ke tempat sampah.

Alih-alih melakukan itu, kita bisa meminimalisir sampah dan menghemat pengeluaran dengan membuat kopi sendiri di rumah. Tentu saja, contoh ini juga bisa berlaku untuk banyak hal lainnya.

Nah itu dia tujuh manfaat frugal living yang penting untuk diketahui. Jika tertarik menerapkan gaya hidup satu ini, nantikan tipsnya dalam artikel WowKeren selanjutnya ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait