Hadirkan 2 Vibes Berbeda, 10 Rekomendasi Lagu Indo yang Dinyanyikan Versi Korea
YouTube
Musik

Ada sejumlah lagu Indonesia yang telah dinyanyikan atau dirilis ulang oleh sang penyanyi aslinya ke dalam bahasa Korea yang tak kalah menarik untuk didengarkan. Apa saja?

WowKeren - Demam KPop yang mewabah di Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Berbagai budaya Korea Selatan telah sukses mencuri tempat di hati banyak orang Indonesia. Mulai dari drama, film, musik, hingga idol dari Korea Selatan sangat digandrungi di sini. Tak hanya orang biasa, rupanya para artis Indonesia pun juga tak sedikit yang menggemari budaya asal Negeri Ginseng ini.

Banyak selebriti yang juga menyukai drama hingga musik Korea. Bagi para penggemarnya, lagu-lagu Korea memang menarik untuk didengarkan. Terlebih biasanya juga didukung oleh penyanyi yang memiliki paras rupawan yang banyak dipuja-puji. Tak sedikit artis Indonesia yang juga menyukai lagu-lagu Korea. Sehingga tak ayal, hal ini ada kalanya menjadi latar belakang atau alasan mereka untuk merilis lagu dalam bahasa Korea.


Meski lagunya sudah populer dan banyak dinyanyikan di Tanah Air, namun para penyanyi ini tetap melanjutkan karyanya dengan mencoba merilis ulang lagu populer mereka atau menyanyikannya ke dalam bahasa Korea. Dan seperti yang diperkirakan, hal tersebut juga tak kalah mendapat sambutan yang antusias dari lagu versi aslinya. Terlebih cara mereka melafalkan bahasa Korea yang tampak fasih, juga patut diacungi jempol.

Sebetulnya, ada beberapa lagu Indonesia yang telah dinyanyikan atau dirilis ulang oleh sang penyanyi aslinya. Melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk melihat lagu mana saja yang telah dinyanyikan ulang ke dalam bahasa Korea. Yuk, simak selengkapnya.

(wk/zodi)

1. Deritaku - Betrand Peto


Deritaku - Betrand Peto
YouTube/MOP Music Channel

Saat dirilis pada tahun 2019 lalu, "Deritaku" yang dinyanyikan oleh Betrand Peto sempat menjadi trending YouTube. Lagu itu sendiri menceritakan bagaimana kehidupan Betrand sebelum dia tiba di Jakarta. Hingga kemudian MOP Music selaku label yang menaungi Betrand merilis ulang lagu tersebut dalam versi bahasa Korea.

Dalam video klip versi Korea-nya, terlihat penampilan Betrand yang sangat berbeda dengan Korean looks-nya. Tak hanya penampilan, Betrand juga tampak begitu fasih saat melafalkan liriknya. Lagu versi ini pun mendapat support dari banyak pihak salah satunya dari Umar Hadi, selaku Duta Besar RI untuk Korea Selatan.

2. Indah Cintaku - Nicky Tirta


Indah Cintaku - Nicky Tirta
YouTube/AFE RECORDS

"Indah Cintaku" merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Nicky Tirta dan mendiang Vanessa Angel pada tahun 2012 silam. Lagu ini cukup populer di masanya dan banyak dijadikan sebagai soundtrack sinetron dan FTV. Hingga pada Mei 2022 lalu, Nicky merilis ulang lagu ini dalam bahasa Korea.

Ia membawakan lagu itu bersama dengan penyanyi pendatang baru, Maisha Kanna. Dalam video klip aslinya, Vanessa dan Nicky berperan sebagai sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta. Mengambil latar pantai, Vanessa dan Nicky tampak bernyanyi mesra. Sedangkan liriknya sendiri menceritakan tentang dua insan yang jatuh cinta.

3. Sudah - Afgan


Sudah - Afgan
YouTube/Trinity Optima Production

Suara khas Afgan membuatnya menjadi salah satu penyanyi yang sangat terkenal di Tanah Air. Ia memiliki banyak sekali penggemar yang terpesona oleh suaranya. Beberapa waktu lalu, solois papan atas ini merilis ulang lagunya yang berjudul "Sudah" dalam bahasa Korea. Lagu itu pernah dibawakan saat ia tampil di Seoul bersama VLIVE.

Adapun keputusan untuk membawakan lagu itu dalam bahasa Korea adalah keputusan mendadak. Itu terjadi ketika ia bertemu dengan Adam, salah satu tim MTV Asia. Ia pun kemudian meminta bantuan Adam untuk menerjemahkan lirik lagu tersebut ke dalam bahasa Korea dengan judul "Geuman".

4. Warnai Harimu - Teddy Lee


Warnai Harimu - Teddy Lee
YouTube/Musik Bagus Indonesia

Musisi sekaligus YouTuber Teddy Lee kerap mengcover lagu-lagu Korea yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hingga akhirnya dia merilis lagu yang diciptakannya sendiri bertajuk "Warnai Harimu" lagu itu ia dedikasikan untuk istri tercintanya. Lagu itu ia persembahkan untuk sang istri yang telah menemaninya selama perjalanan hidup.

Sang istri disebutnya selalu ada mendampinginya di kala senang maupun susah. Teddy pun membuat lagu ini dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Korea. Ia berharap lagunya bisa dinikmati oleh orang Indonesia maupun Korea. "Siapa tau lagu ini didengar sampai ke Korea, jadi orang-orang disana bisa menikmati lagu ini dengan lebih enak," katanya.

5. Aku di Matamu - Armada


Aku di Matamu - Armada
YouTube/Armada Band

Grup musik Armada rupanya memiliki cerita tak biasa di balik pembuatan lagu "Aku di Matamu" versi Korea. Betapa tidak, grup musik ini awalnya hanya iseng saja saat mencoba memakai bahasa asing untuk lagu tersebut. Hal itu bermula ketika Rizal, sang vokalis bermain-main untuk take demo.

Awalnya, "Aku di Matamu" dinyanyikan dalam tiga versi, yakni Indonesia, Korea, dan Mandarin. Namun, untuk versi Mandarin karena ada pelafalan yang tidak tepat maka dikhawatirkan bisa menimbulkan kesalahpahaman. Mereka pun meminta bantuan ahli bahasa. Meski sulit, namun mereka akhirnya berhasil membuat rekaman lagu itu untuk versi Korea.

6. Hati yang Kau Sakiti - Rossa


Hati yang Kau Sakiti - Rossa
YouTube/Rossa Official

Suara emas Rossa memang sudah tak perlu diragukan lagi. Tak ayal jika lagu yang dibawakannya mampu membuat pendengarnya terhanyut suasana. Sebut saja lagu "Hati yang Kau Sakiti". Lagu ini tak hanya sukses di Indonesia namun juga Singapura dan Malaysia. Tak ayal, Rossa pun menjadi tertarik untuk mengubahnya ke bahasa Korea.

Bukan tanpa alasan, Rossa rupanya gemar menonton drama Korea. Ia pun memutuskan untuk menghubungi sahabatnya yang tinggal di Korea, Vita. Dengan bantuan Vita dan temannya, lirik lagu itu akhirnya diubah ke bahasa Korea. Setelah liriknya jadi, Rossa menyanyikannya dan diunggah ke akun YouTube. Ia kemudian merilis ulang dalam versi lebih baik dengan judul "Sangcheo Badeun Maeum".

7. Bucketlist - Ghea Indrawari


Bucketlist - Ghea Indrawari
YouTube/Ghea Indrawari

Ghea Indrawari telah merilis lagu "Bucketlist" yang merupakan kolaborasinya bersama Boy William. Di lagu itu, Ghea mengajak Boy untuk mengisi bagian rapnya. Tak lama setelah itu, Ghea pun merilis lagu itu untuk versi bahasa Korea. Hal itu rupanya tak lepas dari fakta bahwa Ghea memang menyukai musik Korea.

Dalam video musik "Bucketlist" versi Korea, terlihat Ghea tampak anggun mengenakan pakaian tradisional Korea hanbok. Tak hanya penampilannya yang kece, Ghea juga membuktikan bahwa dirinya sudah fasih dalam melafalkan kata-kata bahasa Korea dalam membawakan lagu itu. Nuansa pink yang mendominasi video klipnya membuat Ghea terlihat makin imut.

8. Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth


Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth
YouTube/RANS MUSIC

Meski terbilang masih muda, namun bakat yang dimiliki Anneth di dunia musik memang luar biasa. Namanya melambung berkat lagu "Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti", yang dinyanyikan sekaligus diciptakan sendiri olehnya. Tak hanya itu, Rans Music sebagai pihak label rekaman yang menaunginya, meminta untuk membuat lirik bahasa Korea.

Hingga dirilislah "Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti" versi bahasa Korea. Prosesnya berjalan lancar lantaran Raffi Ahmad selaku pemilik label rekaman sangat mendukungnya. Tentu saja, Anneth sendiri sudah menggemari drama Korea yang memang sedang naik daun. Untuk membuat liriknya itu ia dibantu oleh seorang penerjemah.

9. Bahaya - Arsy Widianto, Tiara Andini


Bahaya - Arsy Widianto, Tiara Andini
YouTube/Arsy Widianto

Sebagai bagian dari proyek "ArTi untuk Cinta", Arsy Widianto dan Tiara Andini merilis video musik lagu "Bahaya" dalam bahasa Korea pada Maret 2021 lalu. Sebelumnya, lagu itu sudah diperkenalkan oleh keduanya dalam sebuah pertunjukan musik virtual pada 7 maret 2021. Dalam konser itu, "Bahaya" menjadi salah satu dari 10 lagu yang mereka bawakan.

Sementara itu, baik Arsy maupun Tiara sangat menggemari hal-hal yang berbau Korea. Tak hanya sebatas drama, namun mereka juga menyukai musiknya. Saat membawakan lagu itu, keduanya mengaku itu menjadi tantangan tersendiri terutama untuk pelafalan kata. Untuk itu, keduanya sempat menjalani pelatihan terlebih dahulu.

10. Sang Dewi - Lyodra


Sang Dewi - Lyodra
YouTube/Lyodra Official

Lyodra berkolaborasi dengan Andi Rianto untuk mendaur ulang lagu "Sang Dewi" yang sebelumnya pernah dipopulerkan oleh Diva Indonesia Titi DJ pada tahun 2011 silam. Saat menciptakan lagu itu, Titi DJ juga berkolaborasi dengan Andi. Bagi Lyodra, merupakan sebuah kehormatan untuk bisa membawakan lagu sang diva. Meski begitu, ia sempat merasa deg-degan.

Saat tampil di THE Indonesian Next Big Star yang tayang pada 11 November 2022, Lyodra membawakan lagu tersebut. Namun, karena ada dua orang juri malam itu yang berasal dari Korea Selatan maka Robby Purba pun memintanya untuk menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa Korea. Lyodra kemudian menyanyikan bagian reff-nya dalam bahasa Korea.

Nah, demikian tadi rekomendasi lagu Indonesia yang dinyanyikan ulang oleh penyanyi aslinya dalam bahasa Korea. Kalau kamu penggemar musik Korea, bagaimana menurutmu lagu-lagu di atas?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru