Oki Setiana Dewi Beber Kondisi Anak yang Alami Prader Willi Hingga Rela Jadi Objek Penelitian
Instagram/okisetianadewi
Selebriti

Menjadi orangtua yang mendapat karunia anak dengan penyakit langka seperti yang dialami Oki Setiana Dewi tentu saja bukan hal yang mudah. Sebagai orangtua, tentunya Oki akan melakukan yang terbaik demi kesembuhan anaknya.

WowKeren - Oki Setiana Dewi hingga kini masih harus terus berjuang demi kesehatan sang buah hati yang mengidap penyakit langka. Anak bungsu dari Oki yakni Sulaiman Ali Abdullah diketahui mengidap sindrom Prader Willi. Akibat sindrom ini, Sulaiman disebut tidak bisa mengontrol nafsu makannya.

Selain itu, daya tahan tubuh Sulaiman juga lebih rendah dibanding anak-anak lain. "Allah karuniakan sindrom Prader Willy, di mana secara garis besar, dia tidak tahu rasa kenyang seperti apa, sehingga dia akan terus makan. Dia juga enggak punya hipotonia atau otot lemah," ujar Oki dalam keterangannya di Vinski Tower, Jakarta Selatan, Selasa (15/11).

Oki kemudian mengatakan demi kesembuhan Sulaiman, ia pun memilih untuk melakukan terapi stem cell yakni metode pengobatan dengan cara memasukkan sel pada bagian tali pusar ke tubuh. Sel ini sendiri berfungsi untuk mengisi sel yang kurang berfungsi.

Lebih lanjut, Oki mengungkapkan bahwa rangkaian yang telah dilakukannya bersama Sulaiman dari lahir hingga sekarang sangat panjang, termasuk sampai anaknya bisa berjalan. Sulaiman sendiri setiap harinya juga disuntik hormon menjalani terapi sensorik, fisioterapi, terapi wicara, dan yang lainnya. Sementara untuk tidur, Sulaiman memakai sleeppad, bahkan disebut kadang ada henti napas.


Sejauh ini, kata Oki, Sulaiman sudah menjalani terapi stem cell di Celltech Stem Cell Centre Laboratory & Banking sebanyak dua kali. Untuk terapi pertama dilakukan sekitar dua minggu yang lalu dan hasilnya cukup menggembirakan. Dari hasil stem cell pertama, hasilnya menunjukkan Sulaiman lebih kuat, berenergi, dan sangat kuat.

Mengingat anaknya itu mengalami penyakit langka, Oki mengatakan di tengah perjuangannya mencari kesembuhan untuk Sulaiman, ia pun merelakan sang buah hati dijadikan objek penelitian dokter untuk mencari metode penyembuhan terbaik di kemudian hari.

"Sulaiman boleh dijadikan penelitian apapun, InsyaAllah bermanfaat untuk orang banyak," ungkap kakak Ria Ricis.

Prof Deby Vinski selaku dokter yang menangani Sulaiman pun menyampaikan hal senada seperti Oki. "Setelah ini (stem cell), Sulaiman akan saya masukkan program penelitian Prader Willy syndrome," ujar Prof Deby dalam kesempatan yang sama.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait