12 Potret Pernikahan Kaesang-Erina Kental Adat Jawa Bak Pangeran & Putri Keraton
Selebriti

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad pernikahan pada hari ini (10/12). Pernikahan keduanya digelar dengan adat Jawa yang kental serta meriah bahkan naik kereta kencana.

WowKeren - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad pernikahan pada hari ini (10/12). Jelang prosesi akad nikah, pasangan ini menjalani acara tradisi Jawa yakni siraman yang dilaksanakan pada Jumat (9/12) kemarin di kediaman masing-masing. Kaesang menjalani Siraman di Solo sementara Erina melaksanakan Siraman di rumahnya di Yogyakarta.

Proses Siraman berlangsung dengan lancar di mana tangisan haru bahagia meliputi suasana acara sakral tersebut. Erina sendiri memesona dalam balutan baju Jumputan ketika melakukan siraman. Kini keduanya telah resmi melangsungkan akad nikah dan menjadi pasangan suami istri.

Akad nikah Kaesang dan Erina dilaksanakan di pendopo Royal Ambarrukmo yang berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasangan ini memilih melangsungkan akad nikah di tempat penuh dengan sejarah. Tak hanya itu, pernikahan Kaesang dan Erina juga meriah serta kental dengan adat Jawa. Lantas seperti apa potretnya?

(wk/rosi)

1. Penyerahan Pengantin Laki-Laki


Penyerahan Pengantin Laki-Laki
SCTV

Kaesang terlihat digandeng oleh Joko Widodo dan Iriana Jokowi di ritual penyerahan pengantin laki-laki. Tampak Kaesang memakai pakaian adat pernikahan berwarna putih. Dalam balutan busana pengantin, Kaesang terlihat gagah bersiap meminang Erina Gudono.

Ibu Gudono dan Adam Gudono kemudian menyambut keluarga Joko Widodo dan mengantarkan Kaesang ke meja akad nikah. Di momen tersebut, Kaesang tampaknya gugup dan menghembuskan nafas berkali-kali. Iriana Jokowi terlihat menghampiri Kaesang seolah menenangkan.

2. Erina Tampil Manglingi


Erina Tampil Manglingi
SCTV

Momen yang paling ditunggu, Erina akhirnya naik kereta kencana menuju lokasi akad nikah didampingi oleh kedua saudara perempuannya. Tampak di belakang ada iringan drumband lengkap dengan pakaian merah yang mencolok. Bahagia abis, Erina melambaikan tangan ke arah kamera di hari pernikahannya. Dalam balutan baju dan riasan pengantin, Erina tampak manglingi. Sampai Pendopo Agung, Erina digandeng menuju tempat ijab qabul.

3. Ijab Qabul


Ijab Qabul
Indosiar

Akhirnya momen yang paling ditunggu, yakni mengucapkan ijab qabul. Adam yang bertugas menjadi wali nikah sang adik, Erina. Kaesang mengucapkan ijab qabul dalam satu tarikan nafas dengan mas kawin yang disebutkan. Usai mengucapkan ijab qabul, Kaesang langsung mengucapkan "Alhamdulillah" seraya tertawa lega. Kaesang meminang Erina 1012022 gram mas, Rp300 ribu serta seperangkat alat salat. Sah sebagai suami istri, Erina dan Kaesang menandatangani akta nikah.

4. Sah Sebagai Suami Istri


Sah Sebagai Suami Istri
/SCTV

Sah sebagai suami istri, Kaesang dan Erina akhirnya mendapatkan buku nikah. Keduanya juga mendokumentasikan beberapa foto dengan buku nikah hingga mahar. Kaesang dan Erina kemudian bergandengan tangan menuju ke aula Pendopo Ambarrukmo untuk secara khusus mengabadikan momen bersama.

5. Pemasangan Cincin


Pemasangan Cincin
SCTV

Jan Ethes dan Sedah Mirah bertugas sebagai pengantar cincin untuk Kaesang dan Erina. Kedua bocah tersebut terlihat penuh tawa riang ketika menuju ke tengah aula Pendopo Ambarrukmo seraya melambaikan tangan ke kamera. Acara kemudian berlanjut dengan pemasangan cincin oleh Kaesang dan Erina.

6. Cium Tangan dan Pamer Cincin


Cium Tangan dan Pamer Cincin
SCTV

Usai saling memasangkan cincin, Kaesang dan Erina duduk di pelaminan. Erina kemudian mencium tangan Kaesang sebagai bentuk simbolis. Pasangan ini juga memamerkan cincin yang tersemat dengan di jari manis dengan tawa semringah. Wakil Presiden kemudian hadir di momen tersebut untuk memberikan nasihat pernikahan.

7. Foto Bersama


 Foto Bersama
SCTV

Para tamu undangan kemudian dipersilahkan untuk mengambil foto dengan pengantin. Selain itu, keluarga Kaesang dan Erina juga mengabadikan momen bersama. Pengantin kemudian masuk ke Dalem Ageng untuk berganti baju dalam rangka mengikuti ritual Panggih.

8. Panggih Manten


Panggih Manten
SCTV

Upacara Panggih Pengantin kemudian dilaksanakan. Tampak Erina mengganti busananya menjadi kebaya warna cokelat. Sementara itu Kaesang terlihat berada di atas kereta kencana menuju ke Pendopo Agung Ambarrukmo dengan busana yang selaras dengan Erina. Kaesang dan Erina kemudian melakukan Balangan Gantal.

9. Ritual Wijikan


Ritual Wijikan
SCTV

Wijikan dilakukan sebagai simbolisasi bakti mempelai perempuan ke mempelai pria. Erina terlihat membasuh kaki Kaesang dengan benda-benda yang disediakan. Di ritual memutari pengantin pria oleh pengantin wanita dengan panduan perias.

10. Ritual Boyong Manten


Ritual Boyong Manten
SCTV

Kaesang dan Erina melakukan ritual Boyong Manten di mana pengantin putri dan pengantin putra diantar oleh keluarga pihak pengantin putri ke keluarga pihak pengantin putra secara bersama-sama. Tampak dalam foto, keluarga Erina berada di belakang pengantin untuk mengantarkannya ke pelaminan.

11. Upacara Dulangan


Upacara Dulangan
YouTube/Presiden Joko Widodo

Kaesang dan Erina juga melakukan upacara Dulangan atau suapan di momen pernikahan. Tampak dalam momren di atas, Ibu Gudono menyuapi Kaesang dan Erina secara bergantian dengan air kelapa yang berada di dalam gelas. Setelahnya, acara masih berlanjut dengan Sungkeman oleh Kaesang dan Erina.

12. Dihadiri Artis


Dihadiri Artis
Indosiar

Para selebriti hadir sebagai tamu undangan di akad nikah Kaesang dan Erina. Mereka adalah Raffi Ahmad, Desta, Chef Arnold hingga Irfan Hakim. Selain itu, pernikahan pasangan ini juga dihadiri oleh para menteri, wakil presiden hingga Kapolri. Para petinggi yang hadir memakai busana adat sementara para selebriti terlihat memakai busana formal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait