Ada Deddy Corbuzier-Lesti Kejora, 10 Artis Survive Meski Kena Cancel Culture di 2022
Instagram/mastercorbuzier
Selebriti

Menjelang akhir tahun 2022, terkuak deretan artis yang menjadi korban cancel culture publik karena perkataan atau sikap mereka yang dinilai tak sesuai dengan konsep di masyarakat. Siapa sajakah mereka?

WowKeren - Istilah Cancel Culture belakangan makin populer di sosial media. Biasanya cancel culture diperlihatkan dalam bentuk boikot pada pada artis yang tingkah laku atau perkataannya dinilai tak sesuai dengan konsep di masyarakat.

Imbasnya, pamor dari sang artis bisa jatuh jika terkena cancel culture. Tak cuma itu, seorang artis juga bisa kehilangan banyak penggemar dan juga karirnya merosot akibat di-cancel culture atau diboikot masyarakat.


Tahun ini, ada sejumlah artis yang terkena cancel culture oleh masyarakat. Namun meski begitu, para artis ini tetap bisa bangkit dan kembali mencuri simpati publik dengan perubahan sikap hingga karya mereka.

Penasaran siapa sajakah mereka? Simak ulasan yang dirangkum WowKeren.com berikut ini:

(wk/riaw)

1. Deddy Corbuzier


Deddy Corbuzier
Instagram/mastercorbuzier

Deddy Corbuzier selama ini dikenal sebagai seorang podcaster dengan konten-konten yang mendidik. Namun ia kemudian kena cancel culture akibat menghadirkan sosok Ragil Mahardika dan pasangannya, Fred, di podcast berjudul "Tutorial Jadi G4y di Indo!! Pindah ke Jerman Ragil dan Fred".

Mengingat LGBT masih dianggap tabu di Indonesia, konten Deddy bersama Ragil dan Fred ini sontak memicu kemarahan publik. Deddy dihujat sebagai pendukung LGBT hingga netter memunculkan tagar #UnsubscribePodcastDeddy sebagai bentuk protes.

Sadar jadi perbincangan publik, Deddy pun segera meminta maaf. Ia menegaskan kalau dirinya tak ada niatan mendukung LGBT melainkan sekedar memaparkan fakta di lapangan.

"Seperti biasa ketika gaduh di sosmed. Saya minta maaf," kata suami Sabrina Chairunnisa itu. "Kebetulan masih dalam suasana bulan Syawal. Sejak awal saya bilang tidak mendukung kegiatan LGBT. Saya hanya melihat mereka sebagai manusia. Hanya membuka fakta bahwa mereka ada di sekitar kita dan saya PRIBADI merasa tidak berhak menjudge mereka."

Menariknya setelah konten LGBT-nya dihujat, Deddy masih tetap konsisten mengunggah konten dengan tema sensitif. Salah satunya yakni terkait artis yang kena kasus narkoba dimana ia mengundang Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie yang sempat tertangkap karena barang haram itu. Meski begitu, Deddy mengemas podcast itu dengan cukup kreatif dan mendapat respon positif dari netter. Ia rupanya bukan fokus pada kasus narkoba melainkan mengangkat perjuangan Nia dan Ardi yang tetap kompak meski kena masalah hukum.

2. Lesti Kejora


Lesti Kejora
YouTube/MOP Channel

Kisah cinta Lesti Kejora dan Rizky Billar sejak awal memang mencuri perhatian. Keduanya ramai dijodohkan oleh fans hingga akhirnya berpacaran dan resmi menikah pada Agustus 2021.

Namun setahun menikah, rumah tangga Lesti dan Billar diam-diam menyimpan masalah. Terkuak pada Oktober 2022, kalau Lesti mempolisikan Billar atas dugaan KDRT. Pertengkaran itu bermula dari kecurigaan Lesti kalau Billar berselingkuh. Lesti yang emosi meminta dipulangkan ke rumah orangtuanya hingga memicu amarah Billar yang diduga melakukan KDRT pada sang istri.

"Pada hari Rabu, tanggal 28 September 2022, sekitar pukul 01.51 WIB dan berlanjut pukul 09.47 WIB di Jl Gaharu III Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan, telah terjadi tindak pidana KDRT yang diduga dilakukan terlapor (Muhammad Rizky) terhadap korban (Lesti Kejora)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Endra Zulpan dalam jumpa pers di Mapolres Metro Jaksel, Kamis (13/10/2022). "Berawal dari terlapor ketahuan berselingkuh di belakang korban. Kemudian pada saat korban minta dipulangkan, terlapor emosi dan melakukan kekerasan.

Akibat kejadian itu, Billar sempat ditahan oleh polisi. Meski begitu, Lesti agaknya kasihan dan mencabut laporannya hingga membuat masyarakat yang awalnya bersimpati justru jadi mengecam pedangdut tersebut. Ibu Baby L ini sempat ikutan diboikot hingga diminta tak lagi tampil di TV oleh netter.

Namun walau dihujat, Lesti tetap berusaha profesional dan sempat mencuri perhatian saat comeback sebagai bintang tamu di konser Betrand Peto pada 22 Oktober. Acara tersebut membuat Lesti kembali menuai dukungan dari publik. Pernikahannya dengan Billar juga didoakan kembali harmonis. Selain itu, Lesti juga masih mendapat tawaran manggung untuk HUT Indosiar pada 11 Januari 2023.

3. Ayu Ting Ting


Ayu Ting Ting
YouTube//BW.

Ayu Ting Ting dikenal sebagai salah satu artis yang sering dihujat publik. Ia hingga kini masih menuai kecaman karena isu perselingkuhannya dengan Raffi Ahmad.

Tak cuma itu, Ayu juga santer dirumorkan dimusuhi oleh MUI. Beredar kabar burung kalau MUI meminta KPI memboikot Ayu karena status janda sang artis. Namun rupanya kabar tersebut cuma hoax semata. MUI menegaskan tak pernah melarang Ayu tampil di TV karena status jandanya. Pihak MUI membeberkan kalau larangan itu hanya mengacu pada satu program tertentu pada 2019 silam.

"Dalam hal ini saya sebagai narasumber dari berita tersebut, tidak melakukan aktivitas rilis pemantauan pada tanggal 16 Maret 2022, apalagi mengajukan permohonan ke KPI," ujar pengurus Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Elvi Hudhriyah. "Ini merupakan kekeliruan atau hoax serius dalam memunculkan berita. Yang diminta dihentikan adalah program tertentu, pada saat pemantauan yang dilakukan selama bulan Ramadhan, karena adegan tertentu yang tidak patut dan sudah berkali-kali diberi masukan. Soal pelarangan acara Ayu Ting Ting yang ramai belakangan merupakan perkembangan diskusi dari rilis kegiatan pada hari kesepuluh Ramadhan 1441 Hijriah/2019. Rilis laporan tersebut juga tidak mencakup kutipan pernyataan MUI."

Dari pihak Ayu sendiri memilih mengabaikan kabar tersebut. Ia tetap eksis berkarya sebagai host dan penyanyi. Publik pun akhirnya bersimpati pada Ayu. Bahkan publik sempat menjodohkan Ayu dengan sosok Boy William setelah keduanya kolabs di sebuah podcast.

4. Baim Wong


Baim Wong
YouTube/NOVA

Baim Wong selama ini dikenal sebagai selebriti yang suka beramal via vlog YouTube. Namun tahun ini, Baim kena cancel culture gegara konten prank KDRTnya bersama Paula Verhoeven.

Awal Oktober, Baim mengunggah konten dimana ia meminta Paula datang ke Polsek Kebayoran Lama untuk melapor soal KDRT. Ia lantas memantau dari CCTV saat Paula melapor sebelum akhirnya muncul dan memberitahu polisi soal aksi prank itu. Karena bersamaan dengan kasus KDRT Lesti Kejora, konten Baim dan Paula ini memicu kemarahan publik. Tak cuma itu, Baim dan Paula juga dipolisikan atas dugaan membuat laporan palsu oleh dua pihak.

Akibat kehebohan itu, Baim dan Paula akhirnya meminta maaf. Keduanya juga menegaskan kalau tak ada niatan menyindir Lesti maupun Rizky Billar.

"Sebenarnya sudah dari awal permintaan maaf saya sampaikan. Saya tidak mau mencari pembelaan lagi, yang penting semua ini ada hikmahnya. Ada kesalahan saya juga di balik ini semua, biarkan ini jadi pelajaran untuk saya dan Paula," kata Baim. "Ada juga teman kami yang secara nggak langsung , mudah-mudahan tidak ada perasaan negatif sama kita. Ada Lesti, dia bilang Insya Allah mudah-mudahan mereka mengerti ya. Kita tidak mungkin seperti itu. karena ada masalah ini, kegaduhan yang ada itu terlalu besar, biarkan semuanya itu jadi pelajaran saya sama Paula."

Disisi lain, publik juga sempat memberikan pujian buat Baim. Ia dinilai bisa memprediksi kalau Lesti akhirnya memilih mencabut laporan lewat konten pranknya tersebut.

Adapun saat ini, Baim dan Paula berusaha membangun kembali imej positif dengan tetap membuat konten di kanal YouTube mereka. Di sejumlah vlog, keduanya masih konsisten mengangkat tema seputar keluarga hingga aksi sosial pada masyarat tak mampu. Baim juga berkolaborasi dengan artis lain untuk vlog di kanal YouTubenya dan Paula.

5. Reza Arap


Reza Arap
Instagram/gottalentid

Sosok artis dan rapper serba bisa, Reza Arap, menghadapi masalah berat tahun ini. Ia masuk daftar artis yang kena cancel culture setelah sang istri, Wendy Walters mengisyaratkan dugaan perselingkuhan.

Seorang teman dari Wendy sempat membocorkan rumor kalau Reza selingkuh dengan sejumlah wanita. "Setiap hari tambah satu yang ketahuan. Khilaf itu sekali, kalau puluhan kali dan banyak orang itu passion. MUA, stylist, fans, semua diembat. Curiga lagi koleksi berdasarkan profesi," seru teman dari Wendy itu.

Tak cuma itu, Reza juga sempat diisukan selingkuh dengan Rossa setelah keduanya dekat karena sama-sama menjadi juri "Indonesia's Got Talent 2022". Usai rumor itu beredar, Reza menegaskan kalau ia menganggap Rossa sebagai kakaknya sendiri.

"Aku tuh jarang punya teman musisi ya, gara-gara IGT aku kenal Teh Oca kan dia udah kaya kakak aku sendiri," seru Reza. "Benar-benar kaya kakak ku sendiri karena dia sudah banyak pengalaman di bidang industri showbiz dia mengajar banyak hal dibelakang panggung IGT. Nongkrong makan bareng. I mean I love her as friend."

Reza juga masih sempat mengisyaratkan kalau pernikahan dengan Wendy baik-baik saja. Ia pun lebih fokus berkarya baik sebagai juri maupun untuk proyek musiknya bersama Weird Genius. Ketegaran Reza dan sikap profesionalitasnya itu tak urung kembali menuai kekaguman publik. Disisi lain, rumah tangga Reza dan Wendy akhirnya tak bisa dipertahankan lagi. Setahun menikah, Wendy memilih pisah dan menggugat cerai Reza pada Oktober 2022. Keduanya pun kini fokus pada kegiatan masing-masing.

6. Dewi Persik


Dewi Persik
Instagram/dewiperssik9

Pedangdut Dewi Persik dikenal sebagai salah satu artis yang suka bicara blak-blakan. Biasanya, publik dibuat kagum pada ketegasan Depe hingga sempat bersimpati saat ia bercerai dengan Angga Wijaya.

Sayangnya simpati masyarakat tak berlangsung lama, Depe justru dimusuhi banyak orang terkait dugaan menyindir kasus KDRT Lesti Kejora dan Rizky Billar. Rumor itu bermula saat Depe tak setuju jika anak dijadikan alasan untuk mencabut laporan KDRT. Akibatnya, Depe langsung dikecam netizen dan dituding iri pada Lesti.

Menanggapi hal itu, Depe pun menegaskan kalau ia tak iri pada Lesti. Ia juga berusaha menghargai keputusan Lesti yang memilih mencabut laporan KDRT. Sayangnya meski Depe sudah klarifikasi, netter terus mengecam hingga memaki dirinya. Geram dengan sikap netter, Depe pun melapor ke polisi.

Alhasil, haters yang dipolisikan itu menyesali perbuatannya dan meminta maaf pada Depe. Meski begitu, Depe tetap tegas meminta agar proses hukum tetap berjalan walau ia sebenarnya sudah memaafkan haters yang membullynya iu. Ketegasan Depe inilah yang membuat publik tetap kagum padanya.

7. Keisya Levronka


Keisya Levronka
Instagram/keisyalevronka

Penyanyi jebolan "Indonesian Idol", Keisya Levronka, menuai sukses lewat lagu "Tak Ingin Usai". Lagu bernada tinggi itu dibawakan apik oleh Keisya hingga publik jadi kagum pada bakat menyanyinya. Bahkan MVnya juga tembus 63 juta viewers di YouTube.

Namun seiring dengan viralnya lagu tersebut, Keisya malah kena cancel culture dari publik. Ia dinilai gagal membawakan nada tinggi hingga suaranya disentil sumbang saat menyanyikan lagu secara live. Tak cuma itu, suara Keisya juga dibanding-bandingkan dengan penyanyi muda yang satu angkatan dengannya seperti Lyodra, Tiara Andini hingga Mahalini.

Keisya juga dinilai tak kuat mental menghadapi kritikan soal suaranya. Diakui Keisya, ia sempat datang ke psikolog akibat kena cancel culture.

"Setelah ramai itu aku benar-benar jadi orang yang berbeda. Dulu tuh aku suka banget ketemu orang, suka ngobrol panjang lebar. Sekarang kalau ketemu orang aku kayak takut," katanya. "Terus pertama kalinya aku ke psikolog kemarin. Ke psikolog bukan hal yang salah kan, aku cuma ngecek ini ada apa sih kenapa sama aku. Dan ternyata itu jatuhnya trauma."

Keisya juga mengaku kalau ia makin rajin latihan demi mencegah suaranya fals saat live. Ia mengakui kalau dirinya mudah gugup ketika tampil live akibat dihujat netizen. Namun meski begitu, Keisya tak pernah menyerah. Ia tetap mencoba membawakan nada tinggi secara live hingga mengundang simpati publik.

Penyanyi asal Surabaya itu juga tak berhenti berkarya meski dicibir netter. Ia kembali menuai pujian saat merilis lagu "Hidup Tanpamu" yang MVnya sudah dilihat lebih dari 4 juta viewers.

8. Kiky Saputri


Kiky Saputri
Instagram/kikysaputrii

Selain Dewi Persik, Kiky Saputri kena cancel culture imbas bercanda soal kasus KDRT Lesti Kejora dan Rizky Billar. Awal mulanya, Kiky membahas soal sosok Hari Putra yang dulu pernah diisukan dengan Lesti.

"Soalnya aku kurang setuju kalo Putri (Putri Isnari) sama Hari. Karena Hari tuh dulu pernah deketin Lesti," seru Kiky. "Untung Hari sama Lesti gak jadi, coba kalo jadi, Hari sama Lesti masa Putri nanti sama Billar. Sebab kalo itu terjadi, Putri gak akan di sini tapi di luar lagi mencabut laporan...laporan cuaca."

Walau berniat bercanda, Kiky malah banjir hujatan dari fans militan Leslar. Ia tak cuma dikecam soal roasting, tetapi akhirnya mengarah pada body shaming. Bukan cum itu, Kiky bahkan sempat dirumorkan bakal dipolisikan atas dugaan menghina Lesti dan Billar.

Namun, Kiky memastikan kalau hubungan dengan Lesti baik-baik saja. Selain itu, Kiky juga sudah izin pada Lesti terkait roastingannya itu.

"Aku komunikasi kok sama Lesti. Dede pun kayak ya udah biasa aja," seru Kiky. "Ada komunikasi kita berdua. aku takutnya nanti dari netizen ini menggiring opini apakah benar yang disampaikan sama fansnya adalah membuat dede menjadi apakah semarah itu."

Beda dari Depe yang perang dengan netizen, Kiky memilih membalas hujatan dengan cara smart. Ia justru menyawer dan mengirim transferan pada haters yang menghujatnya. Ia mengaku berbagi karena ingin membahagiakan orang lain. Selain itu, cara tersebut juga bisa membuat seseorang malu karena telah berbuat jahat. Sikap positif Kiky itulah yang membuatnya masih menuai dukungan, hingga saat ini.

9. Arawinda Kirana


Arawinda Kirana
Instagram/arawindak

Sosok Arawinda Kirana awalnya dikenal sebagai salah satu aktris muda berbakat. Di usia 20an, Arawinda sudah menyabet penghargaan Pemeran Utama Perempuan Terbaik di ajang FFI lewat film "Yuni".

Namun secara tak terduga, Arawinda alias Ara diterpa isu miring. Ia diisukan sebagai pelakor dalam rumah tangga Amanda Zahra dan Guiddo Ilyasa. Setelah rumor itu beredar, Amanda sempat diduga menyentil Ara di Twitter. Publik pun menyerang Ara dan menyebar foto-foto dan menyindir aktris muda tersebut.

Sejak isu mencuat Juli 2022, Ara memilih bungkam dan off dari sosial media. Namun ia sempat meminta maaf jika rumor itu membuat karya film dan pihak pembuat karya filmnya ikut terkena imbasnya.

"Terkait dengan masalah dan rumor tidak benar yang telah muncul mengenai kehidupan pribadi saya," kata Ara. "Diam merupakan pilihan yang rumit, sebab saya sadar bahwa diamnya saya selama ini malah justru menyebabkan kebingungan dan kesalah pahaman, serta berdampak buruk kepada orang-orang di sekitar saya. Termasuk di pekerjaan yang melibatkan saya. Saya minta maaf apabila masalah dan rumor mengenai kehidupan pribadi saya telah menimbulkan dampak negatif secara langsung maupun tidak langsung kepada karya dan para pembuatnya."

Sementara itu, Amanda mencuri simpati karena postingannya mengisyaratkan sakit hati atas diduga karena ulah Guiddo dan Ara. Setelah beberapa bulan berlalu, Ara comeback dan mulai mempromosikan film terbarunya, "Like and Share". Film tersebut menuai respon positif dari penikmat film terkait kemampuan akting Ara.

Tak cuma itu, kemunculan film tersebut juga membuat pihak agensi akhirnya buka suara. Agensi menegaskan kalau tudingan Ara sebagai pelakor itu tidak benar. Agensi justru menilai kalau Ara cuma dimanfaatkan dan dimanipulasi oleh Guiddo.

10. Chandrika Chika


Chandrika Chika
Instagram/chndrika_

Chandrika Chika dikenal sebagai salah satu seleb muda yang cukup populer di TikTok. Ia sempat naik daun dan kabarnya masuk dalam artis binaan Raffi Ahmad bersama Dimas Ahmad.

Namun seiring dengan popularitasnya, Chika malah diterpa isu miring. Ia dimusuhi publik terkait dugaan baper karena Thariq Halilintar memilih jadian dengan Fujianti Utami. Padahal sebelumnya, Thariq dan Chika sempat punya hubungan spesial.

"Bisa dibilang iya (soal hubungan pacaran dengan Thariq)," kata Chika. "Enggak kok (bukan karena Fuji), gak ada faktor lain. Sama Fuji juga karena dari awal kita gak ada masalah, cuman mungkin agak (canggung) karena dari berita-berita. Pas ketemu ngobrol, clear, ya udah gak ada apa-apa, gak ada masalah."

Bukan cuma itu, Chika juga dihujat habis-habisan soal dirinya diduga jadi pemicu kasus pertikaian yang melibatkan Putra Siregar dan Rico Valentino. Selain itu, Chika juga disentil soal isu open bo bernilai puluhan juta.

Namun Chika agaknya memilih bungkam usai dihujat netter. Ia lebih fokus pada kesibukannya di sosial media ketimbang meladeni kecaman publik.

Sejauh ini, Chika juga tak lagi sering muncul di vlog para artis atau tampil di acara TV. Meski begitu, Chika tetap populer di TikTok yang jadi platform utamanya. Ia tampak rajin mengunggah video yang ditonton ribuan hingga jutaan orang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait