Birthday Spotlight: Happy Vernon Day
Instagram/vernonline
Selebriti

Vernon SEVENTEEN tengah berulang tahun pada hari ini, Sabtu (18/2). Simak perjalanan lengkap cowok Korea-Amerika ini sejak sebelum debut hingga jadi rapper sekaligus penulis lagu dalam grupnya.

WowKeren - Vernon SEVENTEEN merayakan ulang tahun ke-25 (perhitungan umur internasional) pada hari ini, Sabtu (18/2). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas perjalanan karier rapper sekaligus penulis lagu ini.

Tak sendirian, Vernon sendiri berbagi tanggal ulang tahun yang sama dengan member lainnya yakni DK meski berbeda satu tahun. Sehingga tanggal 18 Februari adalah hari spesial untuk SEVENTEEN beserta fans.


Kini telah tumbuh menjadi idol dan musisi andal, Vernon sudah akrab dengan dunia seni sejak muda. Pemilik nama Korea Choi Hansol itu adalah putra sulung dari pasangan seniman yang mendukung kariernya.

Vernon sendiri dikenal dengan auranya yang tampak berbeda ketika di atas panggung dan di kesehariannya. Jika sehari-hari ia cenderung tenang dan kalem, namun jika sudah perform maka sosok karismatiknya mampu membius penggemar.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak perjalanan karier Vernon sejak sebelum debut hingga kini menjadi member salah satu boy grup K-Pop terbesar saat ini.

(wk/inta)

1. Pra-debut


Pra-debut

Vernon Hansol Chwe lahir di New York pada 18 Februari 1998 dari pasangan ayah Korea dan ibu Amerika. Saat berusia 5 tahun, Vernon bersama keluarganya pindah ke Korea Selatan. Ia tumbuh sebagai kakak dari seorang adik perempuan yang bernama Sofia dan sangat dekat dengannya.

Sebelum menjadi trainee, Vernon adalah siswa SMP biasa. Saat berusia 14 tahun, ia dicasting di jalanan. Kemudian ia muncul sebagai model MV "Falling" dari Man of K pada 2008 dan "My Copycat" milik Orange Caramel pada 2014.

Vernon pertama kali diperkenalkan sebelum debut dalam program "SEVENTEEN TV" sejak musim pertama sebagai Mr. Headphones. Selama 2013 hingga debutnya, kehidupan trainee Vernon beserta perkembangan skill-nya diperlihatkan.

2. Debut


Debut

Dimulainya karier Vernon bersama SEVENTEEN secara resmi diiringi dengan reality show "Seventeen Project: Big Debut Plan" yang tayang di MBC mulai dari tanggal 2 hingga 26 Mei 2015. Sebagai puncak program, debut showcase grup dilakukan. Di dalam SEVENTEEN, Vernon adalah rapper, visual, penulis lagu dan menjadi bagian dari Hip Hop Unit.

SEVENTEEN memulai debutnya usai merilis EP pertama "17 Carat" tiga hari usai showcase. Album ini meraih kesuksesan dengan menjadi album K-Pop yang tembus chart erlama di AS dan menjadi satu-satunya album rookie yang muncul di 10 Best K-Pop Albums of 2015.

Beberapa bulan setelah debut, SEVENTEEN merilis EP kedua "Boys Be" pada 10 September 2015. Album ini membuat mereka menjadi rookie yang meraih penjualan tertinggi. Kesuksesan SEVENTEEN kemudian dilanjutkan dengan berbagai penghargaan Golden Disk Awards, Seoul Music Awards dan Gaon Chart K-Pop Awards.

Menyusul kesuksesan ini, SEVENTEEN menggelar konser pertama mereka "Like Seventeen – Boys Wish" dari 24 hingga 26 Desember 2015 di Seoul. Setelahnya, mereka menggelar dua konser lagi pada Februari 2016 yang bertajuk "Like Seventeen – Boys Wish Encore Concert".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Weverse/SEVENTEEN

Vernon SEVENTEEN meraih kemenangan musik pertama dengan "Pretty U" pada 2016. Kemudian mereka merilis ulang album studio pertama "Love & Letter" pada bulan Juli dengan title track "Very Nice". Perilisan ini lantas diikuti dengan tur asia pertama mereka "Shining Diamonds" di Korea, Jepang, Singapura, Indonesia, Australia dan Tiongkok.

Kesuksesan SEVENTEEN semakin menanjak dengan single "Don't Wanna Cry" yang menjadi salah satu rilisan paling populer mereka. "An Ode" menjadi album pertama mereka yang meraih Daesang, Album of The Year pada 2019. Grup dengan Vernon di dalamnya ini aktif merilis album dan menggelar tur di berbagai negara.

Vernon sendiri aktif sebagai penulis lagu SEVENTEEN. Bahkan ia menjadi member kedua yang paling banyak dikreditkan setelah Woozi. Ia juga muncul dalam semua MV SEVENTEEN seperti "Adore U", "Mansae", "Pretty U", "Very Nice", "Boom Boom", "Don't Wanna Cry", "Clap", "Thanks", "Oh My!", "Getting Closer", "Home", "Hit", "Fear", "Left & Right", "Home; Run", "Ready to Love". "Rock with You", "Hot", "Darl+ing", dan "_World".

Sejak 2020, SEVENTEEN makin diakui di kancah musik internasional dan mulai promosi di AS. Meski pandemi COVID-19 menghalangi aktivitas internasional mereka, musik-musik SEVENTEEN mampu mendapat tempat tersendiri di hati fans global. Selama 2022, SEVENTEEN mulai menggelar tur "Be The Sun" yang sukses besar dan mendapat penghargaan konser terbaik E-Daily Culture Awards.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Weverse/SEVENTEEN

Tak lama setelah debut, Vernon berpartisipasi dalam program survival "Show Me The Money" Season 4 pada Agustus 2022. Namun ia tereliminasi pada ronde ketiga.

Selama berkarier bersama SEVENTEEN, Vernon aktif membantu menulis lagu dan berkolaborasi dengan artis lain. Terpisah dari HipHop Unit, Vernon mempunyai lagu bersama Joshua Hong berjudul "2 Minus 1". Bersama artis di luar grup, ia pernah bekerja sama dengan Don Mills merilis "Lotto", "Q&A" bersama Ailee, S.Coups, dan Woozi, "Beg For You" bersama Charli XCX dan A.G. Cook, "Bucket List" bersama Bumzu, "Bumaye (Remix Ver.)" bersama Drunken Tiger, "Looped Up" bersama Tobi Lou dan "Wrecker" bersama Omega Sapien.

Pada akhir 2022, Vernon merilis mixtape pertamanya yang berjudul "Black Eye". Lagu tersebut banyak dipengaruhi oleh gaya musik Avril Lavigne dan rock di awal 2000-an.

5. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara
Weverse/SEVENTEEN

Pada Januari 2023, Vernon digosipkan berpacaran dengan stylist TXT. Meski rumor kencan ini mendadak dan terkesan acak, beberapa bukti ditunjukkan netizen di forum online.

Kecurigaan itu muncul karena stylist TXT yang disebut A tersebut membenarkan pertanyaan apakah ia berpacaran sambil memamerkan boneka beruang. Postingan boneka itu menjadi sangat mencolok usai Vernon membawa pulang teddy bear sepulang dari tur "Be The Sun".

Dengan Vernon membawa boneka teddy bear, beberapa fans menduga itu hadiah untuk pacarnya. Kini munculnya boneka teddy di postingan A menumbuhkan kecurigaan baru. Selain boneka teddy, Vernon dan A diduga mempunyai beberapa barang couple. Adapun benda yang diduga berpasangan antara lain topi hingga cincin yang serasi.

Tak hanya barang-barang yang dijadikan acuan rumor kencan Vernon dan stylist TXT tersebut. Bahkan ada dugaan bahwa adik Vernon, Sophia juga mem-follow A di Instagram. Meski begitu rumor kencan ini menuai respons pro dan kontra karena selama ini member SEVENTEEN jarang terlibat gosip serupa.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/INTHESOOP_TV

Setelah menyelesaikan tur dunia dan merilis mixtape, Vernon mempersiapkan fanmeet tahunan SEVENTEEN "Caratland". Acara jumpa penggemar tahunan itu bakal digelar pada 10 sampai dengan 13 Maret 2023.

"Caratland" menjadi event yang dinantikan oleh penggemar SEVENTEEN setiap tahunnya. Pasalnya, para member tidak hanya menunjukkan penampilan terbaik mereka melainkan juga bertukar lagu dengan unit lain. Sehingga setiap tahun fans dibuat penasaran dengan gebrakan apa yang akan mereka lakukan selama fanmeet tersebut.

Namun menurut bocoran yang sempat beredar, SEVENTEEN rencananya akan comeback pada paruh awal 2023. Kemudian mereka akan mengadakan tur setelah merilis album. Saat ini, SEVENTEEN sedang muncul di variety show "In The SOOP SVT Version" season 2.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait