Moana Disebut Bukan Orang Jawa, Ria Ricis Ungkap Alasan Gelar Tedak Siten
Instagram/riaricis1795
Selebriti

Ria Ricis berencana menggelar Tedak Siten untuk Moana yang kini berusia 7 bulan. Tedak Siten adalah tradisi Jawa yang dilakukan saat seorang anak pertama kali belajar menginjakkan kaki ke tanah.

WowKeren - Ria Ricis hendak menggelar acara Tedak Siten untuk putri semata wayangnya, Cut Raifa Aramoana alias Moana, yang telah genap berusia 7 bulan. Sebagai informasi, Tedak Siten adalah tradisi adat Jawa yang dilakukan saat seorang anak pertama kali belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Meski demikian, ada beberapa pihak yang menyebut Moana bukan orang Jawa sehingga mempertanyakan alasan Ricis menggelar Tedak Siten. Ricis lantas buka suara terkait hal tersebut.

Lewat unggahannya di Instagram Stories pada Jumat (10/3), Ricis menjelaskan bahwa mendiang kakek Moana adalah orang Jawa. Sehingga tak heran jika Ricis menggelar Tedak Siten untuk putrinya yang juga berdarah Jawa.

"Yang tanya: Kok tedak siten kan Moana bukan orang Jawa," tulis Ricis di unggahannya. "Mbah Ung-nya Moana walaupun sudah enggak ada tapi beliau orang Brebes."

Diketahui, mendiang ayah Ricis adalah orang Jawa, dan ibunya orang Palembang. Sedangkan suami Ricis, Teuku Ryan (II), adalah pria berdarah Aceh.


Moana Disebut Bukan Orang Jawa, Ria Ricis Ungkap Alasan Gelar Tedak Siten

Instagram/@riaricis1795

Sebelumnya, Ricis mengungkapkan rencananya untuk menggelar Tedak Siten Moana di akhir Maret 2023 mendatang. Ricis sendiri takjub dengan perkembangan pesat putrinya yang sudah bisa berdiri sendiri di usia 7 bulan.

"7 bulan kita Insyaallah, mau Tedak Siten Insya Allah di akhir bulan (Maret)," terang Ricis beberapa waktu lalu. "Iya udah bisa (jalan) sebenernya gini ya aku perhatiin ya, aku pegangin dia gini lututnya tuh minta bangun sendiri gitu."

Di sisi lain, Ricis sudah rajin mengajak Moana ke "sekolah" untuk latihan bermain dan berinteraksi dengan anak seusianya. Namun netizen menyoroti salah satu video dimana Moana tampak sempat menangis kala berlatih bersama instruktur.

Sejumlah netizen lantas mengkritik Ricis yang dinilai memaksakan Moana bersekolah. Sadar jadi omongan, Ricis memberikan pembelaan. Ia membongkar alasan Moana menangis.

Bukan karena dipaksa bersekolah, Moana ternyata belum nyaman untuk berinteraksi dengan orang asing. "Nangis kalau yang ajarin bukan bu icis," tulis Ricis.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru