7 Perjalanan Karier Weird Genius, Usai Lagunya Untuk Piala Dunia U-20 Dihapus FIFA
Selebriti

Weird Genius merupakan grup musik beranggotakan Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Dibentuk pada tahun 2016, grup ini telah memiliki banyak karya serta prestasi.

WowKeren - Weird Genius diketahui berpartisipasi dalam original soundtrack (OST) Piala Dunia U-20 2023 dengan tajuk "Glorious". Akan tetapi teaser lagu tersebut mendadak sudah tak dapat ditemukan lagi di situs dan media sosial resmi FIFA saat isu Indonesia batal menjadi tuan rumah. Terbaru, secara resmi FIFA mengumumkan bahwa Indonesia tak lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Reza Arap yang merupakan anggota Weird Genius juga menyuarakan pendapatnya saat pertama kali teaser lagu dihapus dari situs resmi FIFA. Padahal publik sudah mengantisipasi perilisan lengkap lagu "Glorious" yang dijadwalkan pada 31 Maret mendatang. Diharapkan pula single tersebut bisa sebanding dengan lagu-lagu anthem Piala Dunia lainnya.

Di sisi lain, Weird Genius kembali membuktikan prestasinya dalam dunia Internasional lewat partisipasinya dalam Piala Dunia ini. Berkarier, sejak tahun 2016. Intip perjalanan karier Weird Genius.

(wk/rosi)

1. Dibentuk Tahun 2016


Dibentuk Tahun 2016
Instagram/weird.genius

Dibentuk tahun 2016, grup ini beraliran EDM dan synth-pop. Awalnya Weird Genius beranggotakan Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Billy Taner. Pada tahun 2017, mereka merilis lagu pertama berjudul "DSP" dan menuai reaksi positif dari masyarakat. Akan tetapi ada bongkar pasang personil di mana Billy memutuskan hengkang pada 25 September 2019 kemudian diganti oleh Gerald Liu.

2. Banyak Ikuti Acara Musik


Banyak Ikuti Acara Musik
Instagram/weird.genius

Setiap tahun, Weird Genius terlibat dalam ajang berskala lokal maupun internasional. Mereka mengikuti acara musik seperti Viral Fest Asia Festival Bangkok 2017, Soundrenaline Bali 2018, Local Act for Yellow Claw’s Indonesian Tour 2018, Sky Garden Bali 2018, Local Act for The Chainsmokers Live in Concert Jakarta 2018 dan masih banyak lainnya. Mereka juga terus meraih popularitas dan mencuri perhatian penggemar musik elektronik.

3. Menggandeng Banyak Musisi


Menggandeng Banyak Musisi
Instagram/weird.genius

Dalam musiknya, Weird Genius menyuguhkan trek-trek yang melintasi berbagai genre elektronik dan menggandeng banyak musisi. Di antaranya DOLF (Barong Family), Prince Husein, Midnight Quickie. Mereka pun terus menyumbangkan lagu-lagu yang easy listening.

4. 'Lathi' Meledak Di Pasaran


'Lathi' Meledak Di Pasaran
Instagram/weird.genius

Weird Genius semakin populer setelah merilis "Lathi" pada 2020 bekerja sama dengan penyanyi Sara Fajira. Lagu tersebut meledak di pasaran dan merajai hampir semua tangga lagu. Diantaranya menjadi #1 di Spotify Indonesia Top 50, #2 di Spotify Viral Top 50 Global, #1 di iTunes Indonesia Top 200, #1 di TikTok Global 20 dan masih banyak lainnya. Bahkan challenge-challenge tentang "Lathi" banyak bermunculan di Tiktok diramaikan oleh para beauty vlogger.

Pada 30 Juni 2020, Spotify merilis siaran pers bahwa lagu "Lathi" telah memecahkan rekor baru sebagai lagu lokal yang menduduki tangga lagu #1 terlama yaitu selama 6 minggu berturut-turut di Top 50 Chart Spotify Indonesia.

Weird Genius juga mengungkapkan rasa bangga saat wajah terpampang di Billboard Times Square New York, Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, Weird Genius mengadakan "Lathi Tour". Weird Genius meraih 3 penghargaan sekaligus dari Anugerah Musik Indonesia 2020.

5. Gabung Label Amerika


Gabung Label Amerika
Instagram/weird.genius

Weird Genius kembali membawa prestasi membanggakan dengan bergabung bersama label rekaman musik Amerika, Astralwerks di tahun 2020. Label ini juga menaungi Halsey, Marshmello, Sia Furler, hingga David Guetta. Bergabungnya Weird Genius diumumkan langsung oleh Astralwerks lewat unggahan di Instagram. Hal ini menjadikan grup tersebut sebagai musisi Asia pertama yang berada di naungan Astralwerks.

6. Kolaborasi dengan Musisi Dunia


Kolaborasi dengan Musisi Dunia
Instagram/weird.genius

Merambah dunia Internasional, pada 31 Juli 2020, Weird Genius berkolaborasi dengan duo DJ ternama asal Belanda, Yellow Claw. Mereka merilis single berjudul "Hush". Setelahnya, grup ini berkolaborasi dengan Tokyo Machine dalam lagu "Last Summer" hingga "Future Ghost" bersama penyanyi Thailand, Violette Wautier.

7. Isi Soundtrack Piala Dunia U-20


Isi Soundtrack Piala Dunia U-20
Instagram/weird.genius

Sebelumnya, Indonesia didapuk sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-20. Weird Genius didapuk untuk menggarap official song yang berjudul "Glorious". Mereka bekerja sama dengan Tiara Andini, Lyodra Ginting dan Ziva Magnolya.

Lagu ini sempat hilang dari situs FIFA dan tak lama kemudian lagu tersebut kembali muncul sebelum akhirnya Indonesia resmi dicoret menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Lewat akun Twitternya, Reza Arap kembali buka suara menceritakan proses pembuatan lagu tersebut bersama Eka Gustiwana dan Gerald Liu. Menjalani proses yang panjang, ia mengaku sampai mengalami wasir.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait