Pihak EXO-CBX Klaim Artis SM Terjebak Kontrak Panjang Karena Target Penjualan Album
Selebriti

Seiring dengan menyeruaknya konflik EXO-CBX ingin mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment, pihak Chen, Baekhyun dan Xium membeberkan tentang ketentuan tidak wajar.

WowKeren - Saat ini, EXO-CBX tengah terlibat perselisihan terkait kontrak dengan SM Entertainment. Menurut pernyataan kuasa hukum, artis SM diduga terpaksa memperpanjang kontrak lantaran ada target penjualan labum.

Pada 1 Juni, member EXO yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin membantah klaim SM terkait tuduhan adanya kekuatan dari luar agar mereka meminta penghentian kontrak. Selain itu, melalui kuasa hukum mereka megungkap ada ketentuan yang merugikan para artis.

Secara khusus perwakilan EXO-CBX membantah adanya intervensi kekuatan eksternal. Mereka berkomentar bahwa SM telah membuat informasi palsu untuk mengalihkan perhatian publik.

Selanjutnya, mereka juga menyebutkan tentang ketentuan kontrak eksklusif SM yang tidak masuk akal, panjang dan merugikan para artis. Selain kontrak yang mencapai belasan tahun ada target yang dianggap mereka tidak masuk akal.


Pertama, para artis sebelumnya disebutkan telah menandatangani kontrak eksklusif dengan SM yang berlangsung selama lebih dari 12 hingga 13 tahun. Jangka waktu itu sangat menyimpang dari standar 7 tahun yang ditetapkan Kontrak Eksklusif Standar Komisi Predagangan yang Adil untuk Profesi Budaya dan Seni Populer.

Kedua, SM diduga memberlakukan kontrak hingga 17-18 tahun dengan memaksa perpanjangan. Ada pula ketentuan bahwa kontrak akan diperpanjang secara otomatis hingga artis mencapai jumlah penjualan tertentu, tanpa batas waktu perpanjangan. Hal ini secara efektif membuat artis terbelenggu "kontrak budak".

Ketiga, praktik yang mengikat artis dengan kontrak eksklusif jangka panjang dan tak terbatas tidak masuk akal, Pada saat yang sama, SM disebut belum memberikan jaminan apapun untuk kontrak eksklusif selanjutnya pada para artis.

Bersamaan dengan kasus ini, terungkap bahwa EXO-CBX sedang mempertimbangkan kasus ini pada Komisi Perdagangan Adil atau tidak. Mereka kemungkinan akan mengajukan keluhan kontrak eksklusif yang tidak adil.

Sebelumnya, Chen, Baekhyun dan Xiumin mengirimkan pemberitahuan kepada SM melalui perwakilan hukum untuk mengakhiri kontrak mereka. Sebagai tanggapan, SM merilis pernyataan akan memperkarakan dorongan eksternal yang mempengaruhi artisnya untuk membuat proposal tidak masuk akal.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait