Sorot Draf Perpres Jurnalisme Berkualitas, Deddy Corbuzier: Intinya Semua Content Creator Mati
Instagram/mastercorbuzier
Selebriti

Menurut Deddy Corbuzier, Perpres tentang Jurnalisme Berkualitas bisa mematikan para content creator. Termasuk Deddy sendiri yang juga aktif membuat podcast di kanal YouTube-nya.

WowKeren - Deddy Corbuzier turut menyoroti rancangan Peraturan Presiden tentang Jurnalisme Berkualitas. Dalam unggahannya di Instagram pada Jumat (28/7), Deddy membagikan postingan blog resmi Google yang membahas soal Perpres Jurnalisme Berkualitas.

"Sebagaimana yang telah kami sampaikan kepada Pemerintah Indonesia, kami khawatir bahwa, jika disahkan tanpa perubahan, rancangan terbaru Perpres tentang Jurnalisme Berkualitas yang tengah diusulkan saat ini tidak dapat dilaksanakan. Alih-alih membangun jurnalisme berkualitas, peraturan ini dapat membatasi keberagaman sumber berita bagi publik karena memberikan kekuasaan kepada sebuah lembaga non-pemerintah untuk menentukan konten apa yang boleh muncul online dan penerbit berita mana yang boleh meraih penghasilan dari iklan," demikian kutipan blog Google.

Menurut Deddy, Perpres tersebut bisa mematikan para content creator. Termasuk Deddy sendiri yang juga aktif membuat podcast di kanal YouTube-nya.

"Intinya... Semua KONTEN CREATOR MATI.. Ya termasuk saya, kita, anda.. Dan seperti aturan pemerintah lain... Aturan tiba tiba ada... Correct me if I'm wrong.. Algoritma, Brand Iklan dll akan di arahkan ke Yg punya... Ya tau lah ya.. Google menolak tapi kalau aturan nya jalan ya udah.. Anw ini ke semua sosial media.. Again correct me if I'm wrong," tulis Deddy di kolom caption.

Photo-INFO

Instagram/@mastercorbuzier


Lebih lanjut, Deddy sendiri mengaku tidak akan terlalu terpengaruh karena ia memiliki banyak bisnis di luar content creator. Namun ia khawatir dengan content creator baru atau pihak lain yang hidup dari media sosial.

"Buat saya ga terlalu big deal.. Bisnis Saya gak disini aja.. Tapi buat konten creator baru, atau medsos seleb atau siapapun yg hidup dari media sosial... Say Goodbye.. I'll put the link in IG story. Kmrn di Podcast @kasisolusi saya nyindir2 dikit... Hari ini kejadian," tambahnya.

Unggahan Deddy tersebut langsung mendapat banyak dukungan dari sesama selebriti. Selain itu, banyak yang meminta Deddy untuk melawan rancangan peraturan tersebut.

"LAWAN," komentar Coki Pardede. "Diem diem.... si tiba - tiba SAH... konoha oh konoha," tambah Sabrina Chairunnisa. "Vote Om Ded bikin platform untuk para konten kreator yang akan terancam jobless," timpal Chef Arnold Poernomo.

"Lawan om ded, Mereka tuh cuman ingin berita² buruk tentang mereka tidak cepat beredar luas dimasyarakat, dan bahkan masyarakat bisa buta tentang berita² buruknya oknum-oknum wakil rakyat kita @mastercorbuzier," tulis salah satu netizen. "Undang-undang meresahkan, korporat besar pengen tetap berjaya, oligarki merajalela lela," tambah netizen lain. "Sok sok an mo ngatur akurasi informasi data. Data yg lu atur aja gak aman. Sok sok an mo ngatur data. @luhut.pandjaitan tolong dong. Pahami dulu batasan masalahnya," komentar yang lain.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait