iKON Resmi Rebut Nama Grup dari YG Entertainment
143 Entertainment
Musik
iKON Tinggalkan YG

iKON telah resmi mendapatkan hak dagang nama grup mereka setelah resmi keluar dari YG Entertainment dan kini menjadi artis di bawah naungan agensi baru, 143 Entertainment.

WowKeren - iKON telah resmi mendapatkan hak intelektual atau hak dagang dari nama grup mereka. Sebelumnya, hak dagang nama iKON dibawa oleh YG Entertainment selaku agensi tempat mereka debut.

Pada situs resmi KIPRIS, terlihat jelas bahwa pemilik sah nama iKON telah berpindah. YG Entertainment masih tertulis sebagai sosok yang mengajukan merek dagang sejak September tahun 2014 lalu. Ini berartikan YG telah mendaftarkan nama iKON sekitar 1 tahun sebelum grup ini resmi debut.

Kini, nama iKON didapatkan oleh ke-6 member bukan agensi baru mereka 143 Entertainment. Bobby, Jinhwan, Koo Junhoe, Yunhyeong, Donghyuk, dan Chanwoo menjadi pemilik bersama untuk nama grup mereka, iKON.

iKON mendapatkan hak intelektual nama grup

Sumber: KIPRIS Korea

Kepemilikan merek dagang yang berubah ini berartikan bahwa iKON bisa lebih leluasa menggunakan nama grup mereka. Bobby cs akan menghindari masalah hukum di masa depan terkait penggunaan nama iKON di berbagai kesempatan.


iKONIC, para penggemar iKON ramai mengucapkan selamat kepada Bobby cs atas keberhasilan mendapatkan nama grup mereka tersebut. Tidak sedikit yang senang karena kini iKON telah sepenuhnya bebas.

iKON mendapatkan hak intelektual nama grup

Sumber: KIPRIS Korea

"Setiap hari adalah hari kebebasan iKON! iKON sekarang memiliki hak penuh atas grupnya, SETIAP anggota memiliki hak RESMI atas merek dagang iKON, tidak ada hak milik orang lain. Mereka mungkin telah kehilangan beberapa lagu dari YG yang tidak akan pernah bisa diputar/dirilis tetapi mereka mendapatkan kebebasan🔥 Idol Kpop harus belajar dari para pejuang ini 💪," ungkap salah seorang penggemar di Twitter. "Bekerja dalam diam dan tetap menang ❤️‍🔥 ini iKON 🔥😘," beber lainnya.

Beberapa waktu lalu, INFINITE yang berhasil mendapatkan nama grup mereka jelang comeback. CEO Wollim Entertainment dikabarkan memberikannya sebagai hadiah usai sang leader Sunggyu menemuinya untuk meminta izin menggunakan nama grup. Kini, INFINITE mempunyai agensi sendiri untuk mengelola karier mereka sebagai grup. Sebelum iKON dan INFINITE, GOT7 juga berhasil mengambil nama grup mereka dari JYP Entertainment.

Sementara itu, perpindahan hak milik nama grup untuk grup idol mempunyai jalan yang sulit. Kabarnya, Korea Selatan mempunyai syarat semua member harus keluar dari agensi debut mereka demi mengambil nama grup. Itulah sebabnya banyak grup yang akhirnya debut ulang dengan nama berbeda ketika keluar agensi karena tidak semua member tak memperpanjang kontrak. Misalnya, HIGHLIGHT yang debut ulang dengan nama baru alih-alih menggunakan BEAST.

(wk/alfa)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru