Oscar Lawalata Tuai Kontroversi Masuk Nominasi Aktris Terbaik FFI 2023, Reza Rahadian Buka Suara
Instagram
Selebriti

Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra jadi satu-satunya transpuan yang dinominasikan dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFi 2023. Sontak saja hal ini memicu pro kontra.

WowKeren - Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra dikabarkan masuk dalam nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Kabar ini sontak memunculkan pro kontra di masyarakat, mengingat Asha menjadi satu-satunya transpuan diantara para nominator.

Asha dinominasikan dalam kategori tersebut berkat aktingnya di film "SARA". Terkait hal ini, Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2022-2023 akhirnya angkat bicara. Ia menegaskan bahwa nominasi tersebut bukanlah ketentuan dari para dewan juri, melainkan merupakan usul dari produser film itu sendiri.

"Pertanyaan kedua soal Asha, seorang transpuan. Kami di komite itu selalu mendapatkan daftar aktor aktris baik pendukung maupun utama itu melalui penuh keputusan produser. Jadi keputusan itu adanya bukan di komite, tetapi produser yang mendaftarkan," ungkap Reza konferensi pers, Kamis (2/11) kemarin.

Soal Asha yang didaftarkan dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Reza menegaskan bahwa itu adalah hak dari pihak film. Pihak Komite FFI hanya memberikan formulir kepada setiap produser untuk menuliskan nama-nama dan kategori aktor yang ingin diajukan.


"Itu terserah produser, jadi kami hanya memberikan form, diisi oleh produser. Nama aktor-aktor, aktris-aktris yang ada di film itu mau didaftarkan di wilayah kategori yang mana. Jadi menurut saya itu sudah cukup clear, Asha didaftarkan pada pemeran utama wanita, perempuan dan itu yang kami terima," jelasnya.

Tak lama setelahnya, nama Asha akhirnya disetujui dan diumumkan oleh pihak FFI 2023 setelah cukup dipilih oleh beberapa akademi. Dengan begini, Reza merasa sudah tidak ada masalah lagi soal Asha yang masuk ke dalam nominasi bersama para aktris perempuan terkenal lainnya.

"Dan kami umumkan ketika namanya sudah ada di vote oleh cukup banyak oleh akademi juga, sehingga memasuki urutan menjadi salah satu nomine di dalam pemeran utama wanita terbaik," pungkas Reza.

Diketahui, Asha sendiri nantinya akan melawan nama-nama besar dalam kategori tersebut. Sebut saja Aurora Ribero ("Like & Share"), Jajang C. Noer ("Onde Mande"), Laura Basuki ("Sleep Call"), dan Sha Ine Febriyanti ("Budi Pekerti"). Adapun Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan berlangsung pada 14 November mendatang.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait