Oscar Lawalata Bagi Wejangan di Tengah Kontroversi Transpuan Masuk Nominasi Aktris Terbaik FFI 2023
Instagram/oscarlawalata
Selebriti

Masuknya Oscar Lawalata alias Asha Smara Darra dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2023 menuai kontroversi karena menjadi satu-satunya transpuan dalam nonimasi tersebut. Simak reaksi bijak yang disampaikan Asha kini.

WowKeren - Oscar Lawalata atau yang kini juga dipanggil Asha Smara Darra akhirnya muncul usai dirinya masuk dalam nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2023. Ia dinominasikan berkat perannya di film “SARA”. Sayangnya, hal ini justru memicu pro dan kontra lantaran Oscar menjadi satu-satunya transpuan dalam nominasi tersebut.

Melalui unggahan di Instagramnya pada Minggu (13/11), Oscar pun memberikan tanggapannya. Ia mengunggah tangkapan layar beragam artikel yang membahas mengenai dirinya masuk nominasi Aktris Terbaik FFI 2023 ini sekaligus kontroversi yang bermunculan. Alih-alih tersinggung, Oscar justru menanggapi bijak dengan membagikan sebuah wejangan.

Ia berbagi nasihat mendalam tentang bagaimana seseorang harus bangga dengan dirinya sendiri. Oscar seolah mengisyaratkan untuk fokus pada diri sendiri.

Sayangku, banggalah dengan siapa dirimu ~ Dan tidak malu dengan cara orang lain melihatmu. Itu suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kemanusiaan,” tulis Oscar atau Asha dalam Bahasa Inggris melalui caption.

Oscar Lawalata Bagi Wejangan di Tengah Kontroversi Transpuan Masuk Nominasi Aktris Terbaik FFI 2023

Instagram


Unggahan Oscar dengan cepat mendapatkan respons hangat dari publik. Mereka ikut membela Oscar dari pro dan kontra yang bermunculan usai namanya berhasil masuk nominasi Aktris Terbaik FFI 2023.

Sementara itu, sebagian besar netter lainnya pun memberikan ucapan selamat dan dukungan. Mereka fokus memuji Oscar dengan segudang karya dan bakatnya.

Yes. Bangga, jangan lagi mempermasalahkan gender pada abad ini. Jika positif dlm [sic!] berkarya, sah saja kok proud of you, Asha,” tutur akun @ky*****di. “Sara hidup karna hatimu, karna cintamu, terimakasih sudah berjuang untuk Sara. Aways proud of you,[sic!]” ujar akun @li*****ni.

Proud of you Asha...!!!” sahut akun @do****ra. “Aku bangga sama kamu Asha! Rooting for you darling,” timpal akun @ma******is.

Terkait kontroversi ini, Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2022-2023 pun telah buka suara. Ia menjelaskan alur pendaftaran setiap nominasinya hingga terpilih nama-nama yang masuk dalam setiap kategori. “Itu terserah produser, jadi kami hanya memberikan form, diisi oleh produser. Nama aktor-aktor, aktris-aktris yang ada di film itu mau didaftarkan di wilayah kategori yang mana. Jadi menurut saya itu sudah cukup clear, Asha didaftarkan pada pemeran utama wanita, perempuan dan itu yang kami terima,” terang Reza dalam konferensi pers pada Kamis (2/11) lalu.

(wk/sept)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait