Birthday Spotlight: Happy The8 SEVENTEEN Day
Twitter/pledis_17
Selebriti

The8 SEVENTEEN telah menginjak usia baru sejak 7 November lalu. Simak perjalanan karier lengkap idol serba bisa yang baru saja mendebutkan lukisannya di galeri London ini.

WowKeren - The8 SEVENTEEN (II) baru merayakan ulang tahun ke-26 pada Selasa (7/11). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup idol serba bisa ini.

Sebagai member SEVENTEEN, The8 dikenal menonjol dengan kemampuannya menari dan sikapnya yang blak-blakan. Beberapa kali The8 secara terang-terangan menolak gagasan hubungan parasosial antara idol dan fans, berbeda dengan para idol lainnya.


The8 juga terkenal dengan citra artsy yang gemar mengeksplor soal kesenian. Tak hanya punya kemampuan menyanyi dan menari, pemilik nama Korea Seo Myungho ini juga hobi melukis dan membaca. Ia juga dikenal sebagai member yang rutin bermeditasi.

Tanpa perlu menunggu lagi, yuk simak perjalanan karier The8 sejak sebelum debut hingga menjadi member salah satu boy grup paling terkenal saat ini.

(wk/inta)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

The8 dilahirkan dengan nama Xu Minghao di Haicheng, Liaoning, Tiongkok pada 7 November 1997. Ia tumbuh sebagai anak tunggal dan bersekolah di Akademi Musik Kontemporer, Beijing.

Sebelum debut, The8 sempat muncul dalam beberapa program Tiongkok untuk memamerkan keterampilan dalam menari. Usai ikut beberapa kompetisi, The8 keluar sebagai 8 besar di Lomba Tari Dunia Shanghai ke-6 yang diadakan dari 27 hingga 30 April 2012.

Selain menari, The8 menguasai Wushu sejak berusia 5 tahun. Ia meninggalkan Tiongkok untuk menjadi trainee di Pledis Entertainment selama setahun lima bulan. The8 ingin menjadi idol sejak sering kali menonton acara pencarian bakat di Tiongkok.

Pada 2014, The8 membuat penampilan pertamanya di “Seventeen TV”. Bergabung belakangan, The8 langsung masuk line-up debut dan mempersiapkan kariernya bersama SEVENTEEN.

2. Debut


Debut
Twitter/pledis_17

The8 debut bersama SEVENTEEN pada 26 Mei 2015. Karier mereka dimulai dengan showcase yang menjadi puncak dari program "SEVENTEEN Project: Big Debut Plan" sejak awal Mei dan ditayangkan di MBC. Penampilan ini membuat mereka menjadi boy grup pertama yang menayangkan showcase debut di televisi.

The8 dan SEVENTEEN memulai awal yang kuat usai merilis "17 Carat" dan menjadi album K-Pop yang paling lama bertahan di chart Amerika Serikat. Mereka pun satu-satunya album rookie yang muncul di Best 10 K-Pop Album Billboard 2015.

Beberapa bulan setelahnya, SEVENTEEN merilis EP kedua "Boys Be" yang dengan cepat menjadi album rookie dengan penjualan tertinggi kala itu. Kesuksesan EP ini mendapatkan penghargaan Golden Disk Awards, Seoul Music Awards dan Gaon Chart K-Pop Awards.

Selama di grup, The8 tergabung dalam Performance Team atau Popo Team bersama dengan Hoshi, Jun dan Dino. Mereka berempat bertanggung jawab untuk koreografi grup dan aksi mereka di atas panggung.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Twitter/pledis_17

Saat ini, The8 bersama SEVENTEEN sedang berada di puncak karier usai merilis mini album ke-11 “SEVENTEENTH HEAVEN” pada 23 Oktober. SEVENTEEN berhasil mendulang penjualan sebanyak 5,01 juta di minggu pertama setelah dirilis. Mereka juga menjadi boy grup pertama yang menempati MelOn Top 10 sepanjang 2023.

Sejak debut, SEVENTEEN lekat dengan julukan “self producing idols” yang membuat musik dan koreografi mereka. Karena Pledis Entertainment hampir bangkrut, mereka mengerahkan kemampuan untuk menghasilkan musik dan koreografi sendiri. Dalam hal ini, The8 ikut berpartisipasi dalam pembuatan koreografi.

SEVENTEEN meraih kemenangan pertama mereka dengan "Pretty U" dari album "Love & Letter". Meski karier sejak debut tergolong stabil, album "You Make My Day" adalah batu lonjakan penting dalam karier mereka pada 2018 lalu.

Pada Januari 2019, SEVENTEEN merilis "You Made My Dawn" kemudian lagu utama "Home" menjadi sangat populer dan memenangkan 10 trofi acara musik. Bahkan lagu ini membuat mereka mendapatkan dua triple crown. Kesuksesan mereka berlanjut saat merilis "An Ode" yang dianugerahi Daesang 2019.

SEVENTEEN mulai mendapatkan pengakuan internasional pada 2020. Mereka sukses menaklukkan Jepang dengan single "Fallin' Flower" yang berada di puncak Billboard's Japan Hot 100 Chart. Di tahun yang sama, mereka menggelar tur "Ode To You" yang digelar di 8 negara antara lain Korea Selatan, Jepang, Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, dan Filipina.

Selain berpartisipasi dalam koreografi, The8 juga muncul dalam MV SEVENTEEN seperti "Adore U", "Mansae", "Pretty U", "Very Nice", "Boom Boom", "Don't Wanna Cry", "Clap", "Thanks", "Oh My!", "Getting Closer", "Home", "Hit", "Fear", "Left & Right", "Home; Run", "Ready to Love". "Rock with You", "Hot", "Darl+ing","_World", "Super", "F*ck My Life", dan “God of Music”.

Selama 2022, SEVENTEEN mulai menggelar tur "Be The Sun" yang sukses besar dan mendapat penghargaan konser terbaik E-Daily Culture Awards. Sedangkan pada 2023, grup ini mencatat penjualan album terbanyak dengan "FML" lebih 6 juta copy dan “SEVENTEENTH HEAVEN” berada di urutan setelahnya.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Instagram/balmain/xuminghao_o/YouTube/HYBELABELS

Selain bersama SEVENTEEN, The8 juga aktif sebagai artis solo. Pada 2019 lalu, The8 menjadi salah satu tutor tari di program audisi Tiongkok yang bertajuk “Youth With You”.

The8 melakukan debut solonya dengan merilis single “Dreams Come True” pada 9 Juni 2019. Kemudian ia aktif merilis lagu seperti “Falling Down”, “Side by Side”, dan single Tiongkok “Hai Cheng”.

Tak sampai di sana saja, The8 juga telah memamerkan 11 lukisannya untuk dipajang di Saatchi Gallery London. Lukisan karya The8 mulai dipamerkan dalam acara “StART Art Fair” pada 11 Oktober lalu.

5. Kontroversi


Kontroversi
YouTube/썰플리

Sepanjang kariernya, The8 hampir tidak pernah terlibat kontroversi. Namun, ia pernah tersandung masalah karena dinilai melontarkan komentar fatphobic saat menghadiri acara bincang-bincang dengan Lee Seok Hoon.

Kala itu, The8 berkata, “Kamu harus berhenti makan jika kamu mencintai dirimu sendiri. Kamu harus berolahraga, jika kamu gemuk kamu seharusnya mengurangi berat badan untuk tetap sehat.”

Ucapan The8 mendapatkan respons beragam dari beberapa pihak kala itu. Sebagian netizen tidak setuju dengan pendapat The8 yang dinilai tidak mendukung gerakan body positivity. Sedangkan, sebagian netizen lain setuju dengan The8 bahwa seseorang harus menjaga tubuhnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Official SBS

The8 dan SEVENTEEN telah selesai promosi “SEVENTEENTH HEAVEN”. Lagu mereka “God of Music” setidaknya telah memenangkan trofi acara musik mingguan sebanyak lima kali per Sabtu (11/11).

The8 berpartisipasi dalam tur SEVENTEEN bertajuk “Follow” yang sudah dibuka di Seoul sejak Juli 2023. Kemudian mereka tampil di Tokyo Dome sebagai pembuka dome tour Jepang. Aktivitas mereka di Jepang berlanjut dengan rilis album “Always Yours” pada Agustus 2023 lalu.

Setelah ini, The8 dan SEVENTEEN akan melanjutkan tur “Follow” di beberapa kota di Jepang. Mereka juga akan mampir di beberapa negara Asia seperti Thailand, Filipina, dan Tiongkok.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru