10 Pesona Nafa Urbach Saat Lestarikan Budaya Jawa
Selebriti

Nafa Urbach merupakan salah satu aktris yang pesonanya tak pernah redup. Blasteran Belanda, Jerman dan Indonesia, mantan istri Zack Lee ini sangat mencintai budaya Jawa. Ia pun sering kali memakai kebaya hingga ikut acara tradisional.

WowKeren - Belakangan ini viral seorang artis inisial N yang diamankan oleh polisi karena dicurigai memakai obat-obatan terlarang. Nama Nafa Urbach terseret dan dibenarkan oleh pihak kepolisian. Akan tetapi, mantan istri Zack Lee itu dibebaskan setelah diperiksa lantaran mengonsumsi obat tersebut berdasarkan resep dokter.

Menanggapi pemberitaan yang beredar, Nafa akhirnya memberikan penjelasan melalui unggahan Instagram miliknya. Aktris berusia 43 tahun itu mengaku sudah tua dan tidak memiliki waktu untuk banyak tingkah. Nafa juga menyentil adanya dugaan framing dan penggiringan opini.

Di luar itu, pemilik nama Nafa Indria Urbach merupakan salah satu aktris yang pesonanya tak pernah redup. Kecantikannya tak meluntur hingga usianya kini mencapai 43 tahun. Apalagi ia begitu memesona tatkala melestarikan budaya Jawa. Seperti apa?

(wk/rosi)

1. Ikuti Pesta Rakyat Nyadran


Ikuti Pesta Rakyat Nyadran
Instagram/nafaurbach

Nafa tampak mengikuti Nyadran, merupakan salah satu tradisi yang masih lekat dalam kehidupan masyarakat Jawa. Nafa merayakannya bersama dengan masyarakat Dusun Giyanti Desa Kadipaten Kabupaten Wonosobo.

Ia memakai kebaya hitam bunga-bunga dan dandan cantik memakai sanggul. Membaur dengan warga, Nafa beramah tamah dan dekat dengan warga sekitar. Diketahui, Nafa saat ini menjadi salah satu bacaleg NasDem pada Dapil Jawa Tengah VI. Sehingga ia sering kali berinteraksi dengan masyarakat di daerah sana.

2. Lestarikan Kebaya


Lestarikan Kebaya
Instagram/nafaurbach

Nafa merupakan aktris blasteran putri dari pasangan Ronald Walter Urbach dan Neneng Kusuma. Ia memiliki darah keturunan Belanda, Jerman, dan Jawa. Tak ayal, mantan Primus Yustisio ini kerap berpakaian memakai kebaya. Ia acap kali memakai kebaya jenis Kutu Baru hingga Janggan kemudian memadukannya dengan batik.

3. Ajarkan Anak Budaya Jawa


Ajarkan Anak Budaya Jawa
Instagram/nafaurbach

Menikah dengan Zack Lee, Nafa melahirkan anak perempuan yang bernama Mikhaela Lee Jowono.  Kecintaannya pada bada budaya Jawa diturunkan kepada putri semata wayangnya itu. Bagi aktris kelahiran 15 Juni 198 ini mengetahui adat dan budaya dari keturunannya merupakan hal yang penting. Sejak kecil, Mikha pun belajar bahasa Jawa dari sang ibu. Selain itu, Nafa juga mengajak anaknya itu untuk lebih mengenal budaya-budaya Jawa saat kunjungan ke warga.

4. Tak Terima Insiden 'Kebaya Merah'


Tak Terima Insiden 'Kebaya Merah'
Instagram/nafaurbach

Video tidak senonoh "Kebaya Merah" sempat menghebohkan publik pada November 2022 lalu. Nafa pun buka suara menyayangkan pemberitaan yang membuat kebaya sebagai pakaian khas perempuan Indonesia menjadi tercoreng. Ia menyesalkan citra kebaya yang selama ini berusaha diangkat menjadi tercoreng. Ditakutkan pula karena hal tersebut, para perempuan nantinya akan malu untuk memakai kebaya.

5. Berbahasa Jawa dalam Berbagai Kesempatan


Berbahasa Jawa dalam Berbagai Kesempatan
Instagram/nafaurbach

Bukan sekadar omongan belaka, Nafa memang mencintai budaya Jawa. Ia biasanya berbicara dengan bahasa Jawa dalam pidatonya atau ketika berinteraksi dengan masyarakat. Tidak hanya itu, kakak Alam Urbach ini juga menuliskan keterangan di Instagram menggunakan bahasa Jawa.

6. Tonton Kesenian Reog dan Campursari


Tonton Kesenian Reog dan Campursari
Instagram/nafaurbach

Cinta kebudayaan Jawa, Nafa menyempatkan waktu untuk menonton pertunjukan Reog Singo Mudo di padepokan NING ROSO SEJATI. Ia tidak bisa menahan rasa kagum melihat atraksi Reog. Selain atraksi menegangkan seperti Reog, Nafa juga menyukai Gendhis Campursari. Ia mengaku senang bisa satu panggung dengan penggiat seni itu.

7. Menari Tradisional Bersama Warga


Menari Tradisional Bersama Warga
Instagram/nafaurbach

Sedari kecil, Nafa sangat suka menonton pertunjukan kesenian. Sehingga saat pulang ke Jawa ia merasa sangat seru karena bisa kembali menyaksikan pertunjukan tersebut. Pada kesempatan di atas, Nafa pun bahagia bisa kembali menari dengan warga Wonosobo.

8. Main Alat Musik Gender


Main Alat Musik Gender
Instagram/nafaurbach

Gender adalah alat musik pukul logam yang menjadi bagian dari perangkat gamelan Jawa dan Bali. Tak disangka, jika Nafa yang dikenal sebagai penyanyi pop ternyata bisa memainkan alat musik tradisional ini. Banyak yang kagum akan ibu satu anak ini yang melestarikan alat musik tradisional.

9. Dukung Kelestarian Ragam Budaya


Dukung Kelestarian Ragam Budaya
Instagram/nafaurbach

Pada Juli lalu, Nafa sempat berkunjung ke Sanggar Purwalaras yang berada di desa Dewi, Purworejo. Di sana, ia mengaku bangga dengan anak-anak kecil yang melestarikan budaya pewayangan di sana. Dengan melihat budaya-budaya Jawa, ia seolah bernostalgia dan merasakan sesuatu yang disebut "rumah".

10. Tertarik dengan Lukisan Jawa


Tertarik dengan Lukisan Jawa
Instagram/nafaurbach

Bertandang ke suatu desa, Nafa justru lebih tertarik dengan salah satu karya seninya yakni lukisan. Terlebih lukisan tersebut bergambar tokoh pewayangan dan perempuan berkebaya yang anggun. Nafa tampak antusias memperhatikan lukisan tersebut. Seperti biasa, ia juga memakai kebaya memperlihatkan kecintaannya pada pakaian adat Jawa itu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru