Baru Dirilis, Kanye West Sebut Judul Albumnya Terinspirasi dari Alkitab
Musik

Menurut Kanye, judul album barunya mencerminkan kebaikan, keburukan serta kebingungan manusia dalam segala aspek.

WowKeren - Kanye West baru saja merilis album terbaru bertajuk "Ye" pada 31 Mei lalu. Memilih judul yang terbilang unik, Kanye menyebut punya alasan tersendiri menggunakan "Ye" sebagai tajuk album barunya ini.

Bukan hanya berasal dari namanya sendiri, rupanya Kanye menyebut "Ye" terinspirasi dari Alkitab. Hal ini diungkapkan oleh suami Kim Kardashian tersebut saat berbincang dengan radio Big Boy dalam acara listening party yang diadakan di Wyoming, Amerika, pada akhir bulan lalu.

"Aku percaya 'Ye' adalah kata yang paling umum yang ada di dalam Bibel (Alkitab), dan di Bibel ini bermakna 'kau'," kata Kanye dilansir Independent pada Senin (4/6).

Menurut Kanye, kata "Ye" juga merujuk pada semua orang. "Ye" juga bisa mencerminkan kebaikan, keburukan serta kebingungan manusia dalam segala aspek.

"Jadi aku itu kau, aku itu kita, ini kita. 'Ye' juga berasal dari 'Kanye', yang berarti satu-satunya, hanya untuk 'Ye'. Hanya berupa refleksi dari kebaikan kita, keburukan kita, kebingungan kita, segalanya. Album ini lebih ke cerminan siapa diri kita," lanjut Kanye.


Album "Ye" yang dirilis Kanye melalui listening party di Wyoming itu juga menjadi buah bibir. Bukan hanya karena "Ye" menjadi karya barunya dalam dua tahun terakhir, namun juga fakta personal yang ia angkat pada album tersebut.

Album yang terdiri dari tujuh lagu tersebut berisi pengakuan Kanye terkait penyakit mental yang ia alami. Mulai dari gangguan bipolar, penggunaan obat-obatan terlarang, hingga keinginan untuk bunuh diri. Misalnya pada lagu "I Thought About Killing You" atau "Yikes" yang menceritakan bahwa ia melawan bisikan-bisikan jahat dalam dirinya.

"Aku merasa diberkati dan sangat istimewa karena berpikir tentang orang-orang yang memiliki masalah kejiwaan selain diriku, mereka tidak dapat melakukan sesuatu seperti membuat (album) yang membuat dirimu merasa semua baik-baik saja," imbuh Kanye.

Dalam wawancara tersebut, terungkap fakta bahwa Kanye sempat mengganti nada dalam sejumlah lagu di album ini. Big Boy mengungkapkan bahwa lagu dari album "Ye" berbeda dengan yang ia dengar saat mengunjungi sang rapper ketika masih dalam proses penggarapan.

Kanye pun tak menampik dan mengakui hal tersebut. Rapper berusia 40 tahun ini menyebut ada penyesuaian antara mood yang ia rasakan untuk album itu dengan nada lagu di dalamnya. "Aku ingin sesuatu yang cocok dengan energinya," pungkas Kanye.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait