Tarik Simpati Warga, TPS di Pacitan dan Bekasi Buat Photo Booth untuk Pelaksanaan Pilkada Serentak
Nasional

Ide membuat photo booth ini juga dimaksudkan untuk menarik minat sekaligus meningkatkan partisipasi para pemilih pemula.

WowKeren - Pada Rabu (27/6), beberapa daerah di Indonesia menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah secara serentak. Total ada 171 daerah di Indonesia yang menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut untuk memilih pemimipin mereka.

Demi membuat warga antusias menyalurkan hak suaranya, beberapa TPS berlomba-lomba untuk merealisasikan ide menarik mereka. Selain menghiasi TPS dengan pernak-pernik unik, beberapa TPS juga terlihat menyediakan tempat berfoto ria bagi para pemilih yang telah menyalurkan hak suara mereka.

Seperti dilansir Detik pada Rabu (27/6), sebuah TPS di Pacitan Jawa Timur sengaja menyediakan photo booth untuk memfasilitasi para pemilih yang ingin berswafoto. Para pemilih di TPS ini nantinya bisa memamerkan jari kelingking mereka yang telah bertinta ungu ke media sosial.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS 03 Lingkingan Krajan, Donorojo, Pacitan, Agung Nugroho, mengatakan bahwa ide tersebut dimaksudkan agar pemilih memiliki kenang-kenangan usai menyoblos. "Setelah mereka (pemilih) mencoblos dengan ditandai tanda tinta di jari, mereka bisa ambil foto di sini sehingga mereka punya kenangan sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu," ujar Agung.

Selain dimaksudkan untuk menjadi kenang-kenangan, ide photo booth ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Diketahui, tren foto semakin merebak dengan meningkatknya popularitas media sosial seperti Instagram.

Salah satu pemilih di TPS O3 mengaku senang dengan ide tersebut. Apalagi, selain menyediakan photo booth, TPS tersebut juga memberikan minuman gratis bagi warga yang sedang menunggu antrean.

"Dengan fasilitas seperti ini masyarakat bisa lebih antusias mencoblos," ungkap Nur Handayani, pemilih di TPS 03. "Yang jelas lebih tertarik ya karena ada tempat selfie terus ada minum gratis juga.".

Tak hanya di Pacitan, warga Kota Bekasi yang menggunakan hak pilihnya di TPS 01 Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan juga antusias berpartisipasi dalam Pilkada serentak ini. Di sana, panitia sengaja menyiapkan beberapa pernak-pernik unik khas Betawi yang bisa digunakan para pemilih untuk berfoto ria. Tak ketinggalan sebuah photo booth bertemakan Instagram juga dipasang.

Diketahui, TPS 01 Kota Bekasi tersebut merupakan tempat calon Wali Kota Bekasi, Rahmad Effendi, menggunakan hak pilihnya. Warga semakin antusias untuk berfoto di booth yang sama dengan yang digunakan Rahmad Effendi bersama istrinya usai menggunakan hak pilihnya.

You can share this post!

Related Posts