Dikabarkan Tenggelam, Kemenhub: KM Lestari Maju Sengaja Dikandaskan Nahkoda
Nasional

KM Lestari Maju kandas membawa 139 penumpang dan 48 kendaraan di perairan Selayar, Kabupaten Bulukamba, Sulawesi Selatan.

WowKeren - Belum usai perhatian publik tersedot pada insiden tenggalamnya kapal penyebrangan Sinar Bangun, sebuah kapal penyebrangan bernama KM Lestari Maju kembali mendapatkan sorotan. Kapal penyebrangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukamba, ke Pelabuhan Pramata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan tersebut dikabarkan tenggelam pada Selasa (3/7).

Menurut informasi, kapal penyebrangan tersebut mengangkut 139 penumpang dan 48 kendaraan. Insiden tersebut terjadi di perairan Selayar, Kabupaten Bulukamba, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 14.30 Wita. Penyebab kandasnya kapal tersebut diduga karena kebocoran yang terjadi di lambung kapal.

"Manifes kapal ada 139 orang penumpang dan 48 kendaraan," jelas Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dilansir Detik pada Selasa (3/7). "Diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam.".

Sementara itu, dalam beberapa video yang beredar di media sosial menunjukkan detik-detik KM Lestari Maju tersebut sebelum kandas. Beberapa penumpang memang terlihat sudah siap mengenakan jaket keselamatan dan bersiap untuk menyelamatkan diri.

Geser untuk videonya ⬅⬅⬅⬅ Detik-detik saat penumpang panik dan mencari pelampung untuk menyelamatkan diri. . Kapal Feri Lestari Maju yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, ke Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, dikabarkan tenggelam, Selasa (3/7/2018) siang. . KM Lestari Maju dikabarkan tenggelam di depan Ujung Pa’badilang, Kabupaten Selayar, saat hendak berlabuh. KM Lestari Maju tenggelam lantaran mengalami kebocoran pada lambung kapal. . Saat ini masih dalam tahap evakuasi para korban. Mari semuanya, kita doakan agar para korban semuanya bisa selamat dan selalu dalam lindungan Tuhan. Aamiin . Follow @mak_nyinyiir Tekan ❤, punya info menarik ? Jangan lupa Tag or Mention Mak yaa ! Like, Komentar, dan Tag temanmu untuk info menarik lainnya !

A post shared by MAK NYINYIR (@mak_nyinyiir) on

Menyusul beberapa pemberitaan terkait KM Lestari Maju tersebut, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa kapal tersebut memang sengaja dikandaskan dan bukannya tenggelam. "Laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk dan oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus H Purnomo, dalam siaran pers dilansir Kompas.

Agus menyebutkan bahwa seluruh penumpang kapal sudah mengenakan jaket keselamatan dan mengikuti prosedur keselamatan. "Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu kru kapal," tambah Agus.

Loading...

You can share this post!

Related Posts