7 Langkah Kenali Bentuk Payudara dan Pilih Bra yang Sesuai
Health

Mengetahui jenis dan ukuran payudara dapat menentukan pilihan bra yang tepat dan nyaman untuk digunakan.

WowKeren - Memilih bra merupakan pekerjaan yang dibilang mudah namun cukup rumit. Pasalnya sebagai wanita tidak bisa sembarang memilih bra karena dapat menimbulkan ketidak nyamanan pada payudara. Sebelum memilih bra yang tepat, alangkah baiknya mengenali ukuran dan jenis payudara yang dimiliki. Karena pada dasarnya semua wanita memiliki tipe jenis dan ukuran payudara yang berbeda sehingga membutuhkan perlakuan khusus.

Pertama-tama kalian harus mengetahui ukuran payudara masing-masing. Cara mengetahui ukuran bisa melalui dua jenis pengukuran. Pertama, ukuran lingkar rusuk yaitu lingkar tepat dibawah payudara. Kedua, ukuran lingkar dada, yaitu lingkar yang melewati puting kalian. Cara ini dikutip dari buku It's A Girl Thing karya Lisa Clark. Lingkar rusuk 70 adalah ukuran 32, 75 untuk ukuran 34, 80 berarti ukuran branya mencapai 36 dan seterusnya.


Untuk menentukan cup A, B. C dan D bisa diketahui melalui lingkar dada. Untuk ukuran 32AA yang terkecil adalah dengan lingkar dada 83cm. 32 A, dengan lingkar dada 85 cm, 32C untuk ukuran dada 88 cm dan seterusnya. Lingkar dada terkecil ukuran 34 adalah 85 cm, sedangkan ukuran 36 adalah 90 cm.

Setelah mengetahui ukuran payudara, kalian wajib mengetahui jenis-jenisnya demi menjatuhkan pilihan pada bra yang benar. Ada tujuh jenis payudara beserta bra yang cocok untuk digunakan. Simak yuk apa saja jenisnya.

(wk/Kres)

1. East West (Timur Barat) - Sport Bra dan T-Shirt Bra


East West (Timur Barat) - Sport Bra dan T-Shirt Bra

Seperti namanya Timur dan Barat, payudara jenis ini memiliki kecenderungan puting yang menghadap keluar dan saling berlawanan. Sehingga menyisakan banyak celah di bagian tengahnya. Jika memakai bra sembarangan, celah di tengah itu akan membuat tampilan menjadi kurang menarik. Kalian bisa menggunakan bra yang dapat menarik payudara ke tengah sekaligus mengangkat ke atas sehingga terkesan memiliki payudar penuh.

Untuk jenis payudara ini, cocok menggunakan sport bra karena rapat dan nyaman. Meskipun jarang menggunakan kawat sport bra bisa memberikan efek yang bagus untuk jenis east west. Hampir sama dengan sport bra, T-Shirt bra juga memiliki efek sama, namun bedanya tali pada bra ini lebih kecil dibandingkan sport bra dan bentuknya terkesan lebih feminin.

2. Slender - Bra with Padding


 Slender - Bra with Padding

Payudara jenis ini sebenarnya sangat mudah untuk disiasati dengan bentuknya yang kecil dan ramping. Namun untuk memberikan efek yang menawan pada payudara kalian bisa menggunakan bra dengan padding (bantalan). Hal itu untuk memberikan kesan padat dan penuh. Karena bentuknya yang ramping, dan kurus, biasanya memiliki celah di bagian tengah. Sehingga disarankan untuk menggunakan push up bra untuk tampilan maksimal.

3. Tear Drop - Push Up Bra


Tear Drop - Push Up Bra

Payudara jenis ini memiliki bagian bawah yang lebih penuh daripada bagian atas. Namun bentuknya lebih bulat sehingga sedikit mudah menemukan bra yang cocok untuk si tear drop. Push up bra dengan padding yang tidak terlalu tebal juga cocok untuk payudara jenis ini. Yang penting memiliki efek untuk menaikkan payudara, sehingga tampak penuh dan padat.

4. Bell Shape - Full Support Bra


Bell Shape - Full Support Bra

Payudara jenis ini juga biasa disebut payudara lonceng, karena bentuknya benar-benar mirip lonceng dengan bagian atas ramping dan bagian bawah penuh dan bulat. Bentuk bulat dan penuhnya ini terkesan lebih besar dibanding dengan jenis tear drop. Karena bagian bawahnya sangat penuh, maka dibutuhkan penyangga yang kuat.

Disarankan untuk memilih jenis bra dengan kawat yang bisa menyangga namun juga pas dan tidak menekan payudara. Kalian juga bisa menggunakan full support bra yang dapat menutup penuh payudara serta memberikan penyangga yang aman untuk payudara jenis lonceng ini.

5. Asymetric - Bra dengan Padding Lepas


Asymetric - Bra dengan Padding Lepas

Sebagian mungkin menyadari jika memiliki payudara yang besar sebelah, namun untuk kasus payudara asimetris ini, perbedaaannya sangat mencolok. Sehingga perlu perlakuan khusus agar payudara terkesan sama besarnya dan tidak membuat si empunya merasa tidak percaya diri.

Untuk payudara jenis ini, disarankan menggunakan bra dengan padding yang bisa dilepas. Jadi gunakan padding pada payudara yang lebih kecil karena memang kegunaan utamanya untuk menyeimbangkan.

6. Round - Semua Jenis Bra


Round - Semua Jenis Bra

Payudara bulat ini merupakan impian para wanita, selain bentuknya yang indah kalian juga tidak perlu repot memilih jenis bra untuk dipakai. Asal ukurannya tepat dan terbuat dari bahan yang nyaman dan aman. Bentuk dari payudara round atau bulat ini memiliki kesan padat dan tidak terdapat jarak di bagian tengah. Payudaranya juga tidak turun, namun seimbang.

Untuk yang memiliki payudara bulat dengan ukuran besar, hindari menggunakan bra yang memiliki padding. Hal tersebut akan membuatnya makin penuh dan malah terkesan tidak nyaman. Hindari juga pemakaian bra dengan kawat untuk sehari-hari. Pemilik payudara seperti ini juga bisa menggunakan wireless bra (tanpa tali), karena tidak khawatir akan turun.

7. Side Set - Plunge Bra


Side Set - Plunge Bra

Bentuk payudara ini lumayan mirip dengan east west namun bedanya putingnya tidak terlalu menjorok keluar dan memiliki bentuk lebih padat. Hal yang sama adalah terdapat celah di bagian tengah, sehingga perlakuannya pun juga sama yaitu harus menggunakan bra yang dapat menutupi bagian tengah. Selain itu karena bentuknya yang padat, bra yang memiliki kawat juga disarankan, dengan catatan yang nyaman dan tidak menekan payudara.

Bra jenis plunge bra sangat cocok untuk jenis payudara satu ini, karena secara penuh dapat melingkupi bagian payudara bawah dan samping. Serta memberikan efek untuk mengangkat payudara sehingga nampak lebih padat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru