Lezat dan Bikin Ngiler, 7 Variasi Kuliner Bakso Ini Punya Bentuk yang Unik Banget
Kuliner

Bukan bulat seperti bola pimpong biasa, kuliner bakso dengan bentuk unik ini wajib kamu coba.

WowKeren - Bakso, siapa yang belum mengenal kuliner satu ini. Rasanya yang begitu lezat banyak digemari orang-orang Indonesia. Bahkan, kuliner bakso ini juga sudah merambah peminat hingga ke luar negeri.

Berdasarkan keterangan di Wikipedia Indonesia, bakso merupakan salah satu jenis kuliner perpaduan Tionghoa dan Indonesia. Dalam bahasa Hokkien, Bak-So berarti "daging giling". Kuliner bakso biasa dipadukan dengan kuah kaldu sapi yang lezat dan dilengkapi dengan berbagai sajian pelengkap seperti mie dan juga sayuran.


Tak hanya daging giling biasa, variasi bakso di Indonesia juga sangat banyak. Selain bakso halus yang umum dijual di pasaran, ada pula bakso urat, bakso ikan, bakso udang, bakso ayam, maupun bakso-bakso khas yang menampilkan beberapa wilayah di Indonesia. Bakso Malang dan Bakso Solo adalah dua jenis kuliner bakso yang begitu terkenal di Indonesia.

Namun, jika kamu bosan dengan bentuk bakso yang bulat dan begitu-begitu saja, orang Indonesia tak kekurangan bentuk kreativitas mereka. Ada juga nih beberapa penjual yang sengaja membuat bentuk bakso mereka tak biasa.

Sangat menarik untuk dicoba, segera cek rekomendasi bakso dengan bentuk unik dan rasa yang lezat di Indonesia berikut ini. Bakso berbentuk unik mana favoritmu?

(wk/silm)

1. Mulai dari Bentuk Bakso hingga Mangkok, Ini Dia Bakso Barbel


Mulai dari Bentuk Bakso hingga Mangkok, Ini Dia Bakso Barbel

Bakso berbentuk tak biasa pertama berada di Bandung, Jawa Barat. Kuliner bakso unik ini adalah milik artis Indonesia, Agung Hercules. Terkenal dengan badannya yang kekar, ia memutuskan untuk membuka bisnis di bidang kuliner yang sesuai dengan ciri khas yang sering dihubungkan dengannya, yakni barbel.

Di kedai bakso barbel milik Agung Hercules ini kamu akan mendapati semua serba berbentuk barbel. Mulai dari bakso, mangkok, bahkan wadah saus, dan segala perabotan lain juga berbentuk menyerupai barbel.

Tak perlu khawatir menguras kocek, harga bakso barbel ini sangat ramah kantong. Baksonya dijual dengan harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 4.000 per biji. Chef di kedai bakso inipun khusus didatangkan dari Malang, kota yang juga terkenal dengan baksonya.

Jika ingin berkunjung ke kedai bakso unik ini kamu bisa pergi ke pusatnya di Ruko Puri Dago Kav. 22, Jalan Terusan Jakarta no. 324, Antapani, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung. Tenang saja, Agung Hercules juga sudah membuka beberapa cabang di beberapa kota di Indonesia, kok.

2. Bakso Kuburan Mantan, Bentuknya Bikin Kamu Langsung Move On


Bakso Kuburan Mantan, Bentuknya Bikin Kamu Langsung Move On

Jika kamu pergi ke Sukabumi, kamu juga bisa menemukan salah satu bakso dengan bentuk yang unik. Yap, berbentuk seperti kuburan, bakso ini rupanya dibuat sebagai wadah untuk menyalurkan kekesalan para penikmatnya kepada mantan lewat makanan.

Benar saja, bakso ini disajikan dengan bentuk gundukan bak sebuah kuburan. Dilengkapi pula denga tulisan kertas yang dibentuk mirip batu nisan dengan tulisan "RIP Mantan".

Tak hanya berbentuk kuburan, kedai kuliner bakso yang satu ini juga menyajikan menu-menu lain sebagai wadah pelampiasan kekesalan pada mantan. Kamu bisa memesan sebuah bakso besar yang ditusuk dengan sebuah pisau. Lantas, kamu bisa meluapkan kekesalan pada mantan dengan mengiris habis bakso tersebut. Unik banget, kan?

Buat pecinta bakso pedas, kuliner bakso satu ini wajib dicoba. Selain meluapkan kekesalan pada mantan lewat bakso berbentuk kuburan, kamu juga bisa mencoba varian bakso pedasnya. Kedai bakso ini berada di Jalan Pajagalan No. 49 Rt 007 RW 003, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

3. Bakso Mangkok, Variasi Bakso Unik dan Tak Biasa


Bakso Mangkok, Variasi Bakso Unik dan Tak Biasa

Biasa berbentuk bulat, ada lagi variasi bentuk bakso yang unik dan tak biasa. Bernama bakso mangkok, bentuk bakso ini benar-benar berupa mangkok. Untuk itu, penyajian bakso ini hanya perlu menggunakan piring biasa sebagai alas dari mangkok bakso yang dihidangkan.

Variasi bakso mangkok ini sudah banyak tersebar di beberapa kota di Indonesia, salah satunya berada di Surabaya. Di sana kamu bisa menikmati seporsi bakso yang disajikan dalam mangkok berbahan daging.

Jika sedang berada di Surabaya, kamu bisa menjajal bakso mangkok yang ada di daerah Babatan, Wiyung, Kota Surabaya. Selain itu, kamu juga bisa menjajal bakso mangkok yang ada di Jalan Raya Candi Lontar Blok 21A No.23, Lontar, Sambikerep. Hm... seporsi bakso dengan taburan bawang goreng ini akan sangat lezat dinikmati di siang hari.

4. Bakso Balon dan Bakso Kotak, Kuliner Unik dan Lezat di Lampung


Bakso Balon dan Bakso Kotak, Kuliner Unik dan Lezat di Lampung

Bertandang ke Lampung, kamu juga bisa menemukan salah satu variasi bentuk bakso yang unik. Ya, bakso di Lampung ini berbentuk bulat balon. Uniknya, ada pula bakso yang berbentuk kotak.

Kuliner bakso yang satu ini berada di Jalan Basuki Rahmat No.60, Sumur Putri, Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung. Bakso balon yang disajikan benar-benar berbentuk dan mirip dengan balon. Dilapisi telur yang mirip seperti balon di bagian luarnya, bakso berukuran besar ini berisi beberapa bakso kecil di dalamnya.

Kedai bakso satu ini memang juaranya dalam menyajikan beragam bentuk bakso. Selain bakso balon, ada pula bakso dengan bentuk kotak dan juga hati yang buat kamu enggak tega memotongnya.

5. Bakso Klenger Yogyakarta, Bakso Raksasa yang Harganya Bikin Pingsan


Bakso Klenger Yogyakarta, Bakso Raksasa yang Harganya Bikin Pingsan

Menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia, Yogyakarta juga punya sajian kuliner bakso yang begitu unik dan menarik. Yak, bakso tersebut adalah Bakso Klenger.

Meski tetap berbentuk bulat, kedai ini menyajikan bakso bulat tersebut dengan berbagai ukuran. Bakso terbesar di kedai ini bahkan mencapai hingga 20 kilogram.

Nama "Klenger" berasal dari bahasa Jawa yang bermakna seperti pingsan. Benar saja, bukan cuma porsinya yang luar biasa, harganya pun siap-siap bikin kamu pingsan.

Jika tertarik menikmati bakso dengan bentuk yang super besar ini, kamu bisa datang ke kedai di Jalan Wahid Hasyim No, 296 Nologaten, Yogyakarta. Harga untuk porsi normalnya berkisar Rp 15.000. Sedangkan untuk porsi ukuran 5 kilogram, kamu harus membayar sebesar Rp 600.000. Terakhir dan benar-benar bikin pingsan, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 2,8 juta untuk bakso dengan ukuran 20 kilogram yang cukup dimakan untuk 18 orang.

6. Bakso Buaya, Bakso Unik yang Disajikan di Hot Plate


Bakso Buaya, Bakso Unik yang Disajikan di Hot Plate

Sebuah kedai bernama Bakso Rusuk Joss menyajikan kuliner bakso yang berbentuk sangat unik. Setelah muncul bakso dengan berbagai bentuk tak biasa, kedai satu ini hadir dengan bakso berbentuk buaya.

Bukan berasal dari daging buaya, bakso daging ini juga disajikan khusus dalam hot plate. Menu ini sukses menjadi andalan dengan harga sekitar Rp 75.000 per porsinya. Jangan khawatir kecewa karena bakso berbentuk unik ini dijamin lezat banget dengan taburan bumbu kecap dan seledri.

Jika masih kurang, kamu bisa menambahnya isian keju mozarella yang nikmat. Bagian mata buaya tersebut juga berisi dua bakso kecil sementara bagian perutnya diisi dengan pedasnya cabe rawit.

Jika berminat mencicipi bakso buaya yang unik ini kamu bisa pergi ke daerah Jalan Mutiara Gading Timur Raya Blok G1 No 20, Bekasi Timur. Kedai bakso satu ini juga menyediakan menu bakso lain yang tak kalah unik, seperti bakso beranak, bakso mangkok, bakso urat dan juga bakso rusuk setan.

7. Bakso Tumpeng di Yogyakarta, Bentuk dan Variasi Uniknya Bikin Ngiler


Bakso Tumpeng di Yogyakarta, Bentuk dan Variasi Uniknya Bikin Ngiler

Ada di Yogyakarta, kamu bisa mendapati salah satu bentuk bakso yang unik banget. Tidak berbentuk bulat, bakso ini disajikan di mangkok dengan bentuk kerucut layaknya tumpeng.

Bakso unik ini berlokasi di Lesehan Mbanyumili yang ada di Jalan Imogiri Timur No 10, Imogiri, Wukirsari, Bantul, Yogyakarta. Meski kedainya sederhana, namun banyak pengunjung dari Yogyakarta maupun luar kota yang mengantri menikmati seporsi bakso berbentuk unik ini.

Mirip dengan Bakso Klenger, Bakso Tumpeng juga ditawarkan dengan berbagai ukuran. Terbesar, bakso ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 400.000. Jika tak ingin makan bakso tumpeng biasa, kamu bisa memilih beberapa sajian bakso tumpeng lain yang tak kalah lezat.

Di kedai ini, dijual juga variasi mie goreng dengan toping bakso berbentuk tumpeng. Ada pula beberapa menu nasi yang masih disajikan juga dengan bakso berbentuk tumpeng. Uniknya, ada pula menu yang dibuat terbalik, yakni mie dengan bentuk tumpeng yang diberi tambahan bakso berbentuk bulat. Tertarik segera mencoba bagaimana rasanya? Jangan lupa ceritakan pengalamanmu, ya.

Jika kamu adalah pecinta pedas, kamu bisa coba juga beberapa rekomendari kuliner pedas di sini. Jika kebetulan sedang berada di Surabaya, kamu juga bisa mengintip beberapa kuliner legendaris yang sayang banget kamu lewatkan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait