Sering Dianggap Sombong, Oh Jung Se Ternyata Menderita Penyakit Langka
Selebriti

Oh Jung Se membeberkan fakta mengejutkan dalam wawancaranya belum lama ini.

WowKeren - Beberapa waktu yang lalu, aktor Oh Jung Se diundang menjadi bintang tamu dalam acara radio “Park Sun Young’s Cine Town” yang disiarkan oleh SBS Power FM. Dalam kesempatan tersebut, ia membicarakan banyak kisah yang menarik. Salah satunya adalah tentang penyakit yang dideritanya, prosopagnosia.

Prosopagnosia dikenal sebagai penyakit "buta wajah" atau ketidakmampuan dalam mengenali wajah seseorang. Penderita prosopagnosia dapat mengetahui bentuk wajah dan mengidentifikasi setiap bagian dari wajah seperti hidung dan mulut. Namun, mereka tidak dapat mengenali siapa pemilik wajah tersebut.

Prosopagnosia disebabkan oleh kerusakan otak akut dan juga karena faktor keturunan. Selain itu, biasanya juga diakibatkan karena stroke yang terjadi di daerah yang sangat spesifik di perbatasan antara oksipital dan lobus temporal otak.

Selain wajah orang lain, pengidap penyakit ini biasanya juga tidak bisa mengenali wajahnya sendiri saat berada di depan cermin. Untuk mengenali orang lain, mereka cenderung menggunakan cara dalam mengingat gaya rambut, suara, maupun pakaian yang digunakan.


Oh Jung Se mengatakan bahwa ia sering tidak menyapa orang-orang yang dikenalnya ketika berpapasan di jalan. Tak heran jika banyak yang menudingnya sebagai orang sombong. Namun ia menjelaskan bahwa hal ini disebabkan karena penyakit yang dideritanya tersebut.

“Jika bertemu denganmu di jalan, aku mungkin tidak akan mengenalimu,” ungkap aktor 41 tahun tersebut. “Bukan berarti aku tidak mengingatmu, tapi karena aku tidak bisa membedakan wajah."

Ayah satu anak ini juga menceritakan bagaimana ia merasa bersalah dan kasihan pada orang-orang karena kondisinya ini. Sebab ia tidak bisa mengenali mereka yang ada di sekelilingnya. “Banyak kejadian dimana aku merasa bersalah dan kasihan terhadap orang-orang di sekitarku,” tandas Oh Jung Se.

Selain Oh Jung Se, penyakit langka ini juga diderita oleh selebriti hollywood, Brad Pitt. Pada tahun 2013 silam, mantan suami Angelina Jolie tersebut mengaku sering dikira sombong karena tidak bisa mengenali wajah orang lain.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait