Murah dan Ampuh, Ini 8 Tips Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami
Health

Simak tips di bawah ini agar sakit tenggorokan cepat sembuh. Dijamin ampuh.

WowKeren - Pernah mengalami sakit tenggorokan, kan? Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun luka. Kasus radang tenggorokan juga sering dikaitkan dengan masuk angin dan bisa sembuh dengan sendirinya dengan istirahat. Namun, beberapa kasus sakit tenggorokan juga sulit disembuhkan.

Adanya sakit tenggorokan juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, saat mengalami sakit tenggorokan, akan terasa sulit menelan. Selain itu, kalian merasakan sakit dan gatal di tenggorokan. Suara juga akan serak, biasanya juga disertai demam, bersin dan hidung meler.


Nah, untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, kalian dapat menggunakan 8 cara alami ini. Apa saja, ya? Simak di sini, ya.

1. Mandi Air Hangat Agar Sakit Tenggorokan Sembuh


Mandi Air Hangat Agar Sakit Tenggorokan Sembuh

Mandi merupakan salah satu cara untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya, saat mandi dengan air hangat, udara menjadi lembab yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cobalah untuk menghirup uap melalui hidung dan mulut sehingga masuk ke tenggorokan serta saluran hidung. Pembengkakan dan hidung mampet yang biasanya terjadi saat sakit tenggorokan juga bisa diatasi, lho.

Saat berendam air hangat, kalian dapat menambahkan beberapa bahan herbal dan minyak esensial ke dalam bak mandi. Minyak esensial yang paling baik untuk hal ini adalah minyak pepermin atau eukaliptus yang bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan seperti fungsinya pada obat gosok.

2. Gunakan Kompres Hangat pada Tenggorokan


Gunakan Kompres Hangat pada Tenggorokan

Tips selanjutnya adalah, mengompres leher dengan kompres hangat. Cara ini dapat membuat sakit di bagian luar mereda. Kalian hanya perlu meletakkan kompres hangat di leher. Kalian juga dapat menggunakan bantal penghangat, botol berisi air panas atau juga handuk direndam dalam air hangat.

3. Minum Air Mineral yang Banyak saat Sakit Tenggorokan


Minum Air Mineral yang Banyak saat Sakit Tenggorokan

Ketika kalian sakit tenggorokan, minum lebih banyak cairan untuk mengurangi rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh merupakan bagian penting dari mengobati sakit tenggorokan. Jika kalian kekurangan cairan, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup air liut dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal tersebut malah akan membuat pembengkakan dan peradangan semakin memburuk.

Minuman yang paling tepat adalah air mineral. Kalian harus memperbanyak mengonsumsinya hingga urine yang berwarna kuning menjadi jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir kalian tetap lembap dan bekerja lebih baik melawan bakteri dan penyebab iritasi.

4. Kumur dengan Air Garam Menyembuhkan Sakit Tenggorokan


Kumur dengan Air Garam Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Obat tradisional yang dipercaya ampuh sembuhkan sakit tenggorokan adalah air garam. Hal ini bekerja dengan baik karena garam akan menarik air dari dalam sel membran mukus sehingga mengurangi pembengkakan dan membantu menenangkan tenggorokan.

Selain itu, air garam memiliki sifat antiseptik yang akan membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang menyebabkan sakit. Untuk membuatnya, kalian hanya perlu melarutkan garam dalam air hangat. Kemudian kumur selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi beberapa kali hingga larutan habis.

5. Buat Teh Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Tenggorokan


Buat Teh Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Tenggorokan

Bawang putih diketahui memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Tak hanya itu, bawang putih juga akan melepas allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi untuk melawan penyakit.

Cara membuatnya adalah dengan merebus potongan bawang putih dalam segelas air. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Nah, tambahkan madu alami untuk memperkaya rasa, ya. Minum teh bawang putih ini setiap hari hingga sakit tenggorokan sembuh.

6. Konsumsi Campuran Madu dan Bubuk Cabai


Konsumsi Campuran Madu dan Bubuk Cabai

Obat satu ini mungkin bakal bikin kalian mengernyitkan dahi. minuman ini terbuat dari bubuk cabai dan madu. Cabai berperan sebagai pemicu iritasi yang bersifat menangkal pemicu sebenarnya. Selain itu, madu dapat melapisi tenggorokan, meringankan radang dan membantu menekan batuk.

Untuk meracik minuman satu ini, kalian membutuhkan setengah sendok teh bubuk cabai dan satu sendok madu. Kemudian masukkan kedua bahan tersebut pada secangkir air hangat. Jika tidak tahan dengan rada pedas, kurangi takaran bubuk cabainya, ya.

7. Minum Kayu Manis dan Madu Agar Sakit Tenggorokan Sembuh


Minum Kayu Manis dan Madu Agar Sakit Tenggorokan Sembuh

Kayu manis diketahui sebagai bahan dapur yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antivirus serta antibakteri. Senyawa di dalam kunyit dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain. Dengan kayu manis, pembengkakan dan rasa sakit di tenggorokan akan segera berkurang.

Cara membuatnya mudah, kok. Rebus batang kayu manis dengan segelas air. Kemudian, setelah mendidih, tambahkan dua sendok madu ke dalamnya. Konsumsi rebusan air kayu manis tersebut saat masih hangat. Jangan lupa minum secara rutin, ya.

8. Air Jahe Membuat Tenggorokan Lega


Air Jahe Membuat Tenggorokan Lega

Jahe merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan. Jahe dapat membuka saluran sinus dan membantu melegakan hidung dan tenggorokan. Selain itu, jahe juga memiliki sifat antiinflamasi juga efek antimikroba untuk menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang merupakan penyebab sakit tenggorokan dan membantu mengeluarkan lendir.

Untuk pembuatannya, kalian hanya perlu merebus jahe yang sudah dicincang. Setelah mendidih, masukkan ke dalam cangkir dan tambahkan madu untuk memperkaya rasa. Jangan lupa minum secara rutin, ya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...