Surabaya Raih Adipura Kencana Serta Dua Piala Lain dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Twitter/KementerianLHK
Nasional

Pemerintah memberikan anugerah Adipura Kencana, Kinerja Pengurangan Sampah, dan Nirwasita Tantra kepada kota Surabaya, Senin(14/1).

WowKeren - Pemerintah menganugerahkan Adipura Kencana, Nirwasita Tantra, serta piala Kinerja Pengurangan Sampah kepada kota Surabaya. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta Pusat, Senin (14/1).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menjelaskan bahwa program Adipura merupakan program nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Program ini bertujuan untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan kota berkelanjutan (sustainable city).


Tak hanya itu, Menteri Siti juga menjelaskan maksud lain dari penghargaan ini. "Selain itu juga menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik," ujar Menteri Siti.

Piala Adipura Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kota yang menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Sedangkan Nirwasita Tantra adalah penghargaan pemerintah untuk kepala daerah atas kepemimpinannya dalam menerapkan kebijakan, yang sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan Nirwasita Tantra tingkat provinsi diraih oleh Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Sedangkan untuk tingkat kota, selain Surabaya, penghargaan ini juga diraih oleh Tangerang.

Usai menerima penghargaan Adipura Kencana, Wali Kota Risma mengaku bahwa ia hanya tak ingin kotanya kotor. Dengan penjagaan kebersihan tersebut, maka angka penyakit juga mengalami penurunan secara signifikan.

"Surabaya penurunan penyakit signifikan. Jadi benar yang dikatakan pak wapres kalau penyakit itu turun, demam berdarah turun," terang Wali Kota Risma. "Dulu Surabaya pernah KLB sekarang sudah enggak. Turun terus, kemudian ISPA juga turun."

Humas Pemkot Surabaya pun membagikan kabar membanggakan ini kepada warga Surabaya lewat akun Twitter resminya. Akun tersebut memberitakan bahwa Surabaya telah resmi dianugerahi tiga piala dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Masyarakat Surabaya menyampaikan rasa syukurnya di unggahan tersebut. Mereka juga menyampaikan akan berusaha menjaga kebersihan kota.

"Selamat buat jajaran Pemerintah Kota dan juga warga Surabaya yg berusaha keras menjaga kota ini tetap bersih dan asri," komentar akun @ye***t_. "Alhamdulillah," timpal akun @ha***05.

You can share this post!

Related Posts
Loading...