Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa, Pengguna Masih Dapat Diskon hingga Dua Bulan ke Depan
Nasional

Masyarakat masih bisa menikmati diskon 15% di Tol Trans Jawa. Jadi, untuk kendaraan golongan I, tarif tol dari Jakarta ke Pasuruan menjadi Rp 624.500.

WowKeren - Pada Senin (21/1) kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerapkan tarif pada enam ruas Tol Trans Jawa. Sejak dibuka pada 20 Desember 2018 lalu, tarif Tol Trans Jawa sempat digratiskan.

Tarif paling mahal terdapat pada ruas tol Ngawi-Kertosono sebesar Rp 88 ribu untuk golongan I. Gempol-Pasuruan dikenai tarif Rp 36 ribu, ruas relokasi Porong-Gempol dengan biaya Rp 3.000 untuk seksi Kejapanan-Porong dan Rp 6.000 untuk Porong-Kejapanan. Selain itu, ruas tol Pemalang-Batang sebesar Rp 39 ribu, Batang-Semarang senilai Rp 75 ribu dan Semarang Solo dengan tarif Rp 65 ribu.

Selama dua bulan ke depan, masyarakat masih bisa menikmati diskon 15% di Tol Trans Jawa. Jadi, untuk kendaraan golongan I, tarif tol dari Jakarta ke Pasuruan menjadi Rp 624.500 yang sebelum diskon Rp 712 ribu. Masyarakat lebih hemat Rp 87.500.


Penerapan tarif Tol Trans Jawa diberlakukan dengan ketentuan besaran tarif Rp 1.000 per kilometer untuk golongan I. Sedangkan untuk golongan II dan III sebesar 1,5 kali dari golongan I. Untuk golongan IV dan V sebanyak dua kali golongan I.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hery Trisaputra Zuna berharap dengan adanya tol yang tersambung dari Pasuruan hingga Merak tersebut akan meningkatkan mobilitas orang, barang dan jasa. Biaya logistik juga diharapkan akan turun sehingga meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Tol Trans Jawa diresmikan Presiden Jokowi Widodo pada 20 Desember 2018 lalu. Tujuh tol yang diresmikan saat itu yakni Batang - Semarang sepanjang 75 kilometer, Salatiga - Kartasura sepanjang 31 kilometer, Wilangan - Kertosono 37,9 kilometer, dan Pemalang - Batang dengan panjang 39,2 kilometer. Selain itu ada juga tol Pasuruan - Grati sepanjang 14 kilometer, Jombang - Mojokerto seksi Bandar - Kertosono sepanjang 900 meter, hingga relokasi tol Porong - Gempol yang memiliki panjang ruas 6,3 kilometer.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru