Oscar 2019: Masuk dalam 7 Nominasi, 'Black Panther' Tuai Pro Kontra
Marvel Studios
Film

Selain menyebut 'Black Panther' tak layak masuk nominasi Best Picture, ada pula penggemar yang turut membahas masalah ras.

WowKeren - Ajang penghargaan Oscar 2019 baru saja mengumumkan daftar nominasi pada Selasa (22/1) kemarin. Dalam nominasi yang diumumkan ini, tentunya sejumlah kategori menjadi sorotan, terutama Best Picture.

Di kategori Best Picture sendiri, sederet judul film blockbuster pun saling berkompetisi untuk memperebutkan piala. Mulai dari "Black Panther", "BLACKkKLANSMAN", "Bohemian Rhapsody", "The Favourite", "Green Book", "Roma", "A Star Is Born", hingga "Vice".


Dari sejumlah film tersebut, tak bisa dipungkiri jika "Black Panther" sangat mencuri perhatian. Pasalnya, film besutan Marvel Studios ini memecahkan rekor sebagai film superhero yang mendapatkan nominasi Best Picture. Tak hanya itu, "Black Panther" juga merupakan film adaptasi komik pertama yang dinominasikan di kategori tersebut.

Seakan tak cukup dengan satu nominasi, film garapan Ryan Coogler ini juga masuk dalam enam kategori lainnya. Tercatat, film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman hingga Michael B. Jordan ini menerima total tujuh nominasi, mulai dari Best Picture, Best sound editing, Best Sound Mixing, Original Score, Best Desain Costume, Best Desain Production, dan Best Original Song.

Namun sayangnya, pencapaian gemilang ini justru menimbulkan pro dan kontra di kalangan penggemar. Pasalnya, banyak yang mengklaim jika "Black Panther" tak layak masuk dalam nominasi Best Picture. Bahkan parahnya, ada yang turut membawa isu rasial.

"Aku benar-benar memahami nominasi lain, tetapi Best Picture? Apa ini tidak salah?" komentar salah satu penggemar. "Black panther adalah omong kosong!" cibir lainnya. "Luar biasa.. film ini rata-rata!" sahut yang lain. "Jika kau berpikir bahwa BP (Black Panther) layak mendapatkan Best Picture, itu pasti karena kau sendiri berkulit hitam," imbuh yang lain.

Tak hanya itu, ada pula membandingkan "Black Panther" dengan film superhero lain yang dianggap lebih layak. "Ini bahkan bukan masalah ras atau warna. Kualitas film ini yang dipertanyakan. Kenapa film ini, bukannya 'Logan' atau 'The Dark Knight' untuk Best Picture? Karena ketika menyangkut plot / substansi, akting, sutradara, dll. Keduanya jauh lebih unggul daripada 'Black Panther'," komentar penggemar lain.

Meski demikian, banyak pula penggemar yang mendukung pencapaian ini. Bahkan sebagian besar tak segan melayangkan kritik pada komentar-komentar negatif yang menyangkut masalah rasisme.

"Aku benar-benar benci komentar rasial pada postingan ini, tidak apa-apa jika kalian tidak setuju, tetapi untuk menghina orang kulit hitam, itu sangat keterlaluan. Apakah sangat sulit untuk membiarkan film ini untuk mendapat nominasi Best Picture tanpa bermain dengan ras," bela penggemar lain.

"Dan itulah tanggapan rasis! Bagaimanapun pendapatmu tidak masalah! Black Panther siap untuk 7 nominasi, dengan atau tanpa dukungan kalian. (Film ini) sudah membuat rekor baru dengan 7 nominasi tersebut, dan akan menetapkan lebih banyak setelah mereka memenangkan beberapa kategori itu!" imbuh yang lain.

Terlepas dari hal tersebut, ajang Oscar 2019 sendiri akan dilangsungkan pada 24 Februari mendatang di Dolby Theatre, Los Angeles, California.

You can share this post!

Related Posts