Beri Ucapan Selamat Untuk Ahok, Anies Baswedan: Pintu Balai Kota Selalu Terbuka
Instagram
Nasional

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan ucapan selamat kepada Ahok yang hari ini resmi keluar dari Mako Brimob.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan ucapan selamat kepada Basuki Tjahaja Purnama yang hari ini (24/1) resmi bebas dari penjara. Ahok dikabarkan meninggalkan rumah tahanan (rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, pada pukul 07.30 WIB.

"Saya ucapkan selamat,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/1). "Kami di Pemprov DKI Jakarta siap melayani apa pun yang menjadi kebutuhan warga."

Anies menjelaskan bahwa pihaknya akan memperlakukan Ahok seperti warga DKI Jakarta biasa. Ia juga menyebut bahwa pintu Balai Kota atau kantor Gubernur selalu terbuka untuk Ahok.

"Setiap warga Jakarta (termasuk Ahok) memiliki hak yang sama," tutur Anies. "Bahkan wartawan datang (ke Balai Kota) tidak ditanya warga DKI bukan."

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga menjelaskan bahwa pihaknya siap melayani semua orang yang punya status kependudukan sah sebagai warga Jakarta, termasuk Ahok. Terlebih, apabila Ahok sendiri memiliki urusan yang berhubungan dengan Pemprov DKI secara langsung.


"Jadi ketika (Ahok) aktif sebagai warga Jakarta," jelas Anies. "Perlu mengurus apapun, Pemprov akan melayani sama dengan warga yang lain."

Sebelumnya, Anies dan Ahok menjadi rival dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017. Kala itu, Anies bersama wakilnya, Sandiaga Uno, mampu merebut kursi DKI 1 dari Ahok dan [c=Djarot Saiful Hidayat.

Setelah Pilgub, Ahok pun terjerat kasus penistaan agama. Ia divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2017.

Selama ditahan di Mako Brimob, mantan Bupati Belitung Timur tersebut telah mendapat tiga kali remisi. Remisi tersebut yaitu potongan 15 hari pada Natal 2017, potongan dua bulan pada 17 Agustus 2018, serta potongan satu bulan pada Natal 2018.

Meski telah resmi bebas murni, Ahok mengaku tak ingin kembali ke ranah politik untuk sementara waktu. Ahok disebut berniat untuk melakukan bisnis terlebih dahulu, ia bahkan telah dijadwalkan akan ke luar negeri untuk urusan bisnis sebelum bebas dari penjara.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait