Guru Bergaji Rp 450.000 di Gresik Punya Alasan Mulia Maafkan Siswa yang Viral Tantang Dirinya
Nasional

Sebuah video menunjukkan seorang siswa menantang gurunya usai diperingatkan karena merokok tersebar dan menjadi viral di media sosial.

WowKeren - Sebuah video viral di media sosial menunjukkan seorang siswa yang memberikan perilaku tak sopan terhadap gurunya. Siswa tersebut berinisial AA. Ia terlihat menantang sang guru yang bernama Nur Khalim setelah ditegur karena merokok di kelas.

Kejadian tersebut direkam di SMP PGRI Wringinanom, Kabupaten Gresik Jawa Timur. Kendati berhasil menjadi viral, Nur Khalim mengaku sudah memberikan maaf sepenuhnya kepada muridnya itu. Nur Khalim yang berstatus sebagai seorang guru honorer dengan gaji Rp 450.000 itu mengaku bahwa kejadian ini merupakan risiko dari pekerjaannya.

Sempat terlintas rasa marah kepada sang murid, Nur Khalim berhasil mengendalikannya. Ia mengaku bahwa tujuannya mengajar hanyalah untuk mewujudkan generasi emas Indonesia semata.

"Sebenarnya saat itu mau pukul saja, baik pikiran, hati, ingin balas. Tapi saya belajar, (kalau) pukul masuk pelanggaran HAM (hak asasi manusia)," terang Nur Khalim di kantor Polsek Wringinanom pada Minggu (10/2). "Makanya, saya coba tahan amarah, bahwa tujuan saya mengajar adalah mewujudkan cita-cita bangsa ingin mewujudkan generasi emas Indonesia, untuk bisa bersaing di Asia Tenggara."


Nur Khalim juga menjelaskan bahwa dirinya juga merasa kasihan terhadap AA dan murid lain yang sebentar lagi akan melangsungkan Ujian Nasional. "Saya ingin membuat pintar anak-anak didik saya karena sebentar lagi ujian nasional," ungkap Nur Khalim.

Lebih lanjut, Nur Khalim memberikan beberapa pesan kepada guru-guru lain saat harus menghadapi peristiwa serupa dari sang murid. Ia meminta kepada para guru untuk lebih profesional dengan tidak membalas kekerasan dengan kekerasan pula.

Nur Khalim juga berpesan agar setiap guru memberikan pendekatan dan komunikasi dengan orangtua sebelum menindak siswa seperti AA. "Jadi kepada semua guru, jika menemui kejadian seperti ini, lebih baik ditangani dengan halus dulu. Coba dengan pendekatan dan komunikasi dengan orangtua dan kalau orang tua tidak ada respons, maka baru dilarikan kepada pihak berwajib. Jangan patah semangat, semua pasti ada hikmahnya," pungkas Nur Khalim.

Diketahui, Nur Khalim dan AA sepakat berdamai mengenai kasus pengancaman guru oleh siswa yang viral ini. AA diketahui telah menyesal dan meminta maaf serta menandatangani surat perdamaian dengan Nur Khalim.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait