1.400 Unit Kotak Suara di Cirebon Rusak Jelang Pilpres
Instagram/kpukabupatencirebon
Nasional

Jumlah kerusakan surat suara kemungkinan masih bisa bertambah sebab saat ini Bawaslu masih terus melakukan pengecekan.

WowKeren - Berbagai persiapan dilakukan sejumlah pihak untuk menyambut gelaran Pilpres 2019. Satu yang paling penting yakni fasilitas kotak suara.

Sebelumnya, telah disepakati bahwa kotak suara dibuat dari bahan karton yang kedap air. Meskipun sejumlah pihak meragukan kualitas bahan tersebut karena dianggap sangat rentan mengalami kerusakan.

Anggapan tersebut dibenarkan oleh fakta di lapangan yang ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sebanyak 1.410 unit kotak suara yang ada di Cirebon mengalami kerusakan.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Zaki Hilmi menyebut bahwa angka tersebut masih bersifat sementara. Jumlah itu bisa bertambah lantaran saat ini masih banyak kotak suara di pergudangan yang belum dicek. Bahkan, Zaki menyebut kemungkinan ada 2.000 unit yang rusak.

"Itu angka sementara, karena masih banyak yang belum dibongkar, kan numpuk tuh, yang bawah itu yang rusak, yang basah, gitu," kata Zaki dilansir dari Kompas.com pada Senin (11/2). "Kemungkinan bisa di 2.000 (kotak suara yang rusak) kalau hitungan mereka."


Zaki menjelaskan bahwa KPU Cirebon tidak melakukan antisipasi atas musibah banjir. Kerusakan kotak suara sebanyak itu disebabkan karena genangan air hujan yang ada di gudang penyimpanan kotak suara. Tidak adanya antisipasi tersebut, menurut Zaki, disebabkan karena faktor anggaran.

"Kalau yang lain itu dikasih alas palet. Ini enggak ada, jadi setelah kotak suara di-setting, itu ditaruh hanya dilapis bekas bilik suara pilgub," jelas Zaki. "Tidak ada palet, alasan mereka faktor keuangan."

Karena Pilpres yang semakin dekat, mau tidak mau Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus mengganti ribuan kotak suara yang rusak. Namun saat ini, KPU masih menunggu laporan detail terkait kerusakan tersebut.

"Kita tunggu laporan dari sana (KPU Jabar) dulu," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2). "Ya berapa jumlahnya, kerusakannya seperti apa, berapa yang masih oke."

Ilham meminta agar pihak kabupaten maupun provinsi agar melakukan antisipasi agar tidak terjadi masalah serupa. Sebab, kotak suara dari bahan karton sangat rentan terhadap kondisi udara yang lembap.

"Pencegahan lain misalnya kami udah memerintahkan seluruh teman-seluruh di provinsi, kabupaten/kota yang ada gudangnya itu dikasih palet bawahnya," tutur Ilham. "Karena memang ini kan rentan dengan kelembapan."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait