Debat Cawapres 2019: Ma'ruf Bahas '10 Years Challenge' Soal Badan Riset, Sandiaga Beri 'Serangan'
Nasional

Ma'ruf Amin menggunakan istilah 10 Years Challenge untuk mengemukakan visinya memperbaiki badan riset nasional.

WowKeren - Debat Calon Wakil Presiden Indonesia telah berlangsung pada Minggu (17/3) kemarin. Debat kali ini mempertemukan cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Tema debat kali ini membahas mengenai Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Budaya. Debat yang dipandu oleh Putri Ayuningtyas dan Alfito Deannova Ginting tersebut berlangsung adem ayem.

Baik Sandiaga maupun Ma'ruf Amin seolah "bermain aman" dalam debat kali ini. Mereka berdua saling memaparkan visi dan misi masing-masing dengan tenang. Sementara itu, Ma'ruf juga melontarkan beberapa istilah milenial yang membuatnya tak kalah dari Sandiaga Uno.

Salah satunya, Ma'ruf Amin membahas mengenai visinya untuk membentuk badan riset nasional. Namun, gagasan Ma'ruf tersebut justru "diserang" oleh Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mementahkan ide Ma'ruf untuk membentuk badan riset nasional ini.


"Mohon maaf, nuwun sewu, kalau membuat lembaga baru itu menambah birokrasi," ujar Sandiaga pada saat debat cawapres di Holten Sultan, Jakarta, pada Minggu (17/3). "Bagi kami kuncinya kolaborasi. Dunia usaha kita berikan insentif kalau investasi di research. Kita punya lembaga riset tapi banyak yang dihasilkan tidak digunakan, kita akan memberikan kesejahteraan lebih baik. Kalau pemerintah tidak memfasilitasi, bagaimana ekosistem riset menghasilkan."

Menanggapi pendapat Sandiaga, Ma'ruf Amin tak lantas tinggal diam. Ia menegaskan tak akan menambah badan riset nasional yang sebenarnya sudah dimiliki Indonesia, namun mengefisienkan kerjanya.

"Bukan menambah, tapi mengefisienkan lembaga, menyatukan lembaga di bidang riset. Dengan demikian riset akan semakin berkembang ke depan. Bisa menjadi riset yang membangun Indonesia ke depan," balas Ma'ruf. "Sekali lagi kita persiapkan untuk 10 years challenge."

Debat cawapres yang berlangsung semalam diwarnai beberapa peristiwa menarik. Salah satunya ketika Sandiaga sempat memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Ma'ruf sebelum memulai debat. Seperti diketahui, pasangan Joko Widodo dalam Pilpres 2019 ini berulang tahun pada 11 Maret lalu.

"Yang saya muliakan K.H. Maruf Amin, abah ... selamat ulang tahun ke-76," sapa Sandiaga ramah. "Semoga abah tetap sehat walafiat mengemban tugas negara," lanjut Sandiaga yang disambut aplaus meriah dari para penonton.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait