Masih Bingung Timeline Munculnya Tesseract di MCU? Yuk Simak Penjelasannya Berikut!
Marvel Studios
Film

Mulai dari 'Captain America: The First Avenger' hingga 'Captain Marvel', inilah urutan kronologi kemunculan Tesseract di franchise MCU.

WowKeren - Para pecinta film-film besutan Marvel Cinematic Universe tentunya mengetahui bahwa ada enam Infinity Stones yang diperkenalkan dalam franchise ini. Mulai dari Space Stone (Tesseract), Soul Stone, Time Stone, Power Stone, Reality Stone, hingga Mind Stone. Keenam batu ini dikisahkan memiliki kemampuan masing-masing yang jika disatukan mampu memusnahkan separuh alam semesta, serupa dengan yang dilakukan oleh Thanos (Josh Brolin) di film "Avengers: Infinity War".

Di antara keenam batu yang diperkenalkan, tentunya Space Stone alias Tesseract menjadi yang paling sering dimunculkan. Batu berwarna biru ini digambarkan mampu membuat pemiliknya untuk melakukan perjalanan melintasi dimensi apa pun.


Tesseract pertama kali dimunculkan di film "Captain America: The First Avenger" yang dirilis pada Juli 2011 silam. Setelahnya, Tesseract ini kerap wara-wiri di sejumlah film-film Marvel Studios lainnya, hingga yang terakhir adalah muncul di "Captain Marvel". Meski demikian, di franchise Marvel Cinematic Universe sendiri, Tesseract ditemukan pertama kali oleh Odin, Dewa Tertinggi Asgardian, sekaligus ayah dari Thor.

Nah, untuk kamu yang merasa masih bingung dengan timeline kemunculan salah satu Infinity Stone paling populer ini, yuk simak ulasannya berikut:

1. 'Thor' (Sebelum Masehi)


'Thor' (Sebelum Masehi)
Marvel Studios

Dalam film "Thor" yang dirilis pada November 2011, Tesseract dikisahkan berada di tangan Odin. Space Stone ini disimpan dengan aman di dalam tempat penyimpanan Odin Vault di Asgard. Namun Odin sendiri akhirnya memutuskan untuk menyimpan salah satu Infinity Stone ini di Bumi, lebih tepatnya Tonsberg, Norwegia, untuk membuat sembilan dunia tetap seimbang. Meski demikian, batu tersebut masih tetap diawasi oleh para Asgardian.

2. 'Captain America: The First Avenger' (1942-1945)


'Captain America: The First Avenger' (1942-1945)
Marvel Studios

Pada tahun 1942, rupanya keberadaan Tesseract terendus oleh Johann Schmidt alias Red Skull yang merupakan pemimpin HYDRA. Schmidt yang mengetahui kekuatan Tesseract pun akhirnya memburu batu tersebut dan berencana memanfaatkannya untuk memenangkan Perang Dunia II. Niat jahat Schmidt ini diketahui oleh Captain America (Chris Evans), hingga akhirnya keduanya terlibat pertarungan sengit.

Namun saat Schmidt memegang batu biru tersebut, ia justru terlempar ke dimensi lain di luar angkasa. Benda tersebut akhirnya ikut jatuh ke dalam samudera Arktik ketika pesawat yang ditumpangi Captain America terjatuh. Setelahnya, saat Howard Stark (ayah Tony Stark) melakukan pencarian terhadap Captain America, ia justru menemukan Space Stone tersebut di dasar lautan.

3. 'Captain Marvel' (1989-1995)


'Captain Marvel' (1989-1995)
Marvel Studios

Di film "Captain Marvel" yang baru saja dirilis pada awal bulan Maret ini, secara mengejutkan Tesseract berada di tangan seorang ras alien Kree yang menyamar menjadi ilmuwan di Bumi bernama Dr. Lawson (Annette Bening). Kemungkinan besar Dr. Lawson adalah kolega dari Howard Stark, dimana keduanya bekerja sama untuk meneliti batu tersebut.

Tesseract kemudian disimpan dalam laboratorium Mar-Vell dan akhirnya ditemukan oleh Captain Marvel (Brie Larson) serta Nick Fury (Samuel L. Jackson). Setelahnya, Space Stone itu diamankan dalam perut si kucing Flerken Goose. Dalam adegan post-credit "Captain Marvel", Goose nampak memuntahkan kembali Tesseract yang telah ditelannya ke atas meja kerja Nick.

4. 'The Avengers' (2012)


'The Avengers' (2012)
Marvel Studios

Dalam film "The Avengers', Tesseract yang dijaga oleh S.H.I.E.L.D (organisasi yang kini dipimpin oleh Nick Fury), dicuri oleh Loki (Tom Hiddleston) dengan bantuan Dr. Erik Selvig. Loki menggunakan kekuatan Tesseract untuk membuat portal tentara Chitauri menginvasi bumi. Rencana Loki akhirnya digagalkan oleh para Avengers dalam pertarungan Battle of New York. Setelahya, Tesseract dibawa oleh Thor (Chris Hemsworth) untuk diamankan di Asgard.

5. 'Thor: Ragnarok' (2017)


'Thor: Ragnarok' (2017)
Marvel Studios

"Thor: Ragnarok" yang dirilis pada tahun 2017 lalu memang tak menyinggung apapun tentang Infinity Stones. Namun seri ketiga "Thor" ini juga menampilkan Tesseract yang kembali di simpan di Odin Vault. Saat bertarung sengit dengan Hela (Cate Blanchett) yang ingin menguasai Asgard, Thor dan Loki berencana untuk membangkitkan Surfur dengan api abadi yang berada di Odin Vault. Namun kala itu Loki kembali membawa Tesseract ke kapal yang ditumpangi para Asgardian setelah mereka dievakuasi.

6. 'Avengers: Infinity War' (2018)


'Avengers: Infinity War' (2018)
Marvel Studios

Pasca Loki mengambil Tesseract dari Odin Vault, rupanya kapal Asgardian langsung diserang oleh Armada Thanos yang memang tengah memburu keenam Infinity Stones. Thanos yang telah lebih dulu mendapatkan Power Stone pun akhirnya dengan mudahnya membunuh Loki yang merebut Tesseract.


Di sisi lain, Tesseract ini kemungkinan besar akan kembali ditampilkan bersama Infinity Stones lainnya di film "Avengers: Endgame" mendatang. Masih mengisahkan perjuangan para superhero yang melawan Thanos, film ini akan dirilis pada 26 April nanti.

You can share this post!

Related Posts
Loading...