Usai Malaysia, Kini Surat Tercoblos Kembali Ditemukan di Palembang dan Gowa
Nasional

Temuan itu bermula ketika seorang pemilih hendak mencoblos di bilik suara di salah satu TPS Palembang. Setelah melakukan pengecekan, panitia menemukan total 4 surat suara tercoblos.

WowKeren - Jika sebelumnya publik di Tanah Air sempat digegerkan dengan penemuan surat suara tercoblos di Malaysia, kini hal serupa terjadi di dalam negeri. Kejadian tersebut terjadi di TPS 03 Kabupaten Musi Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan.

Hal itu bermula ketika seorang pemilih hendak mencoblos, ia melihat surat suara untuk Capres-Cawapres sudah tercoblos. Ia pun segera melaporkan hal ini ke panitia.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Ketua TPS 03 Feby. Ia mengatakan setelah mendapat laporan tersebut, panitia segera melakukan pemeriksaan ulang. Dari pemeriksaan tersebut, panitia berhasil menemukan empat surat suara tercoblos.

"Awalnya satu orang pemilih hendak mencoblos, diketahui surat suaranya telah tercoblos," kata Feby dilansir dari Kumparan, Rabu (17/4). "Kemudian, kita langsung lakukan pemeriksaan kertas surat suara, khususnya yang presiden dan wakil presiden. Saat diperiksa itu, ada temuan lagi. Jadi total ada empat surat suara yang telah tercoblos."


Feby menuturkan bahwa pihaknya sudah melaporkan temuan ini ke Bawaslu dan juga Bawaslu. Menurutnya, empat suara tercoblos berada dalam satu tumpukan yang sama mengingat coblosan berada di posisi sama. "Temuan ini sudah kita laporkan ke Bawaslu dan pihak kepolisian," imbuh Feby.

Sementara itu, Anggota Linmas Syaiful Utama menuturkan bahwa surat suara sempat disimpan di dalam rumah mengingat hujan yang terjadi malam sebelumnya. Meski demikian, ia memastikan bahwa surat suara dijaga ketat oleh pihaknya dan juga polisi.

"Karena hujan, jadi di dalam dengan penjagaan ketat hingga pagi hari," ujar Syaiful masih dilansir dari Kumparan. "Saat dibuka, semuanya masih tersegel dengan rapi. Jadi kita tidak tahu kenapa bisa tercoblos."

Ketua KPU Muba Maryadi Mustofa memaparkan bahwa surat suara tercoblos pada Paslon 01. "Ya, ada 4 surat suara yang telah tercoblos di nomor 01. Untuk sementara surat suara tersebut dibatalkan dan masuk kategori rusak, lalu dibuatkan BAP," kata Maryadi.

Tak hanya di Palembang, hal serupa juga ditemukan di Gowa. Meski demikian, belum diketahui pasti pada posisi mana surat suara itu tercoblos. Masyarakat yang sudah mengantre pun terpaksa harus dibubarkan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru