Hitung Suara Manual, Prabowo-Sandiaga Menang Telak di 'Kampoeng Jokowi' Garut
Nasional

Dari penghitungan suara yang dilakukan secara manual di TPS 19 Kabupaten Garut, Prabowo-Sandiaga memperoleh 165 suara sedangkan Jokowi-Ma'ruf jauh tertinggal di 39 suara.

WowKeren - Penghitungan suara telah dimulai sejak Rabu (17/4). Sejumlah besar hasil quick count menunjukkan bahwa Paslon Joko Widodo alias Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari penantang, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Meski demikian, ada sejumlah daerah dimana suara untuk Prabowo-Sandiaga justru unggul dari Jokowi-Ma'ruf. Seperti yang terjadi di kawasan wisata Kampoeng Jokowi yang ada di Garut. Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, mencatat bahwa Paslon 02 meraih 165 suara. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada perolehan untuk Jokowi-Ma'ruf yang hanya berjumlah 39 suara.


Pemberian nama kawasan wisata "Kampoeng Jokowi" tak serta merta membuat Capres 01 tersebut unggul. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Ade Ahmad mengatakan bahwa perolehan tersebut dilakukan melalui penghitungan secara manual.

"Berdasarkan penghitungan manual, Prabowo-Sandi unggul telak dari Paslon Jokowi-Ma'ruf," kata Ade dilansir dari Detik, Kamis (18/4). "Hasilnya Paslon 01, 39 suara dan Paslon 02, 165 suara."

Berdasarkan penuturan Ade, sebagian besar masyarakat yang mencoblos di TPS 19 bermata pencaharian sebagai pegawai perkebunan teh Dayeuh Manggung. Ia mengatakan bahwa selain Kampoeng Jokowi, ada kawasan wisata lainnya seperti Kampung My Darling dan Kampung Amsterdam. Warga dari ketiga kawasan tersebut tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 19. "Di sini ada tiga kampung wisata, yaitu Kampung Jokowi, Kampung My Darling, dan Kampung Amsterdam," jelas Ade.

Kampoeng Jokowi sendiri merupakan kawasan wisata yang banyak dihuni oleh pekerja kebun teh. Objek wisata ini menawarkan tak hanya pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk, namun juga kesederhanaan khas perkampungan di sana.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Jokowi-Ma'ruf berhasil mendulang perolehan suara maksimal di TPS dimana Cawapres 02 Sandiaga Uno memberikan hak pilihnya. Diketahui, Sandiaga yang ditemani istrinya, Nur Asia Uno, mencoblos di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Drai penghitungan yang dilakukan, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 133 suara sedangkan Paslon 02 tertinggal jauh di perolehan 76 suara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...