Ketahui 10 Cara Alami Mencegah Ambeien Agar Tidak Kambuh Lagi
Health

Apa kalian salah satu penderita ambeien? Penyakit satu ini cukup sulit diatasi. Maka dari itu, lebih baik mencegahnya dengan melakukan 10 hal ini. Simak di bawah ini, yuk!

WowKeren - Ambeien merupakan penyakit di mana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum membengkak dan merangsang. Penyakit yang disebut wasir ini disebabkan karena tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus.

Apa kalian salah satu penderita ambeien? Penyakit satu ini cukup sulit diatasi. Saat sedang kambuh, pederitanya mengalami sakit saat duduk terlalu lama. Ketika berjalan pun terdapat rasa tidak nyaman. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari.


Nah, berikut 10 cara mencegah ambeien agar tidak kambuh lagi. Mau tahu apa saja? Ayo simak di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan yang Memiliki Banyak Serat


Konsumsi Makanan yang Memiliki Banyak Serat

Cara pertama agar ambeien tidak kambuh adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Serat merupakan bagian penting dari pola makan dan pencernaan yang sehat. Serat akan membantu kalian mencegah ambeien kembali. Kalian bisa mendapatkan serat dari makanan ataupun suplemen.

Konsumsi sekitar 25 sampai 30 gram serat setiap hari. Makanan yang memiliki kandungan banyak serat, yakni kacang, brokoli, biji-bijian, bayam, pisang matang, apel, pir dan masih banyak lagi.

2. Kurangi Konsumsi Makan Pedas


Kurangi Konsumsi Makan Pedas

Buat kalian yang suka makanan pedas, sebaiknya hindari terlebih dahulu. Kurangi tingkat kepedasan dari makanan yang kalian konsumsi. Pasalnya, cabai merupakan salah satu makanan yang menyebabkan susah BAB. Jika dibiarkan terlalu lama akan memicu timbulnya ambeien.

3. Minum Banyak Air Putih untuk Hindari Ambeien


Minum Banyak Air Putih untuk Hindari Ambeien

Selain makan banyak serat, kalian juga harus minum air putih secara cukup. Menghidrasi tubuh dengan memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan akan membantu usus bekerja dengan sempurna. Air putih yang banyak akan membantu supaya sembelit dapat dicegah dengan baik sehingga wasir juga dapat dicegah.

Setiap orang seharusnya mengonsumsi air putih sebaiknya minum air putih sebanyak 6-8 gelas perhari. Asupan cairan juga dapat dibantu dengan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka.

4. Jangan Terlalu Banyak Duduk


Jangan Terlalu Banyak Duduk

Salah satu penyebab terjadinya ambeien adalah terlalu banyak duduk. Hal ini lantaran duduk terlalu lama akan menekan anus sehingga wasir muncul. Biasanya hal ini terjadi pada orang kantoran yang hampir 8 jam selalu duduk di depan komputer.

Maka dari itu, coba beristirahat sekitar 30 menit atau satu jam sekali jika tengah berada di kantor. Ketika di rumah pun, sebaiknya lakukan aktivitas dengan berdiri atau berjalan-jalan. Simak olahraga ringan yang dapat kalian lakukan saat sibuk di sini.

5. Jangan Pernah Menunda BAB


Jangan Pernah Menunda BAB

Jika sudah merasa ingin buang air besar, jangan pernah menahannya. Hal ini enggak baik karena dapat memicu ambeien, lho. Jadi, kapanpun hasrat tersebut datang, segera selesaikan. Terkadang seseorang yang susah buang air besar juga dikarenakan terlalu sering menahan BAB.

6. Jangan Mengejan saat BAB


Jangan Mengejan saat BAB

Mengejan apalagi yang dilakukan dengan sekuat tenaga hanya akan memperbesar resiko ambeien. Kalian harus menghindari mengejan karena pembuluh darah akan tertekan sehingga memicu ambeien dan pendarahan yang menyakitkan.

Meski tidak baik, bukan berarti kalian tak boleh mengejan. Perhatikan seberapa besar kekuatan yang kalian lakukan saat melakukannya.

7. Hindari Mengangkat Beban Terlalu Berat


Hindari Mengangkat Beban Terlalu Berat

Penelitian menunjukkan kelebihan beban pada tubuh bagian bawah, dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan hemaroid. Jadi, ketika kalian sedang mengangkat barang-barang atau olahraga angkat beban, ingat untuk bernapas secara teratur untuk meringankan tekanan pada kuartal belakang tubuh kalian.

8. Hati-Hati Terhadap Obat Laksatif (Obat Pencahar)


Hati-Hati Terhadap Obat Laksatif (Obat Pencahar)

Laksatif atau obat pencahar banyak digunakan oleh mereka yang sering mengalami sembelit. Suplemen seperti ini diketahui banyak mengandung serat sehingga sangat menolong untuk buang air besar semakin lancar.

Namun obat pencahar perlu diwaspadai. Tekanan ambeien dapat meningkat karena obat pencahar. Gejala wasir juga bisa muncul karena laksatif. Kalian dapat memilih laksatif osmotik yang cara kerjanya hanya menaikkan jumlah air yang ada pada usus sehingga menurunkan resiko sembelit.

9. Lakukan Diet yang Sehat


Lakukan Diet yang Sehat

Banyak orang yang mengalami sembelit disebabkan karena diet yang tidak sehat. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak hanya air dan serat, namun juga vitamin dan mineral lainnya. Karena penyebab ambeien bisa datang dari sembelit, makan diet sehat perlu dilakukan. Simak jenis-jenis diet yang sehat dilakukan agar tidak memicu ambeien di sini.

10. Rajin Olahraga untuk Cegah Ambeien


Rajin Olahraga untuk Cegah Ambeien

Olahraga merupakan obat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Harvard Health menganjurkan agar seseorang melakukan 20 hingga 30 menit sehari latihan aerobik intensitas moderat, seperti jalan cepat, untuk merangsang perut dan membuat jadwal BAB menjadi teratur. Olahraga juga dilakukan agar kalian tidak terlalu lama duduk.

Nah, buat yang sedang berjuang mengatasi ambeien, kalian dapat melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Simak di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...