Franz Magnis Minta Jokowi-Prabowo Ngopi Bareng Demi Suasana Kondusif Pasca Pemilu
Twitter/muhammadiyah
Nasional

Rohaniawan Romo Franz Magnis Suseno ikut prihatin melihat kondisi pasca pemilu yang belum juga kondusif. Untuk itu, Franz berharap dua paslon dapat saling bertemu.

WowKeren - Selesainya pemungutan suara capres-cawapres belum dapat menenangkan situasi nasional. Penghitungan cepat yang telah dilakukan berbagai lembaga survei rupanya justru menimbulkan ketegangan baru bagi masing-masing kubu pendukung.

Suasana ini membuat rohaniawan Franz Magnis Suseno ikut angkat bicara. Menurut Franz, dua pasangan calon yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin] dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno baiknya saling bertemu untuk menenangkan para pendukung yang masih saling bersitegang.


Franz juga meminta pasangan capres-cawapres tersebut saling menyampaikan permintaan maaf. Hal ini diharapkan dapat mempercepat persatuan masyarakat. Berbagai kegiatan seperti minum kopi hingga menunggang kuda bersama dapat dilakukan kedua paslon.

"Malah lebih baik kalau bisa bertemu sekarang, minum kopi bersama, mungkin minta maaf kalau ada kata-kata yang terlalu keras dan kalau mau juga bisa naik kuda bersama," ujar Franz dilansir Republika. "Saya anggap itu akan sangat kondusif bagi masyarakat."

Franz juga berharap kedua paslon maupun para pendukungnya dapat menghormati hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat diumumkan kelak. Sang pemenang pun diharapkan tidak bereuforia berlebihan, sedangkan pihak yang tak terpilih juga dapat menerima keputusan KPU dengan lapang dada.

Selanjutnya, Romo Franz berpesan agar Presiden dan Wakil Presiden terpilih agar dapat merangkul seluruh masyarakat dan membawa Indonesia menjadi lebih baik. "Siapa pun yang menang nanti bahwa menjadi presiden itu untuk seluruh bangsa. Bukan hanya untuk mereka yang memilihnya. Juga partai-partai yang berhasil maju ke DPR harus merasa bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa Indoensia," tutup Franz.

You can share this post!

Related Posts
Loading...