Ingin Mudik Lancar? Cobain 7 Aplikasi Gratis Yang Bisa Bikin Pulang Kampung Jadi Nyaman
Tekno

Di era teknologi saat ini, banyak aplikasi yang disediakan untuk memudahkan perjalanan mudik kalian secara gratis loh. Berikut ini ada 7 aplikasi yang bakal membuat urusan mudik kalian jadi lancar dan nyaman.

WowKeren - Beberapa hari lagi, para umat muslim di Indonesia akan merayakan hari raya Idul Fitri atau sering disebut "Lebaran". Selama lebaran masyarakat Indonesia umumnya akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul dan bersilaturahmi, tradisi ini sering disebut "Mudik".

Tak boleh main-main, berbagai persiapan harus dilakukan sebelum melakukan mudik terutama bagi kalian yang naik kendaraan pribadi. Mulai dari kesehatan fisik, kondisi kendaraan, maupun pemilihan jalur harus dipikirkan secara matang. Salah-salah kalian bisa mengalami berbagai gangguan ketika sedang mudik seperti kelelahan dan mabuk darat. Simak bagaimana caranya menanggulangi mabuk kendaraan di sini.

Di era teknologi saat ini, banyak aplikasi yang disediakan untuk memudahkan perjalanan mudik kalian secara gratis loh. Berikut ini ada 7 aplikasi yang bakal membuat urusan mudik kalian jadi lancar dan nyaman. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel berbasis android maupun iPhone dan ada yang disediakan langsung dari pihak jasa marga dan Polri loh. Yuk simak di sini!

(wk/putr)

1. HERE WeGo Yang Bisa Diakses Tanpa Koneksi Internet


HERE WeGo Yang Bisa Diakses Tanpa Koneksi Internet

HERE WeGo adalah salah satu aplikasi peta yang bisa kalian coba untuk mudik. Aplikasi buatan Nokia ini mulai populer pada 2014 lalu dan menjadi saingan terberat dari Google Maps pada saat itu. Hal ini karena aplikasi HERE WeGo mampu menyuguhkan peta yang terbilang lengkap. Enggak hanya peta Indonesia saja, aplikasi ini juga bisa menampilkan peta dari berbagai belahan dunia.

Tak perlu takut kuota kalian akan habis, karena aplikasi ini bisa diakses tanpa koneksi internet. Kalian bisa mengunduh peta area yang diinginkan, lalu usai mengunggahnya kalian bisa melihat peta tersebut secara offline. Hal tersebut tentunya sangat berguna ketika pemudik dalam kondisi tidak punya atau dapat koneksi internet di jalan.

Aplikasi HERE WeGo juga akan menampilkan informasi lalu lintas untuk kawasan perkotaan. Kalian akan mendapat informasi lengkap mengenai macet tidaknya jalan tersebut. Semua fitur dan kelebihannya itu dibungkus dalam tampilan antarmuka yang sederhana dan elegan.

2. Dapatkan Informasi Rute Mudik Yang Akurat Dengan Waze


Dapatkan Informasi Rute Mudik Yang Akurat Dengan Waze

Nama aplikasi Waze mungkin sudah tak asing lagi di telinga para pengguna smartphone. Aplikasi ini bisa dibilang salah satu aplikasi peta favorit pemudik selain Google Maps. Hal ini karena Waze memberikan fitur yang akan menampilkan informasi lengkap dan akurat sebuah jalur.

Dengan Waze, kalian bisa mengetahui tingkat kemacetan yang ada di setiap jalur dan mendapat jalur alternatif tercepat. Para pengguna Waze juga dapat mendapat informasi dan laporan kondisi jalan dari pengguna Waze lain yang melewati jalan sama secara langsung.

Waze juga menyediakan fitur yang akan memberi tahu kamu tentang lalu lintas, polisi, kecelakaan, dan jalur rusak secara real-time. Hal ini tentunya memudahkan pemudik yang ingin sampai ke kampung halaman dengan cepat, aman dan nyaman.

3. Pulang Kampung Nyaman Dengan Aplikasi NTMC Mudik


Pulang Kampung Nyaman Dengan Aplikasi NTMC Mudik

NTMC Mudik merupakan aplikasi yang dirilis oleh Korlantas Mabes Polri dan sudah digunakan sejak mudik Lebaran 2018 silam loh. Dalam aplikasi ini, para pemudik dapat mengetahui berbagai informasi seperti titik kemacetan, SPBU dan rest area, serta hal-hal penting lainnya.

Selain itu, dalam NTMC Mudik terdapat fitur NTMC TV yang menayangkan video kondisi lalu lintas secara langsung. Video lalu lintas ini didapatkan dari beberapa CCTV yang dipasang di titik utama jalur mudik. Fasilitas ini tentunya sangat membantu pemudik dalam memilih jalur yang akan dilalui menuju tempat destinasi agar terhindar dari macet.

Tak perlu khawatir jika kalian mengalami berbagai masalah di tengah perjalanan mudik. Pasalnya di NTMC Mudik juga dilengkapi berbagai fitur yang membuat kalian bisa mengakses informasi Jasa Marga, Jasa Raharja, dan bahkan Polri.

4. Pantau Lalu Lintas Jalur Mudik Dengan RTTMC


Pantau Lalu Lintas Jalur Mudik Dengan RTTMC

RTTMC bisa dibilang merupakan versi mobile dari web http://rttms.dephub.go.id yang berisi informasi seputar lalu lintas. Kalian bisa mengakses berbagai jalur nasional khususnya yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) dan Kementrian Perhubungan.

Berbagai lokasi bisa dipantau secara langsung, seperti Pelabuhan Merak, Tol Cikampek, Tol Jagorawi, Tol Cipali, dan sejumlah lokasi lain. Untuk bisa melihat live CCTV melalui RTTMC, kalian perlu mengunduh atau download aplikasi CCTV terlebih dahulu.

Para pengguna aplikasi RTTMC akan mendapatkan akses tentang kondisi terkini melalui live streaming CCTV, info lalu lintas, info jalur alternatif, dan berita arus mudik. Selain itu RTTMC ini juga dilengkapi dengan informasi nomor penting seperti kantor polisi atau rumah sakit terdekat.

5. Rencanakan Mudik Nyaman Dengan Travoy


Rencanakan Mudik Nyaman Dengan Travoy

Aplikasi besutan Jasa Marga ini bisa dibilang merupakan aplikasi serba bisa. Travoy bakal membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan menginput tanggal keberangkatannya. Aplikasi ini lalu akan mencocokkan tanggal tersebut dengan data pengguna lainnya, sehingga kalian bisa melihat berapa banyak orang yang akan mudik di tanggal tersebut.

Selain itu aplikasi ini juga menawarkan sejumlah informasi penting lainnya seperti tarif tol dan rest area. Kalian bahkan bisa memesan makan di rest area yang berjarak 20 kilometer dengan aplikasi ini. Travoy juga memiliki fitur bernama Yuk Mampir yang menampilkan destinasi wisata dan kuliner di luar jalan tol.

6. Atasi Mogok Tengah Jalan Dengan Aplikasi Obeng


Atasi Mogok Tengah Jalan Dengan Aplikasi Obeng

Kita enggak pernah memprediksi kapan insiden bakal terjadi saat mudik. Beberapa kejadian yang tak mengenakkan seperti ban bocor, mogok atau hal lain mungkin terjadi di tengah perjalanan mudik. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan kendaraan sebaik mungkin.

Namun jika sudah kejadian, maka kalian harus bertindak dengan sigap agar masalah tersebut cepat teratasi. Tak perlu bingung dan panik jika mobil atau motor kalian mogok di tengah perjalanan, karena sekarang ada aplikasi bengkel online bernama Obeng.

Obeng adalah aplikasi yang dirancang untuk mempermudah kamu mendapatkan lokasi bengkel terdekat. Tak cuma itu saja, pemilik bengkel juga bisa mendaftarkan bengkelnya agar dapat dengan mudah ditemukan. Beberapa bengkel dalam aplikasi ini juga bersedia untuk menjemput kalian di lokasi mogok yang pastinya sangat berguna banget.

7. Du Bettery Saver Pro Yang Bikin Kamu Hemat Baterai Ponsel


Du Bettery Saver Pro Yang Bikin Kamu Hemat Baterai Ponsel

Saat mudik mungkin banyak pemudik yang mengandalkan ponsel sebagai pemandu utama. Mulai dari peta online navigasi sampai aplikasi lainnya pasti akan membuat beterai ponselmu cepat habis. Nah, jika ponsel kalian enggak memiliki kapasitas baterai besar atau power bank, maka kalian wajib punya aplikasi penghemat baterai.

Salah satu aplikasi penghemat baterai yang patut dicoba adalah Du Bettery Saver Pro. Aplikasi ini mampu menghemat dan meningkatkan kecepatan pengisian daya adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan di background dan koneksi yang enggak diperlukan. Selain itu, dalam aplikasi ini juga ada fitur cooler yang membuat ponselmu tidak cepat panas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait