BPN Imbau Massa Pro-Prabowo Pantau Sidang MK Dari Rumah Saja
Instagram/mahkamahkonstitusi
Nasional

Juru Bicara BPN Andre Rosiade juga menyebut Prabowo-Sandiaga sengaja tidak menghadiri sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di MK demi menghindari mobilisasi massa.

WowKeren - Sidang perdana permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019 digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Jumat (14/6). Namun kedua Calon Presiden (Capres) diketahui tidak menghadiri sidang tersebut. Apabila Capres 01 Joko Widodo diketahui tengah melakukan kunjungan kerja (kuker) di Bali, maka publik menyimpan tanya soal ketidakhadiran Capres 02 Prabowo Subianto.

Hal ini pun dijawab oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Juru Bicara BPN Andre Rosiade menyebut ketidakhadiran Prabowo dan Sandiaga dalam sidang perdana sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 demi menghindari aksi massa.

"Beliau (Prabowo-Sandiaga) tidak hadir hari ini juga untuk menjamin agar pendukung beliau tidak datang," kata Andre di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (14/6). "Kalau seandainya Prabowo-Sandiaga hadir sidang MK pertama, tentu akan mengundang para pendukung untuk hadir."

Andre mengaku kedatangannya ke MK untuk memastikan pendukung Prabowo-Sandiaga tidak datang ke MK. Ia pun mengingatkan kembali imbauan yang sudah Prabowo serukan beberapa waktu lalu supaya pendukungnya memantau sidang dari rumah masing-masing.


"Kedatangan kami ke sini sebagai jubir untuk memantau dan memastikan bahwa imbauan Pak Prabowo kepada seluruh pendukung itu bisa berjalan," ujarnya, seperti dikutip dari laman DetikNews. "Di mana Pak Prabowo sekali lagi mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, (khususnya) pendukung beliau untuk tidak usah datang ke MK. Saksikan saja sidang MK di rumah masing-masing."

"Ya kita imbau supaya konsentrasi menonton di rumah," imbuh Andre. "Percayalah kuasa hukum kita akan memberi kejutan luar biasa dalam persidangan. Saya jamin tim kuasa hukum akan beri kejutan luar biasa setiap hari di sidang."

Ketika ditanya soal keberadaan Prabowo, politikus Partai Gerindra itu pun menyebut Prabowo sedang menyaksikan persidangan di kediamannya di Hambalang, Bogor. Direncanakan sore hari Prabowo baru akan ke rumah Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sementara itu segerombolan massa yang mengatasnamakan Alumni Universitas Indonesia terpantau menggelar aksi di area dekat Gedung MK, tepatnya di kawasan Patung Kuda. Massa mengaku datang untuk mengawal sidang perdana tersebut.

Massa tersebut membawa sejumlah spanduk bertuliskan "People Need Justice!" dan "Social Injustice is Against Pancasila". Mereka juga membawa poster bertuliskan "Kami menolak kecurangan dan ketidakadilan".

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait