Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dibuat Terharu Saat Dibisiki Ini Oleh Anak Sutopo Purwo Nugroho
Nasional

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengenang mendiang Sutopo Purwo Nugroho sebagai sosok yang cerdas dan pintar. Ganjar mengaku mengenal Sutopo secara pribadi.

WowKeren - Kepergian Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, meninggalkan duka mendalam bagi keluarganya. Putra mendiang Sutopo pun sempat membisikkan perasaannya kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang hadir melayat ayahnya pada Minggu (7/7).

"Saya terharu betul tadi malam di rumah beliau (di Depok), ketemu dengan anaknya. Saya peluk anaknya dan dia membisikkan ke telinga saya. 'Pak Gubernur, sekarang Bapak tidak sakit lagi'," tutur Ganjar di lokasi pemakaman Sutopo di Boyolali pada Senin (8/7). "Sebuah ketabahan yang luar biasa yang nampaknya diturunkan oleh seorang atau sosok Sutopo kepada keluarganya. Ini anaknya luar biasa."

Ganjar menilai bahwa ketabahan tersebut merupakan warisan Sutopo kepada keluarganya. Ganjar menceritakan bahwa dalam kesehariannya, Sutopo tak hanya mengajarkan tentang dedikasi dan profesionalitas, melainkan juga ketabahan.

"Beliau menyampaikan banyak hal, bukan hanya tentang kebencanaan," ujar Ganjar. "Tetapi juga menyampaikan pesan bahwa 'saya sakit, saya bekerja'."


Sementara itu, mendiang Sutopo sendiri dikenang Ganjar sebagai sosok yang pintar dan cerdas. Ganjar mengaku mengenal Sutopo secara pribadi.

"Anaknya (Sutopo) smart, cerdas, luar biasa. Saya kenal dengan dirinya pribadi, saya kenal dengan istrinya. Kita pernah sekolah bareng dan dia ceritakan. Bahkan dalam candaan-candaan, saya cari videonya, waktu acara talk show di Boyolali waktu itu, dia masih ledek-ledek saya," ungkap Ganjar. "Satu gaya yang menurut saya orang cerdas, posisi penting tetap egaliter dan selalu ada ruang-ruang untuk bercanda dengan sahabat."

Diketahui, mendiang Sutopo meninggal dunia di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, Tiongkok, pada Minggu (7/7) sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo tutup usia setelah berjuang melawan kanker paru-paru yang dideritanya sejak tahun 2017 lalu.

Di sisi lain, Sutopo dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Sonolayu, Boyolali Kota, pagi tadi (8/7). Upacara pemakaman Sutopo dipimpin langsung oleh Kepala BNPB, Letjen (TNI) Doni Monardo.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait