Viral Potensi Gempa 8,8 SR dan Tsunami 20 Meter di Pulau Jawa Hingga Resahkan Warga, BMKG Buka Suara
Nasional

Menurut Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhammad Sadly, wilayah di Indonesia memang berpotensi terguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo yang beragam.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, sempat beredar kabar mengenai risiko gempa bumi dan tsunami yang akan menimpa Pulau Jawa. Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko menyebut bahwa bagian selatan Pesisir Pulau Jawa berpotensi diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 8,8 dan gelombang tsunami yang mencapai 20 meter.

Menanggapi kabar viral yang sempat menimbulkan keresahan warga tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun buka suara. Pernyataan tersebut diungkapkan BMKG lewat unggahan di akun Instagram resmi mereka pada Minggu (22/7).


Menurut Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhammad Sadly, Indonesia memang berpotensi terguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo yang beragam. Namun, BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi lantaran hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memberikan hal itu.

"Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, dimana, dan berapa kekuatannya," jelas Sadly dalam keterangannya. "Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi."

Selain itu, terkait dengan kajian pakar tsunami tersebut, BMKG menjelaskan bahwa hal itu hanya sekadar potensi, bukan suatu prediksi yang pasti. Masyarakat juga diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang beredar.

"Berdasarkan kajian para ahli bahwa zona megathrust Selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimum 8,8 M. Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu," jelas Sadly. "Untuk itu kita semua harus melakukan upaya mitigasi struktural dan non-struktural dengan membangun bangunan aman gempa, melakukan penataan tata ruang pantai yang aman tsunami, serta membangun kapasitas masyarakat terkait cara selamat saat terjadi gempa bumi dan tsunami."

Menanggapi unggahan BMKG ini, warganet pun memberikan banyak komentar. Sebagian besar warganet berharap agar semua pihak tetap dapat terlindungi.

"Semoga allah lindungi kami semua dan seluruh alam smesta ini..amin," komentar akun @ti***ma. "Semoga semua di lindungi," timpal akun @ay***an. "Mohon kepada netizen untuk bisa membedakan Potensi dan Prediksi," tambah akun @_r***ah.

You can share this post!

Related Posts
Loading...