Anies Baswedan Tanggapi Mendagri: Bagus Kalau Transparan, Diumumkan Gubernur Siapa Pergi Kemana
Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk membuat aturan mengenai izin perjalanan dinas keluar negeri.

WowKeren - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo belum lama ini menyinggung aktivitas kepala daerah yang kerap melakukan perjalanan dinas keluar negeri. Untuk itu, Tjahjo mengatakan bahwa kepala daerah yang hendak melakukan perjalanan dinas keluar negeri harus mengajukannya sepuluh hari sebelum keberangkatan.

Tjahjo pun telah mengeluarkan surat edaran berupa Standar Operasional Prosedur (SOP) pengajuan permohonan izin dinas ke luar negeri. Surat bernomor 009/5545/SJ itu ditujukan untuk seluruh kepala daerah termasuk bupati dan walikota.

Lebih jauh, Tjahjo juga sempat mencontohkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kerap dinas keluar negeri. Untuk kasus Anies, Tjahjo tidak menyinggung soal izin namun kosongnya kursi Wagub DKI Jakarta.


Menanggapi hal ini, Anies mendukung agar Tjahjo segera menerbitkan aturan tersebut. Dengan begitu, masyarakat umum bisa tahu aktivitas kenegaraan seperti apa yang dilakukan oleh kepala daerah yang melakukan perjalanan dinas keluar negeri.

"Karena dengan begitu saya bisa menunjukkan bedanya." kata Anies di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (22/7). "Kalau saat ini orang tidak tahu pergi ke luar negeri itu apa jalan-jalan, studi banding atau berbicara. Kalau saya pergi saya pasti berbicara, pasti kegiatan resmi dengan pemerintah di sana."

Menurutnya, akan lebih baik jika perjalanan tersebut dibuat lebih transparan sehingga semua bisa tahu kepala daerah mana saja yang sedang perjalanan dinas dan apa tujuannya. "Buat saya, nih, dibuat transparan. Bagus kalau ada aturannya, diumumkan saja. Gubernur siapa, pergi ke mana, berapa lama, urusan apa," imbuh Anies.

Sebelumnya, Tjahjo menerbitkan aturan ini dalam rangka untuk menghadirkan tertib administrasi dan koordinasi terkait perjalanan dinas keluar negeri. "Sebagai contoh Pak Anies, ya. Dia enggak ada wakil, tapi satu tahun berapa kali dia, hampir sebulan dua-tiga kali. Ada, lho, gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo di Jakarta, Senin (22/7).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait