Viral 'Eyang Ibung' Bisa Ramal Gempa, BNPB Minta Masyarakat Tak Asal Percaya
SerbaSerbi

Sekitar 4 jam sebelum gempa bumi terjadi, sosok pria bersongkok hitam yang dikenal sebagai Eyang Ibung ini sudah meramalkan bencana tersebut. Ramalannya pun membuat geger warganet.

WowKeren - Gempa bumi yang melanda Banten pada Jumat (2/8) malam memang memunculkan sejumlah cerita. Salah satunya soal pria yang disebut sudah meramalkan gempa itu.

Pria yang dikenal bernama Eyang Ibung ini menyampaikan ramalannya lewat status Facebook-nya. Menariknya, ia memprediksi gempa bermagnitudo 6,9 itu sekitar empat jam sebelum peristiwa terjadi.

"Eyang ibung sedang meramal gempa nanti sore antar jam 7 dan jam 8," tulisnya melalui akun Facebook Eyang Ibung pada Jumat (2/8) pukul 15.11 WIB. Dalam statusnya, ia pun mengunggah gambar secangkir kopi di atas cawan bermotif bunga.

Menanggapi viralnya sosok Eyang Ibung tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun angkat bicara. BNPB dengan tegas meminta masyarakat untuk tak asal percaya terhadap ramalan seperti itu. Sebab, menurut BNPB, gempa bumi adalah fenomena alam yang tak bisa diprediksi dengan presisi momentumnya.


"Kita sudah berkali-kali sosialisasikan bersama dengan BMKG," ujar Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, dilansir dari Detik News, Sabtu (3/8). "Bahwa gempa itu tidak bisa diprediksi sampai detail, menit berapa, hari apa, jam berapa."

Oleh karena itu, Pelaksana Harian (Plh) Pusat Data, Informasi, dan Humas (Pusdatinmas) BNPB Agus Wibowo mengimbau agar masyarakat tidak percaya terhadap Eyang Ibung. Senada dengan Lilik, menurutnya tidak ada pakar gempa bumi yang mampu memprediksi waktu kejadian. Mereka hanya bisa menghitung potensi dan lokasi gempa yang akan terjadi.

"Kepada warganet, mohon jangan percaya dengan ramalan Eyang Ibung atau siapa saja yang bisa meramal kapan akan terjadi gempa," jelas Agus saat dihubungi terpisah. "Selalu siap siaga menghadapi gempa, itu adalah sikap yang tepat."

Sebelumnya, kehebohan warganet soal Eyang Ibung pun sempat menjadi kontroversi. Kendati banyak yang kagum atas dugaan presisi sang pria bersongkok hitam tersebut, tak sedikit pula yang menilai pernyataan Eyang Ibung hanya kebetulan. Bahkan ada warganet yang menjuluki ramalan Eyang Ibung sebagai sesuatu yang syirik atau sesat.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru