Jadwal Ujian Masuk PTN 2020 Rencananya Dimajukan Jadi Akhir Tahun Ini, Siswa SMA Protes
Nasional

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Naim, menyebut bahwa ujian masuk PTN 2020 segmen UTBK akan diadakan kala siswa SMA memasuki semester 5, atau semester pertama pada kelas XII.

WowKeren - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berencana untuk memajukan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2020 menjadi pada akhir tahun 2019. Rencana tersebut akan diberlakukan untuk segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Memang (akan) dimajukan," jelas Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Naim, dilansir CNN Indonesia, Rabu (14/8). Meski demikian, Ainun mengaku pihaknya belum menentukan tanggal pelaksanaan UTBK 2020.

Ainun hanya menyebut bahwa ujian masuk PTN 2020 segmen UTBK akan diadakan kala siswa SMA memasuki semester 5, atau semester pertama pada kelas XII. "Sehingga siswa SMA yang sudah kelas 3 itu sudah mulai ikut seleksi," ungkap Ainun.

Menurut Ainun, proses ujian masuk perguruan tinggi sebelum siswa SMA lulus sudah diterapkan di berbagai negara. Sebut saja Australia, Singapura, hingga Amerika Serikat.


"Ya seperti di Australia itu orang bisa daftar perguruan tinggi pas kelas tiga sebelum lulus," tutur Ainun. "Singapura juga, AS juga, jadi tujuannya untuk memperluas kesempatan."

Tak hanya dimajukan jadwalnya, Ainun juga menyebut akan ada kemungkinan penambahan jumlah gelombang pada tes tersebut. Dengan demikian, para siswa siswi diharapkan bisa mendapat kesempatan lebih banyak untuk bisa diterima di PTN yang diinginkan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismunandar, menjelaskan bahwa ujian yang dimajukan tidak akan berpengaruh pada kompetensi murid meski dihelat saat siswa belum lulus. Rencana tersebut juga masih dikaji lagi dan akan dilakukan proses penentuan. "Kalau jadi maju pasti TPA-nya sampai (materi) kelas 2," ungkap Ismunandar,

Meski masih berupa rencana, kemajuan jadwal UTBK 2020 ini telah mendapat penolakan dari beragam pihak. Sejumlah siswa SMA hingga orangtua murid memprotes rencana tersebut di media sosial.

"UN lahh yg dimajuin, biar waktu buat persiapan UTBK lebih panjang..... yg lebih penting masuk universitas kan?" komentar akun @HF***na. "Saya,ortu dr anak kelas XI, tdk s7 klo utbk dimajukan. sbb akan berpengaruh saat anak persiapan UN. jk ditrima mungkin belajar jd ngasal krna mentang2 sdh ditrima univ.klo ttg pilhan mo ptn/pts/LN ya itu smua anak sdh pny cita2/planing jauh2 hari," timpal akun @Ec***st. "Kalau mau begitu kenapa gak dari awal semester kelas 12 kita difokuskan materi UTBK aja? Ini tinggal beberapa bulan kalo misal jadi dimajukan lho, emang gak cape ya ngejar materi pelajaran sekolah sama materi UTBK? Belum tugas sekolah masih sering ada nih. Tolong dimengerti," tambah akun @hy***km.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru