Pertamina Ajak Generasi Milenial Jaga Aset Perairan Indonesia Bersama Menteri Susi
Nasional

Melalui produk unggulannya Pertamina turut mengajak generasi milenial berpartisipasi dalam Gerakan Menghadap Laut 2.0 bersama Menteri Susi Pudjiastuti. Tujuan kegiatan ini untuk menjaga aset perairan di Indonesia.

WowKeren - Melalui produk unggulannya Pertamax, Pertamina telah berpartisipasi dalam kegiatan Gerakan Menghadap Laut 2.0 yang diselenggarakan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam pernyataan resminya, pihak Pertamina memang sengaja mengajak generasi milenial penerus bangsa untuk ikut menjaga aset bangsa Indonesia.

"Kami mengajak generasi milenial penerus bangsa yang juga sebagai pengguna bahan bakar kendaraan jenis Pertamax untuk mengambil peran dalam menjaga aset bangsa Indonesia termasuk area perairan,” kata Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid dalam keterangan tertulis, Senin (19/8).

Pertamax mengajak konsumennya terutama generasi milenial untuk melestarikan dan juga menjaga kebersihan wilayah perairan di Indonesia. Hal itu dilakukan agar masyarakat yang memiliki mata pencaharian di laut bisa mempertahankan ekosistem sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya.

Pada tanggal 18 Agustus 2019 kemarin, kegiatan Gerakan Menghadap Laut 2.0 diadakan berpusat di Pantai Timur Kelurahan Ancol. Kegiatan tersebut mencakup aksi bersih-bersih pantai ini diselenggarakan secara serentak di 74 lokasi di seluruh Indonesia baik pantai, laut maupun sungai.


Tidak hanya di daratan, gerakan ini dilengkapi dengan bersih-bersih laut yang dilakukan oleh sejumlah kapal yang berlayar di perairan nusantara pada saat yang bersamaan.Kegiatan tersebut kini telah menjadi bagian dari Aksi Rencana Nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut.

Pandu Laut Nusantara yang merupakan gerakan sosial masyarakat telah menjadikan agenda ini sebagai bagian yang penting dari aksi melestarikan laut Indonesia. Pandu Laut Nusantara sendiri diresmikan pada 2018, terdiri atas berbagai lapisan individu dan komunitas yang menaruh perhatian pada keberlangsungan kehidupan laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan jika laut adalah milik bangsa, sehingga yang harus menjaga bukan hanya pemerintah atau pandu laut saja tetapi semua masyarakat Indonesia.

“Oleh karena laut adalah masa depan bangsa, saya mengimbau segenap elemen bangsa untuk turut menjaga lautan Indonesia. Bukan hanya dari para pencuri ikan, tetapi juga dari kegiatan destructive fishing, penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, dan yang tak kalah penting cemaran sampah laut terutama sampah plastik. Jangan ada lagi yang membuang sampah ke laut dan kurangi penggunaan plastik sekali pakai,” kata Menteri Susi Pudjiastuti.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru