Hilangnya 4 Korban yang Kerangkanya Ditemukan di Banyumas Sempat Dikaitkan Dengan Gafatar
Nasional

Teka-teki hilangnya keempat anggota keluarga Misem selama 5 tahun akhirnya terungkap. Selama menghilang banyak asumsi warga yang mengaitkan dengan organisasi terlarang Gafatar.

WowKeren - Misteri hilangnya ketiga anak dan cucu Misem yang merupakan warga Grumbul Karanggandul, Desa Pasinggangan, Kecamatan/Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, selama hampir lima tahun terakhir akhirnya terungkap.

Nyatanya, Ketiga anak Misem, Supratno alias Ratno (51), Sugiono alias Yono (46), dan Heri Sutiawan alias Heri (41), serta cucu Misem, Vivin Dwi Loveana alias Pipin (22), anak Ratno, selama ini terkubur di belakang rumah dan penemuan kerangkanya sempat membuat geger Sabtu (24/8).

Sebelum menghilang, keempatnya semoat dikabarkan merantau entah ke mana. Namun, ada pula yang yang berspekulasi hilangnya mereka terkait dengan organisasi atau kelompok terlarang.

Kecurigaan tersebut disebabkan menghilangnya Ratno yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas sebagai penjaga perpustakaan di SMP Negeri 4 Banyumas, dan Vivin yang kala itu masih berstatus mahasiswi di IAIN Purwokerto.


Pada 9 Oktober pihak sekolah mendatangi kediaman Misem untuk mengonfirmasi keberadaan Ratno. Namun, saat itu Saminah, adik Ratno yang kini jadi tersangka, hanya menjawab kalau sang kakak merantau ke luar kota.

Pihak sekolah akhirnya mengirimkan surat teguran secara bertahap karena PNS tersebut tidak masuk tanpa kabar. Hingga akhirnya Ratno diberhentikan secara hormat pada 17 Maret 2015.

Salah seorang guru senior di SMP Negeri 4 Banyumas, Nasrun mengatakan jika setelah Ratno menghilang, muncul kasus Gafatar sehingga orang-orang berspekulasi jangan-jangan ia ikut Gafatar. Spekulasi tersebut makin kencang setelah diketahui beberapa warga Banyumas yang turut bergabung dengan Gafatar di Kalimantan.

Tak hanya itu, Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, pihak kampus juga sempat mencari keberadaan Vivin. Namun, jawaban serupa yang didapatkan dari keluarga, mereka merantau.

Telah diketahui sebelumnya, bahwa polisi telah menetapkan empat tersangka dalam kasus tersebut. Mereka adalah Saminah (53), anak Misem (76), dan ketiga anak Saminah, yaitu Sania Roulitas alias Sania (37), Irvan Firmansyah alias Irvan (32), dan Achmad Saputra alias Putra (27).

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru