Baru Diluncurkan, Esemka Diguncang Isu Jiplak Mobil Tiongkok
Instagram/jokowi
Nasional

Isu ini muncul seiring dengan viralnya potret perbandingan desain mobil Esemka Bima 1.2 dengan Changan Star Truck. Ramainya isu ini membuat tagar #ChanganJiplakEsemka trending topic.

WowKeren - Setelah dinanti bertahun-tahun, diketahui akhirnya mobil produksi dalam negeri Esemka resmi diluncurkan kemarin, Jumat (6/9). Dua tipe pikap bertajuk Bima 1.2 dan Bima 1.3 diluncurkan bersamaan dengan peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Peluncuran ini pun disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Namun belum genap sehari berselang sejak resmi diluncurkan, Esemka sudah diguncang isu plagiarisme. Dilansir dari media sosial Twitter, sejumlah warganet tampak memperdebatkan desain Esemka Bima yang sangat mirip dengan mobil buatan Tiongkok, Changan Star Truck.

Kesamaan desain ini membuat warganet sibuk berdebat. Ada pihak yang menilai Changan-lah yang menjiplak, namun tak sedikit pula yang menganggap Esemka-lah yang memplagiat.

Tak ayal tagar terkait pun memuncaki daftar Trending Topic Indonesia. Dipantau pada Sabtu (7/9) pukul 07.45 WIB, total ada tiga tagar terkait yang masuk di daftar sepuluh besar trending topic.

Ketiganya adalah #ChanganJiplakEsemka, #AsemkaMobilAsingRasaJae, dan Changan-changan. Ribuan cuitan pun meramaikan tagar-tagar tersebut, bahkan berhasil mengantarkan #ChanganJiplakEsemka ke posisi pertama. Berikut adalah kutipan cuitan sejumlah warganet.


"Mobil Changan ini sudah di iklankan di Negara Equador satu tahun lalu," sindir @Datu*******rin. "Jadi Changan di Indonesia itu siapa??? Changan Changan itu si Bambang lagi nyamar."

Baru Diluncurkan, Esemka Diguncang Isu Jiplak Mobil Tiongkok

Twitter

"Serupa tapi sama.... #ChanganJiplakEsemka," cuit @iii***an. "Ada yg tau dimana letak perbedaannya," imbuh @San****6.

"Gatau malu tuh yang jiplak, esemka perlu mempertahankan hak paten nya di kancah internasional," tulis @tr****as. "Emang susah kalo udah jadi tukang jiplak tukang niru tukang klaim.. produk kebanggaan anak negeri maen jiplak ajah," timpal @Papa*****ee.

Hingga berita ini ditulis, belum ada klarifikasi resmi dari PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen mobil Esemka. Namun, sebagai pengingat, isu Esemka menjiplak desain mobil Tiongkok memang kerap berembus.

Sementara itu, mobil Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3 resmi diluncurkan kemarin. Bertipe mobil pikap, diharapkan mobil ini dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah. Oleh karena itu, kendaraan ini pun dibanderol tak lebih dari Rp 150 juta.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait