Tokoh Papua Ajukan 9 Permintaan Pada Jokowi Saat Diundang Ke Istana
Instagram
Nasional

Sejumlah Tokoh Papua yang diundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Istana Presiden mengajukan sembilan permintaan terkait permasalahan yang terjadi wilayah mereka.

WowKeren - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengundang sebanyak 61 tokoh dari Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta pada hari Selasa (10/9) siang. Pertemuan ini sebagai bentuk jalinan komunikasi untuk semakin merekatkan kembali hubungan antara Papua dan pemerintah setelah mengalami ketegangan akibat sejumlah kerusuhan yang telah terjadi di wilayah Papua dan Papua Barat.

Pertemuan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh yang terdiri dari pejabat daerah, tokoh adat, tokoh agama, hingga para mahasiswa yang mewakili suara Papua dan Papua Barat. Sementara dari pihak pemerintah sendiri Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya.

Pada pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo mewakili seluruh tokoh untuk menyampaikan sembilan permintaan kepada Jokowi terkait wilayah Papua dan Papua Barat. Berikut merupakan sembilan permintaan yang diajukan :

1. Pemekaran provinsi 5 wilayah di provinsi Papua dan Papua Barat

2. Pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua

3. Penempatan pejabat eselon 1 dan eselon 2 di Kementerian dan Lembaga

4. Pembangunan asrama nusantara untuk mahasiswa Papua di seluruh kota dan menjamin keamanan mahasiswa Papua


5. Usulan revisi UU otonomi khusus dalam prolegnas dalam 2020

6. Menerbitkan Inpres untuk pengangkatan ASN Honorer di tanah Papua

7. Percepatan palapa ring timur Papua

8. Membentuk lembaga adat perempuan dan anak Papua

9. Membangun Istana Presiden RI di Ibu Kota Provinsi Papua, Jayapura

Abisai Rollo menilai jika permintaan tersebut dapat menjadi solusi pada sejumlah permasalahan yang masih terjadi di Papua. Setelah mendengar poin-poin permintaan yang diajukan oleh Abisai Rollo, Jokowi menyatakan jika ia akan mengkajinya terlebih dahulu. Walau begitu ada satu permintaan yang juga langsung dikabulkan oleh Jokowi saat itu juga.

Presiden Jokowi akan mengabulkan permintaan untuk membangun sebuah Istana Presiden di Papua. Hal ini juga atas dorongan Abisai Rollo yang telah memberikan solusi tentang ketersediaan lahan gratis bagi pemerintah pusat untuk membangun Istana Presiden di Papua.

"Ini kan di sana yang sulit tanahnya, ini tanahnya tadi sudah disediakan benar? 10 hektar gratis? Gratis? Sepuluh hektar benar? Sudah ada? Oh punya pak Abisai Rollo," kata Jokowi. "Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusannya tidak keliru. Nanti saya ngomong iya, duitnya enggak ada. Ya jadi mulai tahun depan Istana dibangun.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait